Comscore Tracker

5 Pemain yang Sering Masuk Nominasi Ballon d'Or

Penampilan yang konsisten adalah kuncinya

Ballon d'Or adalah penghargaan individu bagi pesepak bola terbaik dalam setahun terakhir. Penghargaan ini diselenggarakan oleh France Football. France Football sendiri sudah mengumumkan 30 nama pesepak bola yang berhak memenangkan Ballon d'Or 2021. 

Nama-nama lawas seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih masuk dalam daftar ini. Mereka bisa dibilang sebagai pemain paling konsisten dalam 15 tahun terakhir. Wajar jika keduanya selalu ada dalam daftar calon pemenang Ballon d'Or.

Selain Messi dan Ronaldo, di bawah ini deretan lengkap pemain yang sering masuk dalam nomimasi Ballon d'Or.

1. Lionel Messi (13 Kali)

5 Pemain yang Sering Masuk Nominasi Ballon d'Orpotret Lionel Messi (fcbarcelona.com)

Messi adalah pemenang gelar Ballon d'Or terbanyak dalam sejarah sepak bola. Penyerang berkaki kidal itu meninggalkan klub masa kecilnya, Barcelona, musim panas lalu dan pindah ke Paris Saint-Germain.

Ini merupakan kali ke-15 Lionel Messi masuk dalam nominasi pemenang Ballon d'Or, termasuk edisi 2007 saat berada di belakang Cristiano Ronaldo dan Kaka. Sebelum edisi 2008, 50 pemain dipilih sebagai nominasi pemenang Ballon d'Or.

Kini, bisakah pemain berusia 34 tahun itu mengangkat Balon d'Or 2021, mengingat dia memenangkan trofi internasional pertamanya bersama Argentina tahun ini? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

2. Cristiano Ronaldo (13 Kali)

5 Pemain yang Sering Masuk Nominasi Ballon d'Orpotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo tidak diragukan lagi adalah salah satu pemain terhebat yang pernah menghiasi sepak bola Eropa. Cristiano Ronaldo telah tampil konsisten dalam 15 tahun terakhir dan belum ada tanda-tanda mengalami penurunan performa.

Ronaldo terakhir kali memenangkan Ballon d'Or pada 2017 sikan karena perannya dalam membantu Real Madrid memenangkan gelar Liga Champions ke-12. Ronaldo memiliki 5 Ballon d'Or hingga saat ini dan hanya kalah dari Lionel Messi yang memiliki 6 Ballon d'Or.

Dengan masuknya nama Ronaldo dalam nominasi pemenang Ballon d'Or tahun ini, berarti membuatnya telah 13 kali dinominasikan sebagai pemenang. Di mana ada Messi di situ ada Ronaldo.

Baca Juga: 5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyak

3. Karim Benzema (10 Kali)

5 Pemain yang Sering Masuk Nominasi Ballon d'Orpotret Karim Benzema (realmadrid.com)

Karim Benzema mungkin bukan nama pertama yang muncul di benak ketika berbicara tentang Ballon d'Or, tetapi dia selalu tampil konsisten tiap musimnya. Dia sudah 10 kali terdaftar dalam nominasi Ballon d'Or. Hanya Messi dan Ronaldo yang memiliki rekor lebih banyak ketimbang Benzema.

Benzema telah menikmati karier bergemilang trofi dengan 4 gelar Ligue 1 bersama Lyon dan 3 gelar La Liga untuk Real Madrid. Benzema juga merupakan pemain penting dari skuad Real Madrid yang memenangkan tiga gelar Liga Champions secara berturut-turut.

Sejak kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid, Benzema menjadi poros serangan klub Spanyol itu. Rasanya pantas jika dia masuk dalam daftar 30 pemain yang bisa menjadi pemenang Ballon d'Or tahun ini.

4. Neymar (8 Kali)

5 Pemain yang Sering Masuk Nominasi Ballon d'Orpotret Neymar (en.as.com)

Sering dikatakan sebagai salah satu pemain terhebat dari generasi saat ini, Neymar kembali masuk dalam daftar 30 pemain yang berhak memenangkan Ballon d'Or.

Penyerang Brasil itu sempat menikmati masa terbaik dalam kariernya di Barcelona. Tempat terbaiknya di ajang Ballon d'Or terjadi ketika dia membela Barcelona. Neymar dua kali finis di posisi ketiga Ballon d'Or, yakni pada 2015 dan 2017. Dia juga mampu masuk lima besar pada 2013 dan 2016. Meskipun Neymar tampil impresif saat berada di lapangan, dia sering menderita cedera yang menghalanginya memenangkan Ballon d'Or.

5. Sergio Aguero (7 kali)

5 Pemain yang Sering Masuk Nominasi Ballon d'Orpotret Sergio Aguero (premierleague.com)

Sergio Aguero membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik dalam sejarah Premier League, sebelum pindah ke Barcelona pada musim panas 2021 lalu. Aguero adalah pemain asing dengan gol terbanyak di ajang Premier League. Dia membantu Manchester City memenangkan lima gelar Premier League.

Aguero memenangkan Golden Boy Award pada 2007, tetapi dia tidak pernah bisa masuk tiga besar Ballon d'Or. Padahal Aguero dinominasikan sebanyak tujuh kali. Meskipun dia adalah bagian dari skuad Argentina pemenang Copa America pada musim panas, namanya juga tidak masuk dalam daftar 30 pemain yang bisa memenangkan Ballon d'Or tahun ini.

Konsistensi adalah kunci seorang pesepak bola bisa masuk nominasi Ballon d'Or selama bertahun-tahun. Menurutmu, siapakah yang akan jadi pemenang Ballon d'Or pada 29 November nanti?

Baca Juga: 5 Pemain La Liga dalam Nominasi Ballon d'Or 2021, Siapa Saja?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya