5 Trio Gelandang Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Pemain Juventus!

Mereka sukses mempersembahkan gelar bagi klubnya

Setiap posisi dalam permainan sepak bola memiliki peran dan tugas masing-masing. Posisi gelandang, misalnya, mempunyai kewajiban untuk menjadi penghubung antarlini dan menciptakan banyak peluang. Selain itu, mereka juga harus bisa mengatur ritme permainan selama 90 menit. Karena tugas yang superberat itu, tak banyak gelandang yang memiliki kualitas lengkap.

Di era sepak bola modern seperti saat ini, banyak sekali tim elite Eropa yang mengandalkan trio gelandang di setiap pertandingan. Para pelatih ternama seperti Zinedine Zidane hingga Pep Guardiola juga sangat suka memainkan tiga gelandang di lini tengah.

Para pelatih tersebut memilih tiga gelandang di lini tengah karena dinilai cukup efektif dalam melakukan kombinasi defensif dan ofensif. Pada abad ke-21 ini ada beberapa trio gelandang paling menjanjikan performanya. Siapa saja gelandang-gelandang tersebut? Berikut ulasannya!

1. Xavi-Sergio Busquets-Andres Iniesta (Barcelona) 

5 Trio Gelandang Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Pemain Juventus!Twitter/barcauniversal

Saat masih ditangani Pep Guardiola, Barcelona dianggap sebagai salah satu klub terhebat sepanjang masa. Kesuksesan yang diraih oleh Blaugrana saat itu tentu saja tidak bisa dilepaskan dari trio lini tengahnya, yaitu Xavi, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta. Ketiga pemain itu kebetulan juga merupakan lulusan akademi Barcelona.

Khusus Busquets, ia dipromosikan ke tim senior saat ditangani oleh Pep Guardiola. Busquets saat itu berperan sebagai gelandang bertahan yang solid, sedangkan Xavi dan Iniesta mengontrol lini tengah dengan umpan-umpan yang tak tertandingi.

Baca Juga: 5 Sosok yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona, Legenda!

2. Toni Kroos-Casemiro-Luka Modric (Real Madrid) 

5 Trio Gelandang Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Pemain Juventus!as.com

Jika Barcelona memiliki trio lini tengah yang sudah bubar, sang rival, Real Madrid, masih memiliki trio lini tengah yang sangat baik hingga saat ini. Lini tengah Real Madrid sekarang diisi oleh Toni Kroos, Casemiro, dan Luka Modric. Kesuksesan yang diraih Real Madrid dalam memenangi tiga trofi Liga Champions secara berturut-turut juga tidak terlepas dari sumbangsih mereka bertiga.

Kini Casemiro dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia, sedangkan kualitas Modric dan Kroos tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Akan tetapi, usia Modric dan Kroos saat ini sudah lebih dari 30 tahun. Itu artinya Los Blancos harus segera mencari pengganti mereka berdua agar lini tengah tetap solid.

3. Frank Lampard-Claude Makelele-Michael Essien (Chelsea) 

5 Trio Gelandang Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Pemain Juventus!Twitter/ubercheiseafc

Di musim debutnya menangani Chelsea, Jose Mourinho menjadi perbincangan hangat karena sukses mengantarkan timnya itu meraih gelar Premier League. Pada musim berikutnya, pelatih asal Portugal itu mendatangkan Michael Essien ke Stamford Bridge. Kedatangan pemain asal Ghana itu bisa dibilang sangat sukses.

Pasalnya, ia berhasil membentuk trio yang menjanjikan bersama Frank Lampard dan Claude Makelele di lini tengah. Berkat ketiga pemain itu, Chelsea sukses kembali memenangi trofi Premier League musim 2005/2006. Makelele saat itu berperan sebagai gelandang bertahan, sementara Lampard menjadi gelandang yang produktif dalam mencetak gol. Essien berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai gelandang yang sangat baik dalam melakukan defensif dan ofensif.

4. Steven Gerrard-Xabi Alonso-Javier Mascherano (Liverpool) 

5 Trio Gelandang Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Pemain Juventus!liverpoolfc.com

Tiga pemain ini hampir saja mempersembahkan gelar juara Premier League pada musim 2008/2009 bagi Liverpool. Sayangnya, tim asuhan Rafael Benitez saat itu harus terpeleset di akhir musim dan hanya tertinggal empat poin dari Manchester United. Lini tengah Liverpool sendiri sangat seimbang saat itu.

Kehadiran Steven Gerrard, Xabi Alonso, dan Javier Mascherano membuat The Reds bisa bersaing hingga akhir musim. Khusus Mascherano, pemain asal Argentina itu tak hanya bermain sebagai gelandang bertahan, tapi ia juga bisa tampil di posisi bek tengah.

5. Arturo Vidal-Andrea Pirlo-Claudio Marchisio (Juventus) 

5 Trio Gelandang Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Pemain Juventus!juvefc.com

Pada tahun 2011, Juventus menunjuk Antonio Conte sebagai pelatih utama. Era dominasi Bianconeri di kompetisi domestik sudah dimulai sejak saat itu. Kesuksesan Juventus ketika itu tidak bisa terlepaskan dari lini tengah yang tampil sangat baik.

Kehadiran Arturo Vidal dan Andrea Pirlo semakin melengkapi lini tengah Juventus. Bersama Marchisio, mereka bertiga sukses membentuk mitra yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi masing-masing pemain memiliki keahlian yang bervariasi.

 

Dari kelima trio tersebut, performa siapa yang paling kamu sukai dalam menjalankan tugasnya?

Baca Juga: Fans Juventus Mulai Berang ke Cristiano Ronaldo yang Tumpul

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya