Sempat Main Bareng, 5 Rekan Ronaldo di MU Ini Sudah Jadi Pelatih

Ole Gunnar Solskjaer salah satunya 

Megabintang Portugal ini dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Cristiano Ronaldo sudah meraih banyak sekali trofi bergengsi sepanjang kariernya. CR7 memulai karier sepak bolanya dengan membela Sporting Lisbon. Setelah itu, ia tampil bersama sejumlah tim elite, seperti Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Pada musim panas 2021, pemain berusia 36 tahun itu membuat keputusan besar dengan kembali berseragam Setan Merah. Selama dua periode bermain di Old Trafford, Ronaldo sudah bermain dengan banyak sekali pemain bintang. Beberapa di antaranya bahkan sudah pensiun dan memilih melanjutkan karier sebagai pelatih.

1. Quinton Fortune

Sempat Main Bareng, 5 Rekan Ronaldo di MU Ini Sudah Jadi PelatihQuinton Fortune (skysports.com)

Quinton Fortune adalah pesepak bola asal Afrika Selatan pertama yang membela Setan Merah. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini bermain untuk Manchester United selama 6 tahun pada 2000—2006. Selama waktunya itu, ia sukses mempersembahkan total tujuh gelar juara.

Fortune pernah berbagi ruang ganti dengan Cristiano Ronaldo pada 2003—2006, sebelum hengkang ke Bolton Wanderers. Setelah gantung sepatu, Fortune memilih menjadi pelatih. Pada 2019 lalu, ia sempat menjadi pelatih tim junior Manchester United. Saat ini, Fortune menjadi pelatih utama Reading FC.

2. Phil Neville

Sempat Main Bareng, 5 Rekan Ronaldo di MU Ini Sudah Jadi PelatihPhil Neville (miamiherald.com)

Phil Neville tercatat hanya bermain untuk dua klub sepanjang karier profesionalnya, yakni Manchester United dan Everton. Bersama klub yang pertama, ia menghabiskan waktu selama lebih dari satu dekade. Semasa itu, sang pemain mampu meraih total 14 trofi.

Neville sendiri pernah tampil bersama Cristiano Ronaldo selama 2 musim pada 2003—2005, sebelum hengkang ke Everton. Neville kemudian mengakhiri kariernya di Goodison Park pada 2013. Setelah pensiun, pria berusia 44 tahun itu sempat melatih tim nasional putri Inggris. Kini ia melanjutkan kariernya sebagai pelatih utama tim MLS, Inter Miami.

Baca Juga: Telak, 6 Kekalahan Terbesar yang Pernah Dialami Cristiano Ronaldo

3. Ryan Giggs

Sempat Main Bareng, 5 Rekan Ronaldo di MU Ini Sudah Jadi PelatihRyan Giggs (skysports.com)

Ryan Giggs merupakan salah satu legenda terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Pemain asal Wales ini menghabiskan seluruh kariernya hanya untuk klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Semasa membela MU, ia mampu meraih 13 gelar juara Premier League.

Tiga di antaranya didapatkan Giggs bersama Cristiano Ronaldo pada 2007—2009. Giggs lalu memilih melanjutkan karier sebagai seorang pelatih sesudah pensiun. Bahkan, pada 2014, pria berusia 47 tahun ini sempat menjabat sebagai pelatih sementara MU setelah pemecatan David Moyes. Kini ia menjadi kepala pelatih timnas Wales dengan kontrak satu tahun lagi.

4. Wayne Rooney

Sempat Main Bareng, 5 Rekan Ronaldo di MU Ini Sudah Jadi PelatihWayne Rooney (skysports.com)

Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney sempat menjadi duet penyerang yang sangat menjanjikan untuk Manchester United. Kombinasi kedua bintang itu sukses membuat Setan Merah meraih double winner pada 2008. Ketika itu, Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson memenangi gelar Liga Champions dan Premier League.

Rooney kemudian meninggalkan Manchester United pada 2017 dan memilih bergabung bersama Everton. Sesudah itu, pemain asal Inggris ini sempat membela DC United dan Derby County. Setelah pensiun, Rooney langsung ditunjuk sebagai pelatih Derby County.

5. Ole Gunnar Solskjaer

Sempat Main Bareng, 5 Rekan Ronaldo di MU Ini Sudah Jadi PelatihOle Gunnar Solskjaer (manutd.com)

Ole Gunnar Solskjaer dan Cristiano Ronaldo pernah menjadi rekan satu tim di Old Trafford. Kedua bintang itu bermain bersama selama 4 tahun pada 2003—2007. Manchester United kebetulan menjadi tim terakhir Solskjaer sebelum akhirnya menjadi pelatih.

Awalnya, Solskjaer melatih Molde FK dan Cardiff City. Ia kemudian dipercayai menjadi pelatih Manchester United pada akhir 2018. Kini CR7 dan Solskjaer kembali bekerja sama di Old Trafford, tetapi keduanya menjalani peran yang berbeda.  

Itulah lima rekan Cristiano Ronaldo di Manchester United yang saat ini sudah menjadi pelatih. Apakah CR7 bakal mengikuti jejak mereka untuk menjadi pelatih atau justru akan menjadi pandit?

Baca Juga: 5 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Berada di Puncak Performa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya