Comscore Tracker

6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester United

Siapa lagi yang akan menyusul?

Manchester United menjadi salah satu tim yang bersahabat bagi pemain Prancis. Dilansir situs resmi klub, di era Premier League, sudah ada belasan talenta asal Negeri Anggur yang sempat berkostum The Red Devils, terbaru Raphael Varane yang direkrut pertengahan 2021.

Sayangnya, tidak semua pemain Prancis sukses kala berseragam Setan Merah. Bahkan, cuma segelintir pesepak bola asal negara tersebut yang mampu meraih titel tertinggi di pentas Liga Inggris bersama Manchester United. Siapa saja para pemain itu?

1. Eric Cantona 

6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester UnitedEric Cantona (twitter.com/manutd_id)

Eric Cantona dapat dikatakan sebagai salah satu pemain terbaik Setan Merah. Didatangkan dari Leeds United pada tahun 1992, penyerang asal Prancis ini menjadi pemain kunci Manchester United saat mendominasi ajang Premier League pada dekade 1990-an silam.

Selama berkarier di Old Trafford, Cantona sukses memberikan empat titel Premier League, dua Piala FA, dan tiga FA Charity Shield (Community Shield). Sayangnya, pemain yang dijuluki The King ini memutuskan untuk pensiun dini pada tahun 1997 saat usianya baru menginjak 31 tahun.

2. Mikael Silvestre 

6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester UnitedMikael Silvestre (twitter.com/manutd_id)

Setelah hanya semusim berseragam Inter Milan, Mikael Silvestre akhirnya memutuskan menerima pinangan Manchester United pada September 1999. Kala itu, Setan Merah mengungguli rival abadinya, Liverpool, dalam mendapatkan bek berpaspor Prancis ini.

Bermain di Old Trafford hingga 2008, Silvestre mampu memberikan empat titel Premier League, sekali Piala FA, dan sekali Liga Champions Eropa. Pada musim panas 2008, ia hijrah ke Arsenal sebelum akhirnya pindah ke klub Jerman, Werder Bremen, pada tahun 2010.

3. Fabien Barthez 

6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester UnitedFabien Barthez (twitter.com/championsleague)

Mundurnya Peter Schmeichel meninggalkan lubang yang besar di lini belakang MU. Klub memang sempat mendatangkan Mark Bosnich. Namun, performa kiper Australia tidak memuaskan. Akhirnya, pada Mei 2000, Setan Merah merekrut Fabien Barthez dari AS Monaco.

Di musim perdana, pemain yang uara Piala Eropa 2000 bersama Prancis ini langsung memberikan titel Premier League untuk publik Old Trafford. Namun, performa kiper berkepala plontos ini cenderung labil. Walau kembali merajai Premier League 2002/2003, ia akhirnya dilepas pada tahun 2004.

Baca Juga: 6 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Bela Manchester United

4. Laurent Blanc 

6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester UnitedLaurent Blanc dan Alex Ferguson (talksport.com)

Pemain juara Piala Dunia 1998 bersama Prancis ini bergabung dengan Manchester United pada tahun 2001 saat usianya memasuki 35 tahun. Kala itu, Laurent Blanc didatangkan Alex Ferguson untuk mengisi pos di lini belakang sepeninggal Jaap Stam yang hijrah ke Lazio.

Di musim perdana, penampilan Blanc memang tidak cukup baik dan sering menerima kritikan dari fans dan media. Meski demikian, di musim kedua, ia mampu menyumbangkan gelar Premier League 2002/2003 sebelum resmi gantung sepatu dari lapangan hijau.

5. Louis Saha 

6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester UnitedLouis Saha (manutd.com)

Tampil cukup baik selama empat tahun bersama Fulham, Louis Saha resmi bergabung dengan Setan Merah pada tahun 2004. Saat itu, Alex Ferguson tertarik dengan penampilan penyerang Prancis ini kala ia membawa Fulham membantai MU 3-1 di Old Trafford.

Walau tidak selalu menjadi pilihan utama karena kalah bersaing dengan Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo, karier Saha di United terbilang sukses. Ia adalah anggota tim kala meraih gelar double winners, yakni Premier League dan Liga Champions Eropa musim 2007/2008.

6. Patrice Evra 

6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester UnitedPatrice Evra (twitter.com/premierleague)

Selain Mikael Silvestre, bek Prancis yang juga meraih kejayaan selama berseragam MU adalah Patrice Evra. Bermain di pos bek kiri, ia mampu menyumbangkan lima gelar Premier League, sekali Liga Champions Eropa, sekali FIFA Club World Cup, dan tiga kali Piala Liga Inggris.

Evra sendiri mendarat di Old Trafford pada tanggal 10 Januari 2006. Saat itu, Setan Merah mendatangkannya dari klub Prancis, AS Monaco. Bergabung hingga 2014, Evra memainkan 278 laga di pentas liga domestik, menyumbangkan tujuh gol dan 21 assists untuk MU.

 

Prancis memang merupakan salah satu negara di Eropa dengan segudang pemain berbakat. Tidak heran jika kemudian banyak klub yang tertarik mendatangkan talenta asal negara tersebut, tidak terkecuali Manchester United.

Baca Juga: 5 Bek Prancis yang Pernah Didatangkan Manchester United, Nama Besar!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya