5 Pemain Hebat yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10 di Barcelona

Sejumlah pemain berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or 

Dalam sepak bola, nomor punggung 10 dianggap sebagai angka yang sangat istimewa. Hanya pemain tertentu dan memiliki kualitas mumpuni yang biasanya memakai nomor ini. Atau, setidaknya mampu menjadi pembeda di setiap pertandingan.

Di Barcelona misalnya, nomor punggung 10 ini pernah digunakan oleh sejumlah pemain hebat. Bahkan, para pemain tersebut sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta sepak bola. Lantas, siapa sajakah para pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 10 itu? Berikut ulasannya.

1. Diego Maradona 

5 Pemain Hebat yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10 di Barcelonafcbarcelona.com

Pemain yang baru saja meninggalkan kita semua, Diego Armando Maradona sepanjang karier sepak bolanya ternyata pernah membela raksasa Spanyol, Barcelona. Pemain asal Argentina ini berseragam Blaugrana selama dua musim dari tahun 1982 hingga 1984. Walau terbilang sangat singkat, ia berhasil mempersembahkan tiga gelar, termasuk trofi Liga Spanyol.

Maradona dikenal sebagai pesepak bola yang lincah dan memiliki skill mumpuni. Tak mengherankan jika ia memiliki julukan 'The Golden Boy'. Sepanjang membela Barca, ia berhasil mencatatkan 30 gol dari 43 pertandingan.

2. Romario 

5 Pemain Hebat yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10 di Barcelonaplanetfootball.com

Romario merupakan salah satu pemain Brasil terbaik di eranya. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini membela Barcelona dari tahun 1993 sampai 1995. Ia didatangkan dari PSV Eindhoven dengan biaya yang cukup besar saat itu, yakni 12 juta euro atau sekitar Rp205 miliar.

Selama berseragam Barcelona, Romario hanya mampu memenangi satu trofi Liga Spanyol. Meski demikian, catatan individu sang pemain cukup baik. Ia mampu membukukan 39 gol dan 1 assist dari 65 pertandingan di semua ajang. Selain itu, pemain kelahiran Rio de Janeiro ini juga berhasil menyabet penghargaan individu yakni pemain terbaik FIFA tahun 1994.

Baca Juga: 10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? 

3. Rivaldo 

5 Pemain Hebat yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10 di Barcelonagoal.com

Jika kedua pemain di atas hanya membela Barcelona selama dua musim, beda cerita dengan Rivaldo. Pemain kelahiran Paulista ini berseragam Blaugrana selama lima tahun dari 1997 hingga 2002.

Selama periode tersebut, ia berhasil mencatatkan sejumlah capaian menarik, di antaranya top skor Liga Champions, pemain terbaik FIFA 1999, dan Ballon d’Or 1999. Rivaldo juga berhasil mempersembahkan 4 trofi bagi publik Camp Nou.

Untuk masalah gol, ia sangat produktif dengan torehan 129 gol dan 41 assist dari 235 pertandingan. Setelah berhasil mencapai semuanya bersama Barca, Rivaldo kemudian memilih untuk melanjutkan kariernya di Italia bersama AC Milan.

4. Ronaldinho 

5 Pemain Hebat yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10 di Barcelonagoal.com

Ronaldinho menjadi pemain Brasil ketiga di daftar ini. Pemain yang identik dengan rambut ikalnya itu merupakan pemain andalan Barcelona pada masanya. Ia membela klub asal Catalan itu selama lima musim.

Ronaldinho didatangkan pada musim panas 2003 setelah diboyong dari Paris Saint-Germain dengan biaya 32,25 juta euro atau sekitar Rp552 miliar. Ia sendiri sebelumnya belum pernah memenangi gelar apa pun, hingga semua cerita berubah saat sang pemain menginjakkan kaki di Camp Nou.

Sejumlah trofi bergengsi berhasil ia dapatkan, termasuk gelar Liga Champions. Bahkan, Ronaldinho berhasil meraih penghargaan individu pemain terbaik FIFA sebanyak 2 kali pada tahun 2004 dan 2005.

Tak hanya itu, ia juga memenangi Ballon d’Or pada tahun 2005. Selama membela Blaugrana, pria yang saat ini berusia 40 tahun itu mampu mencatatkan 94 gol dan 71 assist dari 207 pertandingan di semua ajang.

5. Lionel Messi 

5 Pemain Hebat yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10 di Barcelonafootball-espana.net

Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif bermain sebagai pesepak bola di daftar ini. Mega bintang asal Argentina ini merupakan produk asli akademi Barcelona, La Masia. Ia promosi ke skuad utama pada musim panas 2005. Meski pada saat itu baru berusia 18 tahun, ia berhasil tampil apik dan sudah mulai terlihat aura bintangnya.

Di musim ini, pemain yang sudah memenangi enam kali Ballon d’Or itu menjalani tahun ke-15 di tim utama Barcelona. Untuk masalah trofi, Messi sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia sudah memenangi 44 trofi bersama Blaugrana sejauh ini.

Sementara di musim lalu sang pemain harus gigit jari karena tidak berhasil meraih satu trofi pun bersama Barcelona. Sejauh ini, Messi sudah mencatatkan 641 gol dan 282 assist dari 744 pertandingan. Fantastis!

 

Jika Lionel Messi pensiun atau meninggalkan Barcelona, siapakah pemain yang layak menggunakan nomor 10 selanjutnya?

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya