7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!

Usia hanya sebuah angka bagi mereka

Dalam ajang Premier League membutuhkan pemain dengan skill, stamina, dan kemampuan di atas rata-rata. Maka dari itu, hanya sedikit pemain-pemain tua yang bermain di Premier League, disebabkan oleh stamina dan skill mereka yang mulai menurun.

Namun, ada juga beberapa pemain berusia 35 tahun ke atas yang masih sanggup berkarier di kancah teratas sepak bola Inggris itu. Bahkan, mereka mampu menciptakan banyak gol. Dan berikut ini adalah 7 pemain tertua yang mampu mencetak gol di ajang Premier League.

1. Teddy Sheringham (40 Tahun, 8 Bulan dan 24 Hari)

7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!Teddy Sheringham (espn.co.uk)

Hingga saat ini, Teddy Sheringham menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol Premier League ketika sudah melewati usia 40 tahun. Mantan penyerang Manchester United itu memegang rekor sebagai pemain tertua yang mencetak gol di Premier League, kala itu Teddy Sheringham membuat gol ketika usia 40 tahun, 8 bulan dan 24 hari.

Teddy Sheringham mencetak gol terakhirnya pada ajang Premier League dalam laga Boxing Day di musim 2006/2007. Laga itu mempertemukan West Ham United kontra Portsmouth.

Laga berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Portsmouth, dan satu-satunya gol West Ham United diciptakan oleh penyerang tua mereka, Teddy Sheringham.

2. Dean Windass (39 Tahun, 7 Bulan, dan 21 Hari) 

7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!Dean Windass (thesefootballtimes.co)

Penyerang asal Inggris, Dean Windass kembali memperkuat Hull City pada musim 2007/2008. Dean Windass sebelumnya pernah menjadi bagian dalam skuad Hull City, ia memutuskan pergi sejak tahun 1995 silam.

Kembalinya Windass membuatnya menjadi pemain paling senior dalam skuad Hull City kala itu. Walaupun sudah berumur, tapi ia masih mampu bermain dan mencetak gol.

Windass mencetak gol terakhinry di Premier League dalam laga kontra Portsmouth pada 22 November 2008. Sebuah gol kontroversial, yang sebelumnya dianggap sebagai gol bunuh diri, kemudian diberikan sebagai gol yang dibuat oleh Windass. Golnya di menit ke-86 membantu Hull meraih hasil imbang dan pertandingan berakhir 2-2.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol di Premier League pada Musim 2021/22

3. Ryan Giggs (39 Tahun, 3 Bulan) 

7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!Ryan Gravenberch (sportskeeda.com)

Salah satu pemain yang paling banyak meraih gelar Premier League adalah Ryan Giggs. Pemain asal Wales ini mengoleksi 13 gelar Premiier League sepanjang kariernya bersama The Red Devils.

Giggs memegang rekor sebagai pemain yang mampu mencetak gol di setiap musim Premier League dari musim 1992/1993 hingga 2012/2013. Gol terakhirnya tercipta saat Manchester United melawan Queen Parks Rangers pada 23 Februari 2013, ketika ia mencetak gol pada menit ke-80 untuk memperbesar keunggulan Manchester United menjadi 0-2.

Itu adalah musim terakhir Sir Alex Ferguson sebagai manajer Manchester United dan juga musim terakhir di mana United mengangkat gelar Premier League.

4. Stuart Pearce (38 Tahun 7 Bulan)  

7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!Stuart Pearce (football365.com)

Stuart Pearce dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik pada masanya. Dia mencetak gol terakhirnya di ajang Premier League pada usia 38 tahun 7 bulan. Pearce mencetak satu gol dalam laga West Ham United melawan Southampton pada 25 November 2000.

Pearce mencetak gol dari tendangan jarak jauh pada menit ke-45 dan membawa timnya unggul sementara dengan skor 1-2 di babak pertama. Laga itu berakhir untuk kemenangan West Ham United dengan keunggulan 2-3 atas Southampton.

5. Graham Alexander (38 Tahun 6 Bulan)  

7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!Graham Alexander (transfermarkt.co.uk)

Sepanjang kariernya sebagai seorang pesepak bola profesional, Graham Alexander hanya bermain satu musim di ajang Premier League yakni pada 2009/2010 kala memperkuat Burnley.

Graham Alexander dikenal sebagai pengambil penalti yang sangat baik. Dia mencetak 77 gol dari titik penalti dengan tingkat keberhasilan menjadi gol lebih dari 90%.

Gol terakhirnya di Premier League terjadi saat Burnley melawan Hull City pada 10 April 2010. Dalam laga tersebut. bek kiri ini berhasil mencetak dua gol yang mana dua golnya tercipta dari titik putih. Gol dari Alexander membatu Burnley melumat Hull City dengan skor akhir 4-1.

6. Mark Hughes (38 Tahun, 4 Bulan, dan 26 Hari)

7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!Mark Hughes (90min.com)

Mark Hughes terkenal karena pernah menangani Timnas Wales, Stoke City, dan Southampton. Kala aktif sebagai pemain, Mark Hughes memiliki karir yang gemilang sebagai striker Manchester United dan Chelsea.

Namun, setelah meninggalkan Chelsea pada 1998, kariernya merosot. Hal ini disebabkan perubahan posisi, sebelumnya Hughes adalah seorang penyerang lalu digeser menjadi seorang gelandang.

Mark Hughes mencetak gol terakhirnya kala Blackburn Rovers melawan Leicester City, pada 30 Maret 2002. Mark Hughes sudah berusia 38 tahun, 4 bulan dan 26 hari ketika itu,

Golnya tercipta dari skema tendangan bebas, yang mana Hughes berhasil menyundul umpan dari rekannya dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Namun, Leicester City akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

7. Tugay Kerimoglu (38 Tahun, 3 Bulan dan 6 Hari)  

7 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Premier League, Tua-Tua Keladi!Tugay Kerimoğlu (Beinsports.com.tr)

Pemain asal Turki ini disukai oleh fansnya karena ia merupakan spesialis tendangan jarak jauh dan sebagian besar golnya diciptakan lewat cara ini. Gol terakhirnya di ajang Premier League tercipta kala Blackburn Rovers melawan Portsmouth pada 30 November 2008 melalui tendangan dari luar kotak penalti.

Tugay Kerimoglu menciptakan gol dari jarak 20 yard, membuat kiper David James sama sekali tidak berkutik. Dalam laga itu, usia Tugay Kerimoglu sudah mencapai 38 tahun, 3 bulan dan 6 hari. Laga tersebut berakhir dengan kekalahan untuk Blackburn Rovers dengan skor akhir 3-2 kemenangan Portsmouth.

 

Nah, tujuh pemain di atas membuktikan bahwa usia hanyalah angka bagi mereka. Sebab, saat hampir memasuki masa pensiun, mereka masih mampu berkiprah di Premier League dan bersaing dengan pemain yang lebih muda.

Baca Juga: 9 Pencetak Gol Free Kick Terbanyak di Premier League, Siapa Saja?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya