5 Rekrutan Tersukses Liverpool di Era Jurgen Klopp, Berdampak Positif!

Mereka memainkan peran kunci di Liverpool

Di bawah asuhan Jurgen Klopp, Liverpool mencatatkan prestasi yang sangat gemilang. Sejumlah trofi bergengsi sukses ia persembahkan untuk para pendukung Liverpool, mulai dari Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, hingga Premier League. Hasil manis itu tentu saja tidak terlepas dari kontribusi para pemain andalannya selama ini.

Pelatih asal Jerman itu dinilai sukses dalam melakukan perekrutan pemain baru sehingga membuat skuad menjadi begitu tangguh. Dari puluhan nama yang sudah didatangkan Klopp ke Anfield, terdapat beberapa pemain yang dianggap sebagai pembelian tersukses. Lantas, siapa saja pemain itu? Check this out!

1. Virgil van Dijk 

5 Rekrutan Tersukses Liverpool di Era Jurgen Klopp, Berdampak Positif!goal.com

Virgil van Dijk diboyong Liverpool dari Southampton pada musim dingin 2018 dengan biaya 84,65 juta euro atau setara Rp1,4 triliun. Angka tersebut sekaligus menjadikan sang pemain sebagai bek termahal di dunia. Meski harganya sangat mahal, ia berhasil membuktikan kualitas dan kontribusi terbaiknya setiap laga.

Van Dijk dikenal memiliki kualitas mumpuni dalam melakukan tekel dan duel bola udara. Selain itu, pemain berusia 29 tahun itu juga andal dalam membaca permainan lawan. Tak mengherankan jika pemain asal Belanda itu selalu menjadi tembok kokoh di lini pertahanan Liverpool. Sayangnya, ia saat ini masih mengalami cedera ACL dan membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama.

2. Sadio Mane 

5 Rekrutan Tersukses Liverpool di Era Jurgen Klopp, Berdampak Positif!goal.com

Sadio Mane didatangkan Liverpool pada musim panas 2016 dari Southampton dengan biaya 41 juta euro atau setara Rp704 miliar. Di awal kedatangannya, harga tersebut dinilai cukup mahal untuk memboyong Mane. Namun, sang pemain berhasil membuktikan bahwa Liverpool tidak salah dalam membuat keputusan.

Pemain asal Senegal itu dianggap sebagai salah satu pembelian terbaik Jurgen Klopp karena mampu menciptakan banyak gol serta assist di setiap musimnya. Tak hanya itu, pemain yang berposisi sebagai winger ini juga dikenal memiliki kecepatan lari di atas rata-rata. Sejauh ini, Mane sudah menciptakan 93 gol dan 41 assist dari 208 pertandingan bersama Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Top Senegal yang Bermain di Kompetisi Eropa, Ada Sadio Mane

3. Alisson Becker 

5 Rekrutan Tersukses Liverpool di Era Jurgen Klopp, Berdampak Positif!liverpoolfc.com

Liverpool membeli kiper asal Brasil ini dari AS Roma pada musim panas 2018 dengan biaya 62,5 juta euro atau setara Rp1 triliun. Nilai tersebut sempat menjadikan Alisson Becker sebagai kiper termahal di dunia sebelum dipecahkan oleh Kepa Arrizabalaga. Alisson didatangkan untuk menggantikan peran Loris Karius yang tampil buruk pada final Liga Champions musim 2017/2018.

Keputusan pelatih asal Jerman itu dalam mendatangkan Alisson bisa dibilang sangatlah tepat sebab sang kiper berhasil tampil solid di bawah mistar gawang dan menjadi salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Karena penampilannya yang menjanjikan itu, pria berusia 28 tahun ini sukses memenangi beberapa penghargaan individu.

4. Mohamed Salah 

5 Rekrutan Tersukses Liverpool di Era Jurgen Klopp, Berdampak Positif!goal.com

Jika bicara pembelian terbaik, nama penyerang asal Mesir, Mohamed Salah, tentu tidak boleh terlewatkan. Semenjak datang pertama kali di Anfield, ia berhasil tampil menjanjikan di lini depan Liverpool. Bahkan, dalam dua musim awal, sang pemain mampu memenangi gelar top skor Premier League dengan torehan 32 gol dan 22 gol.

Sebelum bermain di Liverpool, Salah sejatinya sudah pernah tampil di Premier League dengan Chelsea. Sayang, Jose Mourinho yang merupakan pelatih The Blues saat itu tak mampu memaksimalkan peran sang pemain hingga akhirnya dijual ke Serie A. Sejauh ini, Salah sudah membukukan 120 gol dan 45 assist dari 193 pertandingan di semua ajang bersama Liverpool.

5. Andrew Robertson 

5 Rekrutan Tersukses Liverpool di Era Jurgen Klopp, Berdampak Positif!dailystar.co.uk

Andrew Robertson digaet oleh Liverpool pada musim panas 2017 dari Hull City. Pemain asal Skotlandia itu dibeli dengan biaya yang sangat murah, yakni 9 juta euro atau setara Rp154 miliar. Keputusan pelatih asal Jerman tersebut dalam mendatangkan Robertson ke Anfield terbilang sangatlah tepat.

Pemain yang beroperasi di posisi bek kiri ini mampu tampil menjanjikan, baik dalam bertahan maupun ikut membantu penyerangan. Meski berposisi sebagai bek, pemain berusia 26 tahun ini juga ikut andil dalam menciptakan gol dan assist. Karena penampilannya yang solid itu, Robertson saat ini memiliki banderol yang sangat tinggi, yaitu 70 juta euro atau setara Rp1,2 triliun.

 

Meski mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk urusan transfer, Jurgen Klopp bisa dibilang sukses dalam mendatangkan para pemain tersebut. Dari kelima pemain itu, siapa yang menjadi pembeda dalam skuad Liverpool musim ini?

Baca Juga: 10 Potret Bek Pekerja Keras Andalan Liverpool, Andy Robertson

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya