Comscore Tracker

Memilih Pensiun, 5 Penyerang Ini Masih Memiliki Banderol yang Mahal

Mulai dari Andre Schurrle hingga Steve Savidan

Akhir perjalanan bagi pemain sepak bola adalah gantung sepatu atau pensiun. Biasanya, penyebab terbesar para pemain memilih untuk pensiun karena performa yang semakin menurun. Hal itu umumnya dipengaruhi oleh faktor usia.

Akan tetapi, ada juga beberapa pemain yang memutuskan untuk pensiun di umur yang tergolong muda. Padahal, mereka saat itu masih memiliki market value yang cukup besar. Berikut ini lima penyerang yang memilih pensiun tapi masih memiliki banderol yang mahal.

1. Andre Schurrle – 20 juta euro 

Memilih Pensiun, 5 Penyerang Ini Masih Memiliki Banderol yang MahalAndre Schurrle (skysports.com)

Andre Schurrle merupakan salah satu pemain yang turut membantu tim nasional Jerman memenangi trofi Piala Dunia pada tahun 2014. Sepanjang kariernya, ia sempat bermain untuk tim-tim besar, seperti Bayer Leverkusen, Chelsea, VfL Wolfsburg, dan Borussia Dortmund. Namun, secara mengejutkan sang pemain memutuskan untuk pensiun di usia 29 tahun.

Schurrle memilih gantung sepatu karena sudah tak tertarik untuk bermain sepak bola. Hal tersebut tentu cukup disayangkan karena ia masih berada di level permainan terbaiknya. Ketika pensiun, Schurrle masih memiliki banderol senilai 20 juta euro atau senilai Rp325 miliar.

2. Dean Ashton – 8,5 juta euro 

Memilih Pensiun, 5 Penyerang Ini Masih Memiliki Banderol yang MahalDean Ashton (whufc.com)

Dean Ashton bisa dibilang sebagai salah satu penyerang terbaik yang dimiliki oleh Inggris. Ia memulai karier sepak bolanya dengan bermain bersama akademi Crewe Alexandra. Setelah lima tahun bermain bersama tim senior, sang penyerang kemudian melanjutkan kariernya bersama Norwich City pada tahun 2004.

Karena klubnya itu terdegradasi, Ashton memutuskan hengkang ke West Ham United pada Januari 2006. Performa impresif bersama West Ham itu membuatnya mendapatkan panggilan untuk bermain dengan tim nasional Inggris. Namun, ketika menjalani tugas internasional, ia mengalami patah tulang dan harus absen di musim 2006/2007. Cedera itu membuat Ashton pensiun di umur 26 tahun. Ketika itu ia masih memiliki banderol senilai 8,5 juta euro atau setara Rp138 miliar.

Baca Juga: Dikabarkan Akan Pensiun, 5 Hal yang Sulit Dilupakan dari Sergio Aguero

3. Robert Acquafresca – 6,5 juta euro 

Memilih Pensiun, 5 Penyerang Ini Masih Memiliki Banderol yang MahalRobert Acquafresca (sempreinter.com)

Robert Acquafresca merupakan pesepak bola Italia yang belum pernah merasakan debut bersama Inter Milan meski pernah membela klub tersebut. Selain Inter Milan, sang pemain juga sempat bermain untuk Torino, Genoa, Atalanta, hingga Bologna. Sayangnya, ia gagal menjadi pemain kunci bersama tim-tim tersebut.

Bologna menjadi tim terlama yang pernah dibela oleh Acquafresca. Bersama klub itu, ia berhasil membuat 288 pertandingan di semua kompetisi. Ketika pensiun pada tahun 2020 lalu, banderol sang pemain berada di angka 6,5 juta euro atau setara Rp105 miliar.

4. Yura Movsisyan – 6 juta euro 

Memilih Pensiun, 5 Penyerang Ini Masih Memiliki Banderol yang MahalYura Movsisyan (armenpress.am)

Yura Movsisyan sempat beberapa kali bermain untuk klub MLS, seperti Wizards, Salt Lake, dan Chicago Fire. Namun, ia lebih dikenal ketika bermain untuk klub Rusia, Spartak Moscow. Bersama tim tersebut, ia menghabiskan total 4 musim dan tanpa meraih satu pun gelar juara.

Klub terakhir dalam karier Movsisyan adalah Chicago Fire. Sebelum pensiun, sang pemain sempat berstatus tanpa klub selama 2 tahun. Karena tak ada tim yang menginginkannya, pemain asal Armenia ini memilih gantung sepatu pada Januari 2021 lalu. Ketika itu, usia Movsisyan masih 33 tahun dan memiliki banderol 6 juta euro atau setara Rp97 miliar.

5. Steve Savidan – 6 juta euro 

Memilih Pensiun, 5 Penyerang Ini Masih Memiliki Banderol yang MahalSteve Savidan (ladepeche.fr)

Steve Savidan sepanjang kariernya bermain untuk tujuh klub berbeda. Uniknya, semua tim itu bermain di kompetisi Prancis. Ia melakukan debut profesional di ajang Ligue 1 bersama Angers pada musim 2006/2007. Namun, performa impresifnya justru datang ketika membela Valenciennes FC.

Bersama tim itu, Savidan sukses membukukan total 44 gol dan 13 assist dari 115 pertandingan. Sempat hengkang ke Caen pada 2008, sang pemain sebenarnya akan berganti klub lagi di tahun berikutnya. Namun, masalah jantung membuat ia harus pensiun pada tahun 2009. Umur Savidan saat itu 31 tahun dan masih memiliki banderol sebesar 6 juta euro atau setara Rp97 miliar.

 

Tentu sangat disayangkan mereka memilih untuk pensiun di usia yang tergolong muda. Padahal, jika terus bermain sepak bola, bukan tidak mungkin para pemain itu bakal mengalami peningkatan performa lagi.

Baca Juga: 5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada Lampard

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya