Comscore Tracker

5 Pemain yang Pecahkan Rekor di Fase Grup Piala Dunia 2022

Ada anak presiden mencetak gol!

Fase grup Piala Dunia 2022 melahirkan banyak kejutan. Salah satu yang menjadi topik hangat adalah lolosnya Maroko dan Jepang ke fase 16 besar sebagai juara grup. Selain itu, langkah Jerman yang harus terhenti lebih awal juga mengagetkan publik sepak bola global.

Tidak hanya kejutan, babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 juga menghadirkan sejumlah rekor. Beberapa pemain membuat rekor mentereng dan unik yang mungkin bakal sangat sulit disamai pemain lainnya. Siapa saja mereka dan apa rekor yang berhasil mereka pecahkan?

1. Cristiano Ronaldo 

5 Pemain yang Pecahkan Rekor di Fase Grup Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo memang tidak bisa dipisahkan dari rekor dan gol. Sebuah gol dari titik penalti saat Portugal mengalahkan Ghana 3-2 di partai pembuka Grup H membuatnya menjadi satu-satunya pemain yang mampu menciptakan gol dalam lima edisi Piala Dunia.

Mantan pemain Juventus itu masing-masing membuat sebuah gol pada Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014. Kemudian, ia mengemas empat gol di Piala Dunia 2018. Dalam usianya yang tidak lagi muda, ia tetap diandalkan Portugal untuk membobol gawang lawan di Piala Dunia 2022.

2. Lionel Messi 

5 Pemain yang Pecahkan Rekor di Fase Grup Piala Dunia 2022Lionel Messi (twitter.com/fifaworldcup)

Tidak mau kalah dengan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi juga menorehkan rekor spesial dalam fase grup Piala Dunia 2022. Jika CR7 membuat rekor gol, mantan penggawa Barcelona tersebut menjadi satu-satunya pemain yang berhasil membuat assist dalam lima edisi Piala Dunia.

Ia mengawali catatan assist-nya di Piala Dunia 2006 kala Argentina bersua Serbia. Messi lantas memberikan masing-masing satu assist di Piala Dunia 2010 dan 2014. Empat tahun lalu, ia membuat dua assist, disusul sebuah assist saat Argentina kontra Meksiko di fase Grup C Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 10 Inspirasi Menu Diet ala Lionel Messi yang Bisa Kamu Tiru 

3. Manuel Neuer 

5 Pemain yang Pecahkan Rekor di Fase Grup Piala Dunia 2022Manuel Neuer (twitter.com/imiasanmia)

Jerman memang harus tersingkir secara tragis di fase grup Piala Dunia 2022. Namun, kiper mereka, Manuel Neuer, mencatatkan rekor istimewa. Penjaga gawang Bayern Munich itu menjadi kiper dengan penampilan terbanyak dalam sejarah turnamen empat tahunan tersebut.

Ia tampil saat Jerman bertemu Kosta Rika di laga terakhir fase Grup E Piala Dunia 2022. Itu menandai penampilan ke-19 Neuer di Piala Dunia, melewati kiper asal Brazil, Claudio Taffarel. Sayangnya, Der Panzer gagal melaju lebih jauh karena kalah bersaing dengan Spanyol dan Jepang.

4. Hakim Ziyech

5 Pemain yang Pecahkan Rekor di Fase Grup Piala Dunia 2022Hakim Ziyech (instagram.com/hziyech)

Sebiji gol saat bersua Kanada dalam laga terakhir Grup F tidak hanya meloloskan Maroko ke 16 besar, tetapi juga menciptakan rekor untuk Hakim Ziyech. Ia menjadi pemain dari negara Arab yang sukses membuat gol tercepat dan terjauh sepanjang gelaran Piala Dunia.

Dilansir dari Twitter Opta Arabi, pemain yang membela Chelsea tersebut membuat gol pada menit ke-4 atau tepatnya menit 3 lewat 30 detik. Lesakan Ziyech pun dihasilkan dari jarak yang cukup jauh, yakni 30,66 meter atau yang terjauh untuk tim Arab sejak Piala Dunia edisi 1966.

5. Timothy Weah 

5 Pemain yang Pecahkan Rekor di Fase Grup Piala Dunia 2022Timothy Weah (instagram.com/timothyweah)

Catatan Timothy Weah saat berlaga untuk Amerika Serikat di fase grup Piala Dunia 2022 bisa dikatakan unik dan mungkin akan sangat sulit dipecahkan pemain lainnya. Ia adalah anak presiden pertama yang mampu membuat gol dalam kompetisi empat tahunan tersebut.

Weah membuat angka ketika The Stars & Stripes berjumpa Wales di laga perdana Grup B. Pemain Lille tersebut merupakan anak legenda hidup AC Milan, George Weah, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Liberia. Timothy bisa membela The Yanks karena lahir di Negeri Paman Sam.

 

Gelaran sebesar Piala Dunia memang kerap menghadirkan kejutan-kejutan. Lalu, apa lagi rekor yang akan ditorehkan di Qatar?

Baca Juga: Timothy Weah: Anak Presiden Liberia, tapi Bela AS di Piala Dunia 2022

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya