Comscore Tracker

5 Pemain Indonesia yang Meraih Gelar di Ajang Piala AFF

Top skor dan pemain terbaik turnamen

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1996 dengan nama Tiger Cup, Indonesia memang belum menjuarai ajang AFF Championship atau Piala AFF. Hingga detik ini, Timnas Garuda cuma sanggup lima kali menempati posisi runner-up, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Meski demikian, bukan berarti talenta Timnas Merah Putih tidak bisa berprestasi di ajang sepak bola ASEAN dua tahunan tersebut. Ada sejumlah pemain Indonesia yang sukses meraih gelar bergengsi di turnamen Piala AFF, mulai dari top skor hingga pemain terbaik. Siapa saja mereka?

1. Gendut Doni Christiawan

5 Pemain Indonesia yang Meraih Gelar di Ajang Piala AFFGendut Doni (instagram.com/garuda_memori)

Nama Gendut Doni Christiawan membuat gempar Piala Tiger 2000. Pasalnya, kala itu ia merebut gelar top skor dengan lima gol, bersanding dengan Worrawoot Srimaka (Thailand). Padahal, ia cuma menggantikan Bambang Pamungkas yang gagal bergabung karena ada trial di Belanda.

Saat itu, Gendut Doni membuat gol pertamanya kala bersua Thailand di babak penyisihan. Kemudian, ia mencetak masing-masing dua gol melawan Myanmar dan Vietnam. Sukses melangkah ke partai final, sayangnya Timnas harus kalah dari Thailand dengan skor telak 1-4.

2. Bambang Pamungkas 

5 Pemain Indonesia yang Meraih Gelar di Ajang Piala AFFBambang Pamungkas (twitter.com/affsuzukicup)

Siapa yang tidak kenal pemain ini? Bambang Pamungkas bisa dikatakan sebagai salah satu legenda hidup persepakbolaan Indonesia. Tidak hanya di klub, kariernya bersama Timnas Merah Putih pun patut diacungi jempol meski gagal menyumbangkan juara hingga gantung sepatu.

Salah satu prestasi Bepe, sapaan akrabnya, bareng Timnas Garuda adalah ketika merebut sepatu emas Piala Tiger 2002. Saat itu, ia mampu menggelontorkan delapan gol dari enam pertandingan. Namun, lagi-lagi Indonesia harus kalah dari Thailand di pertandingan puncak.

Baca Juga: Jane Abel, Putri Bambang Pamungkas yang Viral Karena Dicoret dari KK

3. Ilham Jaya Kesuma 

5 Pemain Indonesia yang Meraih Gelar di Ajang Piala AFFIlham Jaya Kesuma dan Boaz Solossa (facebook.com/ilhamjayakesumaindo)

Selepas Bambang Pamungkas, giliran Ilham Jaya Kesuma yang merebut trofi sepatu emas Piala AFF edisi 2004. Saat itu, mantan penyerang Persita Tangerang ini mencetak total tujuh gol. Sayangnya, lagi-lagi Indonesia harus menyerah di final, kali ini ditaklukkan Singapura.

Nama penyerang kelahiran Palembang ini memang cukup bersinar pada awal 2000-an, terutama saat membela Persita. Ia adalah jaminan mutu untuk mencetak gol ke gawang lawan. Bahkan, Ilham sempat membuat enam gol saat Persita membantai Persikab 10-1 pada 2002 silam.

4. Budi Sudarsono 

5 Pemain Indonesia yang Meraih Gelar di Ajang Piala AFFBudi Sudarsono (instagram.com/budipython13)

Sempat diselingi Noh Alam Shah dari Singapura, gelar top skor Piala AFF kembali lagi ke talenta Indonesia. Budi Sudarsono meraihnya pada edisi 2008. Kala itu, ia menceploskan empat gol, bersanding dengan Agu Casmir (Singapura) dan Teerasil Dangda (Thailand).

Namun, jika Gendut Doni Christiawan, Bambang Pamungkas, dan Ilham Jaya Kesuma membawa negara mencapai partai puncak, Budi cuma sanggup menyentuh babak semifinal. Saat itu, Timnas Indonesia dikalahkan Thailand di partai empat besar dengan skor agregat 3-1.

5. Firman Utina 

5 Pemain Indonesia yang Meraih Gelar di Ajang Piala AFFFirman Utina (instagram.com/tfa_id)

Penampilan Indonesia pada AFF Cup 2010 sebenarnya sangat apik. Di fase grup dan semifinal, mereka membantai habis semua lawan. Sayangnya, partai final berakhir antiklimaks lantaran harus menyerah dari Malaysia yang sebelumnya dilumat 5-1 di babak penyisihan.

Meski demikian, skuad Merah Putih sedikit terhibur dengan terpilihnya Firman Utina sebagai pemain terbaik gelaran tersebut. Gelandang kelahiran Manado ini menjadi metronom permainan tim Garuda dan sempat mencetak dua gol kala membantai Laos 6-0 di babak penyisihan.

 

Pemain Indonesia membuktikan diri bahwa mereka tidak kalah dengan pesepak bola dari negara lain. Jadi, kita nantikan kiprah generasi masa kini untuk membawa timnas Garuda terbang setinggi-tingginya.

Baca Juga: 2 Pemain Timnas U-18 Belum Dapat Paspor Jelang ke Turki

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya