5 Pemain Termahal yang Berpindah Klub Pada Bursa Tranfser Januari

Geliat bursa transfer semakin menggila

Jendela transfer pada Januari tidak sebesar jendela transfer di musim panas. Semua kegiatan utama terjadi di musim panas, semua transfer yang menarik terjadi saat itu. Jendela Januari lebih mengarah kepada peminjaman pemain, pembelian secara sementara.

Jendela Januari telah dimulai pada awal 1 Januari kemarin dan tak banyak kegiatan transfer pemain yang terjadi di klub besar Eropa. Dan dibawah ini adalah 5 pemain yang dibeli dengan harga mahal pada bursa transfer Januari sepanjang sejarah.

1. Phillipe Coutinho

5 Pemain Termahal yang Berpindah Klub Pada Bursa Tranfser Januarimarca.com

Neymar meninggalkan Barcelona pada tahun 2017 dengan memecahkan rekor transfer dunia dan Barcelona membeli dua pemain untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Neymar. Ousmane Dembele dibeli pada bursa transfer musim panas, lalu Philippe Coutinho pada Januari. Liverpool menerima 142 juta poundsterling berkat penjualan Coutinho ke Barca.

Dia memenangkan LaLiga di musim pertamanya di Spanyol. Coutinho mencetak 8 gol dan 5 assist dalam 16 penampilan di musim lalu, yang merupakan awal yang baik baginya.

2. Virgil Van Dijk

5 Pemain Termahal yang Berpindah Klub Pada Bursa Tranfser Januariliverpoolfc.com

Kas Liverpool membengkak karena penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona Januari 2018. Jurgen Klopp langsung menjadikan Virgil van Dijk bek yang paling mahal dalam sejarah. Bek tengah asal Belanda itu didatangkan dari Southampton dengan nilai transfer sebesar 75 juta poundsterling.

Van Dijk sangat membantu The Reds. Kedatangannya mengubah pertahanan Liverpool. Mereka mencapai final Liga Champions musim lalu dan sekarang mereka menjadi pemuncak klasmen Liga Inggris. Van Dijk telah membuat pertahanan paling kokoh di liga Inggris musim ini, karena Liverpool hanya kebobolan 10 gol sejauh ini.

Menjadi bek termahal di dunia membawa tekanan besar, terutama ketika kamu berada di klub seperti Liverpool yang sangat ingin memenangkan trofi. Liverpool unggul 4 poin di puncak liga Inggris dan 75 juta poundsterling itu setara dengan apa yang diberikan oleh Virgil Van Dijk untuk Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menjadi Target Chelsea Pada Bursa Transfer Januari Ini

3. Oscar

5 Pemain Termahal yang Berpindah Klub Pada Bursa Tranfser Januarifourfourtwo.com

Oscar adalah salah satu pemain yang membelot ke liga Cina dalam beberapa tahun terakhir. Gelandang Brasil ini bergabung dengan Shanghai SIPG dari Chelsea pada 2017 seharga £ 60 juta.

Oscar tidak terlalu cocok dengan skema 3-4-3 dibawah asuhan Antonio Conte di musim 2016/17. Dia adalah pemain kunci dari Chelsea yang meraih gelar pada tahun 2015, tetapi ia sering duduk di bangku cadangan di bawah asuhan Conte. Dia ingin waktu bermain yang reguler dan Chelsea memutuskan untuk menjualnya.

Banyak yang menganggap bahwa Oscar menyia-nyiakan bakatnya dengan pergi ke liga yang 'lebih rendah' ​​di tengah masa jayanya. Dia masih berusia 27 tahun dan sering dikaitkan dengan klub-klub Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

4. Diego Costa

5 Pemain Termahal yang Berpindah Klub Pada Bursa Tranfser Januarisportskeeda.com

Diego Costa sangat menarik perhatian publik di Inggris. Dia menikmati tiga musim di Chelsea dan dicintai serta dibenci oleh penggemar. Costa memenangkan dua gelar Liga Premier, tetapi kepribadiannya yang emosional akhirnya membuatnya harus tersingkir dari skuad Chelsea.

Costa memenangkan liga Inggris dibawah arahan Antonio Conte, tetapi hubungan mereka berubah menjadi buruh menjelang akhir musim. Conte mengirim sms pada Costa pada bahwa ia sudah tak membutuhkan jasanya. Lalu Costa kembali ke Atletico Madrid namun karena cidera dan masalah kebuguran, Diego Costa baru resmi pindah pada bursa transfer bulan Januari 2018 lalu dengan biaya transfer senilai 57 juta poundsterling.

5. Fernando Torres

5 Pemain Termahal yang Berpindah Klub Pada Bursa Tranfser Januarisposrtskeeda.com

Chelsea memecahkan rekor transfer di liga Inggris pada 2011 ketika mereka membeli Fernando Torres dari Liverpool. Penggemar Liverpool marah bahwa striker bintang mereka diizinkan pergi dan Torres menjadi public enemy di Merseyside.

Dia menjadi pemain kesayangan di Stamford Bridge, namun fans Chelsea mulai berang karena ia belum mencetak satu golpun. Puasa mencetak gol selama 24 pertandingan sebelum akhirnya dia mencetak gol melawan West Ham. Namun, Torres gagal memberikan performa terbaiknya di Chelsea. Dia hanya mencetak 20 gol dalam lebih dari 100 penampilan.

Torres mencetak gol melawan Barcelona di semi final Liga Champions dan dia adalah bagian penting dari tim yang memenangkan Liga Eropa. Meski begitu, transfer ke Chelsea jelas merupakan hal buruk bagi pemain asal Spanyol itu.

Itulah 5 pemain yang pindah klub pada bulan Januari dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarh. Dengan bursa transfer Januari masih berlangsung, bukan tidak mungkin akan ada pemain yang pindah dengan nominal transfer yang fantastis.

Baca Juga: 5 Transfer Termahal yang Terjadi pada Bursa Transfer Musim Dingin

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya