Comscore Tracker

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier League

Bisa tebak, siapa yang paling muda? 

Premier League lebih banyak dihuni oleh pemain-pemain yang sudah matang dan memiliki jam terbang tinggi. Namun, hal itu tidak selamanya benar, kok. Nyatanya pemain di usia muda juga berbicara banyak di Premier League, salah satunya adalah dengan cara mencetak banyak gol.

Salah satu milestone di Premier League adalah torehan 100 gol, tak semabarang pemain yang bisa masuk dalam daftar ini. Dan bagi nama-nama di bawah ini, mereka mencetak 100 gol di Premier League dalam usia yang masih muda. Siapa sajakah mereka? Simak daftarnya berikut ini.

1. Michael Owen - 23 tahun 134 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueMichael Owen (liverpoolfc.com)

Michael Owen berhasil mematahkan rekor yang dipegang oleh Robbie Fowler sebagai pemain termuda yang bisa mencipatakan 100 gol di Premier League. Dalam laga kontra West Brom, Liverpool menang dengan hasil yang sangat meyakinkan yakni 6-0.

4 dari 6 gol Liverpool diciptakan oleh Michael Owen. Kala itu, Owen baru berusia 23 tahun dan 134 hari, menjadikannya sebagai pemain termuda yang mencetak 100 gol di Premier League. Laga itu juga merupakan laga ke-185 bersama Liverpool.

2. Robbie Fowler - 23 tahun 283 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueRobbie Fowler (premierleague.com)

Penyerang legendaris milik Liverpool yakni Robbie Fowler merupakan pemain The Reds pertama yang berhasil mencetak 100 gol di Premier League. Tak hanya jadi yang pertama, Fowler juga jadi yang termuda pada saat itu dengan usia 23 tahun dan 283 hari.

Rekor ini Fowler ciptakan dalam laga Liverpool kontra Southampton yang berlangsung pada Januari 1999 laga. Laga tersebut dimenangka  Liverpool dengan skor mencolok, 7-1. Tiga gol diantaranya tercipta dari Robbie Fowler.

3. Wayne Rooney - 24 tahun 100 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier Leaguewayne Rooney (eurosport.com)

Pada bulan Januari 2010, Wayne Rooney bergabung dengan pemain yang berhasil menciptakan 100 gol di Premier League. Catatan istimewa Rooney tercipta dalam laga melawan Arsenal di Emirates Stadium.

Rooney menyumbangkan satu gol untuk membawa The Red Devils meraih kemenangan 1-3 atas The Gunners. Saat mencetak gol ke-100 nya, Rooney baru berusia 24 tahun dan 100 hari. Meskipun bukan yang termuda, namun catata itu sangat istimewa bagi Rooney.

4. Harry Kane - 24 tahun 191 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueHarry Kane (premierleague.com)

Dalam laga sengit kontra Liverpool pada Februari 2018 lalu, Harry Kane menjadi penyelamat Tottenham Hotspurs dari kekalahan. Penyerang asal Inggris itu mencetak gol lewat titik penalti, sekaligus membawa Tottenham Hotspurs menyamakn kedudukan menjadi 2-2. Laga berakhir imbang.

Gol itu juga merupakan gol ke-100 Kane di Premier League. Ia menjadi pemain tercepat kedua yang berhasil menciptakan 100 gol hanya dalam 141 laga Premier League, yang pertama masih dipegang oleh Alan Shearer dengan catatan hanya 124 laga saja.

5. Romelu Lukaku - 24 tahun 308 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueRomelu Lukaku (premierleague.com)

Sebelum bergabung dengan Manchester United pada 2017 silam, Romelu Lukaku sudah menunjukan kelasnya sebagai penyerang andal di Premier League. Torehan 85 gol dari 176 pertandingan merupakan bukti dari performa gacor Lukaku.

Saat bergabung dengan The Red Devils, Lukaku berhasil mencetak gol ke-100 di Premier League. Catatan ini Lukaku buat dalam laga kontra Swansea City. Laga yang digelar pada 31 Maret 2018 itu menjadikan The Red Devils sebagai pemenanganya dengan skor 2-0. Lukaku mencetak gol perdana di laga ini pada menit ke-5. Satu gol lainnya dibuat oleh Alexis Sanchez.

Baca Juga: 5 Pemain Divisi Championship Ini Bisa Jadi Buruan Klub Premier League

6. Alan Shearer - 25 tahun 139 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueAlan Shearer (premierleague.com)

Jika kita berbicara tentang Alan Shearer, maka tak akan lepas dari rekor-rekor yang ia ciptakan. Salah satunya adalah pemain termuda yang mencapai 100 gol Premier League. Shearer menjadi pemain pertama di Premier League yang berhasil mencetak 100 gol, yakni pada tahun 1996.

Kala itu, Alan Shearer bermain untuk Blackburn Rovers. Shearer hanya membutuhkan 124 laga untuk membuat 100 gol Premier League, rekornya masih tak tersentuh hingga saat ini. Ia juga masih memegang rekor sebagai pemain dengan gol terbanyak di Premier League.

7. Thierry Henry - 26 tahun 177 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueThierry Henry (arsenal.com)

Berbicara tentang gol, tak lengkap rasanya jika tidak memasukan nama Thierry Henry. Seorang legenda Arsenal dan Timnas Prancis, pemegang 4 Golden Shoes Premier League. Dalam rentang waktu antara 1999 hingga 2007, Henry menciptakan 174 gol dalam 254 laga bersama Arsenal di Premier League.

Dia membuat banyak rekor di Premier League. Henry membuat 100 gol di Premier League dalam laga ke-160 bersama Arsenal. Ia hanya kalah dari Alan Shearer sebagai pemain tercepat yang berhasil mencipatakn 100 gol di Premier League.

8. Raheem Sterling - 27 tahun 3 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueRaheem Sterling (mancity.com)

Karir Sterling bersama Liverpool tergolong biasa-biasa saja, sebab ia bukan pemain yang menonjol di Anfield. Keputusan untuk hijrah ke Manchester City sepertinya tepat, sebab di bawah asuhan Pep Guardiola, Sterling menjadi winger yang produktif. Memang, catatan golnya masih kalah jika dibandingkan dengan Sergio Aguero sejaka kedatangan Pep Guardiola, namun Sterling tetap menjadi bagian penting dalam tim racikan pelatih Spanyol itu.

Baru-baru ini, Sterling menjadi pemain ke-23 yang masuk dalam daftar pemain yang mencipatakan 100 gol di Premier League. Dalam laga kontra Wolves, Sterling mencetak gol penalti sekaligus penentu kemenangan bagi The Cityzens di menit 66. Gol itu merupakan gol ke-100 nya di Premier League yang ia ciptakan kala memasuki usia 27 tahun dan 3 hari.

9. Andy Cole - 27 tahun 126 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueAndy Cole (cbssports.com)

Andy Cole awalnya merupakan pemain andalan Newcastle United karena ia berhasil mencetak 34 golnya di musim 1993/94. sebelum membintangi Manchester United selama delapan tahun. Ia bergabung dengan Manchester United pada 1995 dan bertahan 8 tahun di Old Trafford.

Cole berhasil mencetak gol ke-100 di Premier Lague kala membela Manchester United. Cole mencatatkan milestone tersebut di laga kontra Nottingham Forest pada 1999 yang berakhir dengan skor 8-1 untuk The Red Devils.

10. Robbie Keane - 27 tahun 171 hari

10 Pemain Termuda yang Berhasil Cetak 100 Gol di Premier LeagueRobbie Keane (football.london)

Robbie Keane mencetak gol di Premier League dengan 6 klub berbeda. Masa terbaiknya di Premier League terjadi kala ia berseragam Tottenham Hotpsurs di mana Keane menciptakan 91 gol dalam 238 laga Premier League. Keane berhail meraih 100 gol di Premier League setelah Spurs membantai Fulham denga skor 5-1 pada Desember 2007 silam.

Tak bisa dipungkiri bahwa pemain muda memang punya andil yang cukup besar bagi sebuah klub, tak terkecuali klub di Premier League. Kira-kira, siapakah pemain yang akan memecahkan rekor yang saat ini dipegang oleh Michael Owen?

Baca Juga: 5 Klub yang Berpotensi jadi Tujuan Raheem Sterling Musim Depan

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya