Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier League

Siapa penyerang idolamu?

Sejak format Premier League berlaku pada musim 1992/1993, para klub seperti Manchester United, Arsenal, Chelsea dan Liverpool berhasil mendominasi liga selama hampir dua dekade. Sebelum akhirnya Manchester City menjelma menjadi salah satu tim kuat karena diakuisisi oleh taipan asal Uni Emirat Arab.

Sepanjang perjalanannya, para klub elite tersebut telah menghasilkan penyerang hebat. Dari era Eric Cantona hingga Aguero, berikut 10 penyerang terbaik dalam sejarah Premier League.

1. Thierry Henry

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leaguetalksport.com

Didatangkan Arsenal dari Juventus pada 1999, Henry menjelma menjadi salah satu penyerang terbaik yang pernah bermain di Premier League. Dari 258 pertandingan, ia berhasil mencatatkan 175 gol dan 77 assist. Pencapaian terbaiknya yaitu saat membawa Arsenal tak terkalahkan dalam 49 pertandingan pada musim 2003-2004.

2. Alan Shearer

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leaguenufc.co.uk

Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan nama Alan Shearer ke dalam daftar ini. Pria yang pernah bermain untuk Blackburn dan Newcastle ini berada di puncak kariernya pada era 1990-an. Shearer saat ini masih memegang rekor gol terbanyak di Premier League dengan 260 gol dari 441 penampilannya.

3. Andy Cole

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leagueteamtalk.com

Andy Cole berhasil memperoleh Golden Boot pada musim 1993/1994 ketika membela Newcastle dengan mengoleksi 34 gol. Pencapaiannya itu membuat ia direkrut oleh Manchester United. Berbagai gelar bergengsi pun berhasil dipersembahkan oleh pemain yang pensiun pada November 2008 tersebut. Selain itu, Cole juga berada di urutan ketiga daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah Premier League dengan 187 gol.

4. Dennis Bergkamp

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leaguegoal.com

Pemain yang memiliki julukan “Non-flying Dutchman” itu menjadi duet yang menakutkan bersama Henry di lini depan Arsenal. Pasangan tersebut berhasil mencetak 43 gol di musim 2001/2002 dan ikut mengantarkan tim asuhan Arsene Wenger meraih Piala FA dan gelar Premier League. Lebih dari enam musim Henry dan Bergkamp menjadi rekan duet dan mencetak lebih dari 200 gol.

5. Sergio Aguero

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leaguegoal.com

Aguero bisa dibilang menjadi penyerang terbaik di Premier League dalam satu dekade terakhir. Pemain asal Argentina itu telah mempersembahkan 4 gelar Premier League. Salah satu golnya yang paling diingat ketika menjebol gawang QPR di masa injury time pada musim 2011/2012. Saat itu skor berubah menjadi 3-2 sekaligus memastikan City juara Premier League untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Hasilkan Pemain Terbaik, Inilah 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Dunia

6. Wayne Rooney

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leaguegoal.com

Meski posisi aslinya sebagai penyerang, Rooney merupakan pemain yang serbaguna. Ia bisa ditempatkan di posisi mana pun. Hal itulah yang membuatnya menjadi salah satu pemain yang unik di Premier League. Bersama Cristiano Ronaldo dan Dimitar Berbatov, mereka menjadikan Manchester United era Sir Alex Ferguson menguasai Premier League selama hampir satu dekade.

7. Didier Drogba

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leagueexpress.co.uk

Didatangkan dari Olympique Marseille pada 2004, tak banyak yang mengira Drogba akan menjelma menjadi salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Chelsea. Selama berkarier di Premier League, penyerang asal Pantai Gading ini telah mencetak 104 gol dan 63 assist dari 254 pertandingan. Selain itu, ia juga ikut mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Champions untuk pertama kali berkat gol dan tendangan penaltinya.

8. Robin van Persie

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leaguegoal.com

Van Persie merupakan penyerang andalan Arsenal sekaligus kapten tim. Ia bermain apik selama membela The Gunners. Namun pada musim panas 2012, pemain asal Belanda itu memilih pindah ke rival berat Arsenal yaitu Manchester United. Di musim perdananya, van Persie langsung meraih penghargaan pencetak gol terbanyak dan gelar Premier League pada musim 2012/2013. Hal yang tidak didapatkannya selama delapan tahun membela Arsenal.

9. Robbie Fowler

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leagueliverpoolfc.com

Selama kariernya di Premier League, Fowler hanya meraih gelar ketika membela Liverpool. Bahkan berkat ketajamannya mencetak gol, ia dijuluki oleh fans berat Liverpool sebagai ‘Dewa’. Selain Liverpool, Fowler juga pernah membela Leeds United, Manchester City, Cardiff City, dan Blackburn Rovers. Pemain kelahiran Liverpool itu mengakhiri kariernya di Premier League dengan torehan 163 gol dari 379 penampilan.

10. Eric Cantona

Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier Leaguepremierleague.com

Cantona mungkin hanya mencetak 70 gol dalam kariernya di Premier League. Namun tidak dapat dimungkiri bahwa ia pernah meraih masa jayanya ketika membela Manchester United. Dalam kurun waktu 5 tahun, Cantona berhasil memenangi 4 gelar Premier League, 2 gelar Community Shield dan 2 gelar Piala FA bersama United.

Adakah nama idolamu dalam 10 daftar di atas? Kini tinggal Aguero yang masih aktif bermain di kompetisi tertinggi di Inggris tersebut.

Baca Juga: 10 Pemain Terbaik yang MU Datangkan Setelah Era Sir Alex Ferguson

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya