5 Kiper Terlama Bela Inter Milan yang Pernah Juara Serie A

Sederet nama besar yang kerap selamatkan muka Inter

Inter Milan telah diperkuat banyak pemain hebat. Tidak cuma sektor penyerang dan gelandang yang disesaki talenta top, mistar gawang klub berjuluk Il Nerazzurri tersebut sempat dijaga kiper-kiper kelas dunia.

Sudah banyak penjaga gawang yang bermain di Stadion Giuseppe Meazza, markas Inter Milan. Beberapa di antaranya tampil konsisten untuk rentang waktu yang lama hingga berhasil mengantarkan Inter juara Serie A. Deretan legenda, simak ulasan profil masing-masing mantan kiper Inter Milan berikut, yuk!

1. Walter Zenga

5 Kiper Terlama Bela Inter Milan yang Pernah Juara Serie AWalter Zenga (twitter.com/fifaworldcup)

Walter Zenga adalah salah satu pemain terlama yang pernah membela Inter Milan. Kiper kelahiran Italia tersebut sudah bergabung dengan Il Nerazzurri sejak masih junior. Ia mentas ke tim senior pada 1978 dan baru hengkang dari klub Kota Milan itu pada 1994 untuk merapat ke Sampdoria.

Selama bermain di Kota Milan, mantan kiper Timnas Italia ini meraih gelar Serie A 1988/1989. Ia juga sempat menjuarai Super Coppa Italiana edisi 1989 serta dua kali UEFA Cup pada 1991 dan 1994. Berkat dedikasinya untuk klub, Zenga masuk Inter Milan Hall of Fame pada 2018 lalu.

Baca Juga: 7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS Roma

2. Ivano Bordon

5 Kiper Terlama Bela Inter Milan yang Pernah Juara Serie AIvano Bordon (inter.it)

Fans bola kekinian mungkin kurang familiar dengan nama Ivano Bordon. Ia adalah penjaga gawang utama Inter Milan sebelum era Walter Zenga. Kiper asal Italia tersebut berseragam biru-hitam selama 13 tahun, mulai 1970 hingga 1983, sebelum akhirnya hijrah ke Sampdoria.

Selama kariernya bersama Il Nerazzurri, Bordon tercatat dua kali menangi scudetto Serie A, yakni musim 1970/1971 dan 1979/1980. Ia juga dua kali menjuarai Coppa Italia, musim 1977/1978 dan 1981/1982. Seperti Zenga, Bordon pun masuk Inter Milan Hall of Fame pada 2022 lalu.

3. Samir Handanovic

5 Kiper Terlama Bela Inter Milan yang Pernah Juara Serie ASamir Handanovic (instagram.com/samirhandanovic)

Samir Handanovic diboyong Inter Milan dari Udinese pada Juli 2012. Ia diplot menjadi kiper utama setelah Julio Cesar hengkang dari Giuseppe Meazza. Pemain berpaspor Slovenia tersebut menjawab kepercayaan itu dengan penampilan konsisten hingga berujung pada sederet torehan trofi untuk Il Nerazzurri.

Ditunjuk menjadi kapten tim sejak 2019, Handanovic membawa Inter Milan menjuarai Serie A 2020/2021. Tidak cuma itu, ia juga sukses merengkuh trofi Coppa Italia dan Super Coppa Italiana. Setelah berseragam Il Nerazzurri selama 11 musim, Handanovic menyudahi perjalanannya dengan Inter Milan pada Juli 2023.

4. Francesco Toldo

5 Kiper Terlama Bela Inter Milan yang Pernah Juara Serie AFrancesco Toldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Francesco Toldo termasuk salah satu kiper hebat di Italia, terutama saat masih berseragam Fiorentina. Tidak heran jika Inter Milan kepincut dan memboyongnya ke Giuseppe Meazza pada tahun 2001. Kala itu, La Viola memang getol menjual para pemain bintangnya lantaran dilanda masalah finansial.

Berstatus kiper timnas, Toldo langsung menjadi penjaga gawang utama Inter Milan. Namun, seiring kedatangan Julio Cesar, ia lengser ke bangku cadangan. Selama 9 tahun membela Il Nerazzurri, Toldo akhirnya memutuskan pensiun tepat setelah Inter Milan meraih treble winners musim 2009/2010.

5. Julio Cesar

5 Kiper Terlama Bela Inter Milan yang Pernah Juara Serie AJulio Cesar (twitter.com/ChampionsLeague)

Julio Cesar dapat dikatakan sebagai salah satu kiper tersukses yang pernah dimiliki Inter Milan. Datang pada Juli 2005, penjaga gawang asal Brazil tersebut membawa tim biru-hitam meraih banyak gelar bergengsi. Ia pernah merengkuh scudetto, Coppa Italia, Super Coppa Italiana, UEFA Champions League, dan FIFA Club World Cup.

Ketika baru tiba, Cesar langsung menyegel pos utama di bawah mistar gawang Inter Milan. Ia memaksa kiper sekelas Francesco Toldo turun ke bangku cadangan. Setelah bermain selama 7 musim di Kota Milan, mantan kiper Flamengo ini memutuskan cabut untuk bergabung bersama Queens Park Rangers.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa nama Gianluca Pagliuca tak terlibat di daftar ini. Sosok Pagliuca memang sempat menjadi kiper utama Inter Milan medio pertengahan 1990-an. Namun, mantan penjaga gawang Sampdoria tersebut gagal meraih scudetto bareng klub biru-hitam meski sukses menjuarai UEFA Cup 1997/1998.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Masuk Radar Inter Milan, Pengganti Milan Skriniar

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya