5 Sosok yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona, Legenda!

Sukses jadi pemain sekaligus pelatih Barcelona

Harus diakui bahwa Barcelona merupakan salah satu klub terbesar di dunia sepak bola. Klub asal Spanyol tersebut berhasil mencetak banyak sekali pemain top setiap tahunnya. Bahkan, para mantan pemain klub tersebut ada yang menjadi pelatih top saat ini.

Uniknya, beberapa pelatih top tersebut juga sama-sama pernah melatih Barcelona. Beberapa di antara mereka saat ini melatih klub besar lainnya di Eropa. Berikut 5 pemain Barcelona yang dipercayai melatih klub yang sama.

1. Ronald Koeman

5 Sosok yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona, Legenda!chinadaily.com.cn

Bagi kamu para fans Barcelona, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Ronald Koeman. Dia bermain di klub tersebut selama 6 tahun, tepatnya pada tahun 1989 hingga 1995. Sejak Agustus 2020, Koeman dipercaya melatih Barcelona yang dipercaya berakhir pada tahun 2022 nanti.

Ini bukan pertama kalinya Koeman masuk jajaran pelatih Barcelona. Pada tahun 1998, dia sempat menjadi asisten manajer di klub tersebut. Selain Barcelona, dia pernah melatih beberapa tim top lainnya seperti Everton, Valencia, Southampton, hingga timnas Belanda.

2. Ernesto Valverde

5 Sosok yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona, Legenda!foottheball.com

Ernesto Valverde merupakan pelatih Barcelona pada tahun 2017 hingga 2020. Tak banyak yang mengetahui bahwa dirinya juga merupakan mantan pemain Barcelona pada tahun 1988 hingga 1990. Selama melatih Barcelona, Valverde telah menyumbangkan dua gelar La Liga pada musim 2017/2018 dan 2018/2019.

Sepanjang karier kepelatihannya, dia pernah membela beberapa klub seperti Athletic Bilbao, Espanyol, Villareal, hingga Valencia. Saat ini, belum ada kesepakatan mengenai masa depan karier kepelatihannya sehingga dia masih berstatus tanpa klub.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Turun Drastis Setelah Berseragam Barcelona

3. Luis Enrique

5 Sosok yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona, Legenda!fcbarcelona.com

Luis Enrique merupakan pelatih Barcelona pada tahun 2014 hingga 2017. Selama tiga tahun melatih klub tersebut, pemain Barcelona pada tahun 1996 hingga 2004 itu pernah memberikan berbagai gelar, mulai dari Liga Champions, Piala Dunia Antar Klub, hingga La Liga.

Memang, Luis Enrique merupakan salah satu pelatih tersukses yang pernah menangani Barcelona. Saat ini, Luis Enrique dipercaya untuk menangani timnas Spanyol di ajang Piala Euro 2020 yang akan digelar pada tahun ini. Dia merupakan pelatih yang senang mengorbitkan para pemain muda, baik di klub maupun skuad tim nasional.

4. Johan Cruyff

5 Sosok yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona, Legenda!barcauniversal.com

Bagi yang belum tahu, Johan Cruyff merupakan salah satu legenda yang dimiliki oleh Barcelona. Dia bermain di Barcelona selama 5 tahun, tepatnya pada tahun 1973 hingga 1978. Tak hanya itu, dia juga dipercaya melatih Barcelona pada tahun 1988 hingga 1996.

Sepanjang karier kepelatihannya, dia pernah menangani Ajax dan klub asal Meksiko yang bernama Chivas. Kini, dia sudah pensiun dari dunia sepak bola dengan klub terakhir yang pernah ditanganinya ialah Ajax, yang mana pada waktu dia ditunjuk sebagai penasihat klub hingga tahun 2013.

5. Pep Guardiola

5 Sosok yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona, Legenda!skysports.com

Bagi kamu fans Manchester City, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Pep Guardiola. Dia merupakan mantan pelatih Barcelona pada tahun 2008 hingga 2012. Dia ternyata juga merupakan mantan pemain Barcelona di era 1984 hingga 2001.

Dia merupakan pelatih yang dikenal berhasil mengorbitkan beberapa pemain top yang pernah dilatihnya. Beberapa pemain yang berhasil dia orbitkan ialah Lionel Messi, Joshua Kimmich, hingga Phil Foden.

 

Nah, itu dia 5 mantan pemain Barcelona yang dipercaya melatih mantan klubnya tersebut. Mereka berlima dikenal sukses saat membela Barcelona, baik sebagai pemain maupun pelatih. Dari lima daftar di atas, siapakah menurutmu manajer yang paling sukses menangani Barcelona?

Baca Juga: 5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Berseragam Barcelona di Abad 21

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya