Comscore Tracker

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah 

Ada 3 pemain yang nilai transfer lebih dari 100 juta euro 

Premier League merupakan kompetisi yang paling kompetitif di dunia. Tak mengherankan jika pemain yang berlaga di kompetisi itu memiliki bakat dan skill olah bola yang baik. Hampir tiap tim memiliki pemain andalan dan tak tergantikan di skuat utama. Jika mampu bermain baik, bukan tidak mungkin sang pemain akan memiliki banderol mahal dan diincar oleh tim top Eropa.

Sepanjang sejarahnya, klub Premier League telah berhasil menjual para pemainnya dengan harga yang sangat mahal. Bahkan beberapa pernah memecahkan rekor transfer termahal di dunia. Berikut ini delapan pemain termahal yang pernah dijual klub Premier League.

1. Philippe Coutinho – 145 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah goal.com

Saga transfer Philippe Coutinho menemui akhirnya pada musim dingin 2018. Pemain asal Brasil itu resmi dilepas oleh Liverpool ke Barcelona dengan biaya 145 juta euro. Nilai transfer tersebut sekaligus menjadikan sang pemain sebagai rekrutan termahal Barcelona sepanjang masa. Sayang, ia gagal di musim debutnya sehingga sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen. Kini, Coutinho mulai menemukan permainannya di bawah asuhan Ronald Koeman.

2. Eden Hazard – 115 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah goal.com

Penampilan cemerlang Eden Hazard bersama Chelsea membuat Real Madrid kepincut. Alhasil pada musim panas 2019, pemain asal Belgia itu berhasil didatangkan ke Santiago Bernabeu dengan biaya 115 juta euro. Ia diikat kontrak oleh Los Blancos hingga Juni 2024. Sayang, pemain berusia 29 tahun ini tidak cukup sukses di musim debutnya. Ia hanya mencatatkan 1 gol dan 7 assist dari 22 pertandingan di semua ajang.

3. Gareth Bale – 101 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah premierleague.com

Real Madrid secara resmi merekrut Gareth Bale dari Tottenham Hotspur dengan biaya 101 juta euro pada musim panas 2013. Nilai transfer tersebut sekaligus menjadikan Bale sebagai pemain termahal di dunia. Bersama Los Blancos, karier sang pemain tidak mampu mencapai level puncak. Catatan gol dan assist pemain asal Wales itu masih jauh dari Cristiano Ronaldo. Bahkan kini, ia sudah tidak mendapatkan tempat di Madrid dan dipinjamkan ke klub lamanya, Spurs.

4. Cristiano Ronaldo – 94 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah goal.com

Biaya sebesar 94 juta euro dikeluarkan oleh Real Madrid untuk memboyong mega bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo dari Manchester United pada 2009. Nilai transfer tersebut juga sempat menjadikan sang pemain sebagai pemain termahal di dunia sebelum akhirnya dipecahkan oleh Gareth Bale. Capaian Ronaldo bersama Real Madrid terbilang sangat fantastis dengan torehan 20 trofi dan 450 gol dalam 9 tahun perjalanan.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester United, Nama Besar!

5. Harry Maguire – 87 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah fourfourtwo.com

Harry Maguire dibeli oleh Manchester United dari sesama klub Premier League, Leicester City pada musim panas tahun lalu. Biaya yang harus dikeluarkan oleh Setan Merah sebesar 87 juta euro. Nilai transfer tersebut sekaligus menjadikan pemain berusia 27 tahun tersebut sebagai bek tengah termahal di dunia sampai sekarang. Namun dalam beberapa pertandingan terakhir, performa Maguire telah menurun drastis yang membuat United kehilangan banyak poin.

6. Romelu Lukaku – 84,7 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah goal.com

Performa apik Romelu Lukaku bersama Everton membuat Manchester United jatuh hati. Alhasil, biaya sebesar 84,7 juta euro dikeluarkan United untuk memboyong pemain asal Belgia itu pada musim panas 2017. Selama bermain dengan Setan Merah, ia mampu mencatatkan 42 gol dan 13 assist dari 96 pertandingan. Kini, Lukaku kembali menemukan permainan terbaiknya bersama raksasa Italia, Inter Milan.

7. Virgil van Dijk – 84,65 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah goal.com

Virgil van Dijk dibeli oleh Liverpool dari klub Premier League, Southampton pada musim dingin 2018. Harga yang harus dibayar oleh Liverpool adalah 84,65 juta euro. Bersama The Reds, van Dijk bermain sangat baik dan menjadi palang pintu andalan di lini belakang. Meski baru satu setengah musim bersama Liverpool, ia sudah memenangi semua trofi bergengsi baik di kancah domestik maupun Eropa.

8. Luis Suarez – 81,72 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Premier League Sepanjang Sejarah goal.com

Liverpool dan Barcelona mencapai kesepakatan terhadap transfer Luis Suarez pada musim panas 2014. Barcelona harus membayar biaya sebesar 81,72 juta euro kepada Liverpool demi mendatangkan penyerang asal Uruguay itu. Padahal di musim sebelumnya, Suarez merupakan top skor Liverpool di ajang Premier League dengan torehan 31 gol dari 33 laga. Setelah 6 musim membela Barca, pemain berusia 33 tahun tersebut saat ini bermain untuk Atletico Madrid.

Dengan semakin banyaknya pemain hebat yang dimiliki klub Premier League, tidak menutup kemungkinan nilai transfer di atas akan mengalami perubahan di bursa transfer musim panas mendatang. Dari kedelapan pemain itu, transfer Ronaldo bisa dibilang menjadi pembelian terbaik. Setuju?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League, Mahar Fantastis!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya