5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub English Premier League

Hampir sebagian besar memiliki karier yang mengecewakan

Borussia Dortmund merupakan klub dengan segudang prestasi di kompetisi Jerman. Kesuksesan yang diraih Dortmund tentu tidak terlepas dari peran para pemain kuncinya.

Klub berjuluk Die Borussen tersebut kerap kali menghasilkan pemain berlabel bintang. Performa impresif para pemain top Dortmund itu sering menarik minat beberapa tim English Premier League (EPL). Berikut ini kami sajikan lima penjualan termahal Dortmund ke klub Inggris.

1. Jadon Sancho (Rp1,3 triliun) 

5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub English Premier LeagueJadon Sancho (skysports.com)

Jadon Sancho direkrut Borussia Dortmund dari Manchester City pada musim panas 2017. Selama 4 tahun di Signal Iduna Park, sang pemain tampil begitu ciamik dengan membukukan 50 gol serta 64 assist dalam 137 pertandingan. Penampilan impresif itu ternyata membuat Manchester United jatuh hati.

Alhasil, Sancho diboyong ke Old Trafford pada musim panas 2021. Untuk mendapatkan tanda tangan Sancho, Setan Merah harus mengeluarkan biaya sebesar 85 juta euro atau Rp1,3 triliun. Sejauh ini pemain berusia 22 tahun itu sudah bermain sebanyak 38 kali dan mencetak 5 gol serta 3 assist untuk Manchester United.

2. Christian Pulisic (Rp980 miliar) 

5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub English Premier LeagueChristian Pulisic (planetfootball.com)

Christian Pulisic berhasil naik kasta ke tim utama Dortmund pada Januari 2016. Bersama Die Borussen, pemain asal Amerika Serikat itu sukses membukukan 19 gol dan 26 assist dari 127 penampilan. Performa apik tersebut membuat Chelsea kepincut.

Dortmund pada akhirnya menjual Pulisic ke Chelsea seharga 64 juta euro atau Rp980 miliar pada Januari 2019. Pulisic sudah memainkan sebanyak 112 laga bersama The Blues. Ia berhasil menciptakan 24 gol serta 19 assist dari seluruh penampilannya itu. Pemain berusia 23 tahun tersebut juga turut membantu tim meraih gelar Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal di Timnas Amerika Serikat, Pulisic dan Reyna Teratas

3. Pierre-Emerick Aubameyang (Rp976 miliar) 

5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub English Premier LeaguePierre-Emerick Aubameyang (planetfootball.com)

Pierre-Emerick Aubameyang sempat menyandang status sebagai salah satu penyerang terbaik di kompetisi Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Selama 4,5 musim berseragam Die Borussen, pemain asal Gabon itu berhasil mencetak 141 gol dan 36 assist dalam 213 penampilan. Pada Januari 2018, ia memilih hengkang ke klub Premier League, Arsenal.

Kepindahan Aubameyang saat itu memakan biaya sebesar 63,75 juta euro atau setara Rp976 miliar. Di Stadion Emirates, sang pemain mampu membukukan 92 gol dan 21 assist dari 163 pertandingan. Sayangnya, kebersamaan Aubameyang bersama Arsenal harus berakhir pada Januari 2022. Pasalnya, sang penyerang memilih bergabung dengan Barcelona.

4. Erling Haaland (Rp918 miliar) 

5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub English Premier LeagueErling Haaland (skysports.com)

Setelah dikaitkan dengan banyak klub elite Eropa, Erling Haaland akhirnya memilih Manchester City sebagai tim barunya untuk mengarungi musim 2022/2023. The Citizens harus mengeluarkan biaya sebesar 60 juta euro atau setara Rp918 miliar untuk mendapatkan jasa sang pemain dari Die Borussen.

Haaland tampil begitu luar biasa selama membela Dortmund. Dari 88 penampilan di semua kompetisi, ia berhasil menciptakan total 85 gol dan 23 assist. Di samping itu, penyerang asal Norwegia tersebut juga mampu mempersembahkan satu gelar juara bagi Dortmund, yakni Piala Jerman pada musim 2020/2021.

5. Henrikh Mkhitaryan (Rp643 miliar) 

5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub English Premier LeagueHenrikh Mkhitaryan (arsenal.com)

Henrikh Mkhitaryan sempat menjadi andalan Borussia Dortmund di lini serang selama beberapa musim. Pria asal Armenia itu tercatat membela Die Borussen sebanyak 140 pertandingan di semua kompetisi. Ia mampu membukukan 41 gol dan 49 assist dari seluruh penampilannya tersebut.

Manchester United kemudian merekrutnya seharga 42 juta euro atau Rp643 miliar pada musim panas 2016. Sayangnya, Mkhitaryan tidak bertahan lama di Old Trafford. Bersama Manchester United, ia hanya mampu mencetak 13 gol dan 11 assist dari 63 pertandingan. Sempat hengkang ke Arsenal, pemain berusia 33 tahun itu saat ini membela AS Roma.

 

Hampir sebagian besar mantan pemain Borussia Dortmund itu memiliki karier yang mengecewakan di kompetisi Premier League. Tercatat hanya Pierre-Emerick Aubameyang yang memiliki karier cukup impresif. Apakah Erling Haaland bisa mengikuti sejak Pierre-Emerick Aubameyang?

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Setia Membela Borussia Dortmund, Ada Marco Reus

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya