8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier League

Ada yang bergelimang gelar, ada yang gagal total

Menyongsong musim 2022/2023, Liverpool cukup aktif di bursa transfer. Pada pertengahan Juni 2022, klub berjuluk The Reds itu meresmikan transfer Calvin Ramsay dari Aberdeen. Bek asal Skotlandia menjadi pembelian ketiga Si Merah setelah Fabio Carvalho dan Darwin Nunez.

Ramsay bukan pemain Skotlandia pertama yang merumput di Anfield. Saat liga masih bernama First Division, ada nama-nama seperti Kenny Dalglish dan Graeme Souness. Di era Premier League, Liverpool pun cukup getol mendatangkan pemain Skotlandia dan inilah mereka.

1. Don Hutchison 

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueDon Hutchison (skysports.com)

Nama Don Hutchison mungkin tidak terlalu populer. Namun, ia sempat menjadi bagian tim Liverpool pada awal dekade 1990-an. Gelandang yang juga pernah membela timnas Skotlandia itu bergabung dengan The Reds pada musim 1991/1992 dan bertahan hingga medio 1994.

Selama bermain di Anfield, karier Hutchison memang tidak terlalu oke. Ia hanya membuat 45 pertandingan di liga domestik dengan 7 gol. Sempat dipinjamkan ke Hartlepool United, Hutchison akhirnya dilepas ke West Ham United pada 1994 di bawah asuhan Harry Redknapp.

2. Dominic Matteo 

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueDominic Matteo (rte.ie)

Dominic Matteo merupakan produk akademi Liverpool dan melakukan debut di Premier League pada Oktober 1993. Pemain kelahiran Dumfries, Skotlandia ini bisa didapuk menjadi bek maupun gelandang bertahan. Karena itu, tidak heran jika ia cukup lama bermain untuk The Reds.

Setelah sekitar delapan musim mengabdi di Anfield, Matteo pindah ke Leeds United pada Agustus 2000. Seperti klub sebelumnya, Matteo juga bermain reguler untuk The Whites. Bahkan, ia sempat menjadi kapten tim menyusul kepergian Rio Ferdinand ke Manchester United.

3. Gary McAllister 

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueGary McAllister (twitter.com/lfc)

Gary McAllister mengawali karier profesional bersama klub kota kelahirannya, Motherwell. Kemudian, ia menjajal kompetisi Liga Inggris bersama Leicester City. Sempat membela Leeds United dan Coventry City, McAllister diboyong Liverpool pada Juli 2000 saat berusia 35 tahun.

Meski tidak lagi muda, Gary McAllister membuktikan usia hanyalah angka. Ia memberikan segalaya selama dua tahun mengabdi di Stadion Anfield. Hasilnya, Liverpool dibawanya juara FA Cup, League Cup, Charity Shield, UEFA Cup, dan UEFA Super Cup pada tahun 2001.

Baca Juga: 5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Champions

4. Danny Wilson 

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueDanny Wilson (mlssoccer.com)

Danny Wilson adalah produk akademi Glasgow Rangers dan akhirnya bermain untuk tim senior pada tahun 2009. Walau masih berusia muda, ia sudah langsung membawa Rangers menjuarai Scottish Premier League 2009/2010 dan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik.

Tertarik dengan bakatnya, Liverpool datang memboyong Wilson ke Stadion Anfield pada Juli 2010. Sayangnya, kenyataan tidak sesuai harapan. Ia praktis gagal total di Inggris. Setelah dipinjamkan ke sejumlah klub, Wilson pindah ke Heart of Midlothian pada Januari 2013.

5. Charlie Adam 

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueCharlie Adam (bleacherreport.com)

Charlie Adam merupakan pesepak bola kelahiran Skotlandia yang mengawali karier di Inggris dengan Blackpool. Berposisi sebagai gelandang tengah, ia menjadi metronom permainan The Seasiders, memainkan 78 pertandingan dan mencetak 28 gol di kompetisi domestik.

Pada Januari 2011, Liverpool melayangkan tawaran, tetapi ditolak. The Reds tidak patah arang dan akhirnya berhasil merekrut Adam pada Juli 2011 ketika Blackpool terdegradasi. Walau cuma semusim di Anfield, ia sukses mengantarkan Liverpool memenangi Football League Cup.

6. Andrew Robertson 

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueAndrew Robertson (liverpoolfc.com)

Andrew Henry Robertson mengawali karier di Inggris bersama Hull City setelah sebelumnya memperkuat Dundee United. Bermain sebagai bek kiri, ia mampu tampil reguler bersama The Tigers. Liverpool kepincut dan akhirnya memboyongnya ke Stadion Anfield pada Juli 2017.

Keputusan Robertson menerima pinangan The Reds terbukti tepat. Sejauh ini, pemain timnas Skotlandia tersebut sudah pernah menjuarai kompetisi Premier League, FA Cup, EFL Cup, UEFA Champions League, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup bersama Liverpool.

7. Tony Gallacher 

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueTony Gallacher (liverpoolfc.com)

Kalau kamu masih asing dengan nama Tony Gallacher, itu wajar. Pasalnya, pemain ini memang tidak terlalu bersinar di Liga Inggris. Didatangkan Liverpool pada Januari 2018 dari Falkirk, bek kelahiran Glasgow itu gagal bersaing dan sempat dipinjamkan ke Toronto FC di MLS.

Setelah menjadi milik The Reds selama kurang lebih dua tahun, Gallacher akhirnya dilepas ke St. Johnstone pada Januari 2022. Dengan usia yang masih belia, Gallacher diharapkan bisa bersinar di klub barunya dan akhirnya dipanggil memperkuat timnas senior Skotlandia.

8. Calvin Ramsay

8 Pemain Skotlandia yang Pernah Bela Liverpool di Era Premier LeagueCalvin Ramsay (liverpoolfc.com)

Calvin Ramsay adalah pemain 18 tahun yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2022 dari Aberdeen dan akan memakai jersey bernomor 22. Anggota timnas Skotlandia U21 tersebut tidak hanya bisa beroperasi sebagai bek kanan, tetapi juga di lini tengah.

Meski masih berusia belia, Ramsay telah menjadi andalan Aberdeen. Pada musim 2021/2022 kemarin, ia dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Skotlandia pilihan Scottish Football Writers’ Association’s dan PFA Scotland (Asosiasi Pesepak Bola Profesional Skotlandia).

 

Dengan kedekatan geografis, memang banyak pemain asal Skotlandia yang memutuskan menjajal kerasnya kompetisi Premier League. Jadi, siapa lagi bintang Skotlandia yang nantinya mungkin akan direkrut Liverpool?

Baca Juga: 5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier League

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya