Comscore Tracker

Tim-tim Unggulan yang Gagal Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022

Ada yang tersingkir karena kalah agresivitas gol 

Fase grup Piala Dunia 2022 Qatar yang bergulir mulai, Minggu (20/11/2022) malam WIB, akhirnya selesai pada, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. Tidak disangka-sangka, beberapa negara besar yang diprediksi bakal lolos ke fase gugur justru angkat koper lebih cepat dari Qatar.

Status unggulan yang disandang membuat penampilan mereka tidak maksimal sepanjang babak grup. Siapa saja tim-tim unggulan yang gagal lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022? Yuk, simak daftar dan ulasan berikut ini!

1. Jerman 

Tim-tim Unggulan yang Gagal Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Timnas Jerman (twitter.com/DFB_Team_EN)

Timnas Jerman mengalami nasib tragis di Piala Dunia 2022. Juara dunia empat kali tersebut tersingkir secara memilukan dari Grup E. Mereka hanya finis di urutan ketiga dengan koleksi empat angka.

Meski memiliki poin yang sama dengan Spanyol di posisi kedua, Der Panzer kalah selisih gol. Skuad asuhan Hansi Flick itu tercatat kalah 1-2 dari Jepang, imbang 1-1 lawan Spanyol, dan menang 4-2 dari Kosta Rika.

2. Belgia 

Tim-tim Unggulan yang Gagal Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Timnas Belgia (twitter.com/belreddevils)

Timnas Belgia datang ke Qatar bermodalkan pemain generasi emas, seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, hingga Thibaut Courtois. Selain itu, mereka juga menjadi tim dengan status peringkat dua dunia. Namun, The Red Devils hanya mampu finis di posisi ketiga Grup F dengan mengemas empat poin.

Mereka kalah bersaing dari Maroko yang mengemas tujuh poin dan Kroasia yang meraup lima poin. Karena gagal mengantarkan Belgia lolos ke fase gugur, Roberto Martinez langsung mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih.

Baca Juga: Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022

3. Uruguay 

Tim-tim Unggulan yang Gagal Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Timnas Uruguay (twitter.com/Uruguay)

Timnas Uruguay diperkuat sejumlah pemain top di Piala Dunia 2022, macam Darwin Nunez, Federico Valverde, hingga Luis Suarez. Keberadaan nama-nama tersebut diprediksi membuat Los Celeste bakal melangkah jauh. Akan tetapi, mereka justru tersingkir dari Grup H setelah finis di urutan ketiga dengan koleksi empat poin.

Uruguay sebenarnya bisa lolos ke babak 16 besar jika menang lebih dari tiga gol pada laga pamungkas menghadapi Ghana. Sayangnya, Luis Suarez dan kolega hanya mampu menang 2-0. Alhasil, Korea Selatan yang berhak lolos ke fase gugur menemani Portugal karena unggul agresivitas gol dari Uruguay.

4. Denmark 

Tim-tim Unggulan yang Gagal Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Timnas Denmark (twitter.com/FIFAWorldCup)

Timnas Denmark diprediksi bakal menjadi tim kuda hitam di Piala Dunia edisi kali ini. Tolok ukurnya adalah Tim Dinamit berhasil menembus semifinal Piala Eropa 2020. Tidak hanya itu, mereka juga menempati peringkat sepuluh FIFA.

Namun, Christian Eriksen dan rekan-rekannya justru tampil melempem di Grup D. Denmark hanya mengumpulkan satu poin dari tiga pertandingan yang dilalui. Satu-satunya poin itu diraih Denmark ketika ditahan imbang 0-0 Tunisia. Sementara itu, mereka kalah 1-4 dari Prancis dan kalah 0-1 dari Australia.

5. Meksiko 

Tim-tim Unggulan yang Gagal Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022Timnas Meksiko (twitter.com/FIFAWorldCup)

Meksiko tergabung di Grup C Piala Dunia 2022 bersama Polandia, Arab Saudi, dan Argentina. Meksiko kala itu lebih diunggulkan lolos ke fase gugur bersama Argentina. Ranking FIFA menjadi tolok ukurnya, di mana skuad asuhan Gerardo Martino itu menempati peringkat sembilan FIFA.

Sayangnya, Meksiko gagal bersinar di Grup C setelah hanya finis di urutan ketiga dengan raihan empat poin. Mereka kalah selisih gol dari Polandia yang berada di posisi kedua.

Tentunya ada banyak faktor yang membuat mereka gagal lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022. Apakah ada tim jagoanmu pada daftar kali ini?

Baca Juga: Pelatih Meksiko Mundur Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya