5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier League

Sebagian besar meraih gelar juara bersama Manchester United

Skotlandia adalah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya bersama dengan Inggris. Karena itu, Skotlandia memiliki kultur yang sangat dekat dengan Inggris, termasuk dalam bidang olahraga sepak bola. Sejak dulu, banyak pemain sepak bola asal Skotlandia yang berkarier di Liga Inggris.

Tak sekadar berkarier, ada sejumlah pemain Skotlandia yang sukses meraih trofi juara Liga Inggris. Inilah lima nama di antaranya yang berhasil melakukannya pada era Premier League.

1. Darren Fletcher (5 kali)

5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier Leaguepotret Darren Fletcher berseragam Manchester United (skysports.com)

Pemain Skotlandia tersukses yang pernah bermain di English Premier League adalah Darren Fletcher. Fletcher adalah mantan gelandang Manchester United yang saat ini menjabat sebagai direktur teknik Setan Merah. Semasa bermain, Flecther membela United selama 12 musim dari 2003 hingga 2015.

Fletcher sukses merasakan gelar juara Premier League sebanyak lima kali bersama United. Selain itu, ia juga pernah meraih 8 trofi lain, termasuk 1 Liga Champions. Bersama Timnas Skotlandia pun Fletcher adalah salah satu pemain yang paling diandalkan, karena ia punya catatan caps terbanyak ketiga yaitu 80 caps.

2. Brian McClair (4 kali)

5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier Leaguepotret Brian McClair berseragam Manchester United (premierleague.com)

Brian McClair juga adalah mantan pemain asal Skotlandia yang pernah meraih banyak sukses bersama Manchester United. McClair berseragam Setan Merah sejak 1987 hingga 1998. Pemain yang bisa berposisi gelandang maupun striker ini membawa United juara Premier League empat kali, termasuk pada musim perdana yaitu 1992/1993.

Kontribusi McClair bagi kesuksesan United pun cukup besar. Ia mencatat 471 penampilan di semua ajang dan menyumbangkan 127 gol. McClair bahkan pernah dua kali dinobatkan sebagai pemain terbaik United, yaitu pada 1987/1988 dan 1991/1992.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Maroko yang Merumput di Serie A 2021/2022

3. Darren Ferguson (1 kali)

5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier Leaguepotret Darren Ferguson berseragam Manchester United (planetfootball.com)

Berbicara tentang Premier League dan Skotlandia tentu tak lepas dari nama Sir Alex Ferguson. Ferguson adalah pelatih legendaris Manchester United yang merupakan pelatih tersukses di Premier League dengan raihan 13 trofi. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Sir Alex memiliki seorang putra yang pernah bermain untuk Manchester United.

Ia adalah Darren Ferguson, gelandang yang membela United pada 1990 hingga 1994. Karier Darren di United memang tak berjalan mulus. Ia minim kesempatan bermain sehingga hanya tampil 27 kali selama bermukim di Old Trafford. Meski demikian, ia tetap berhak berbangga karena pernah turut menjuarai Premier League.

Tepatnya, Darren Ferguson meraih trofi Premier League pada musim 1992/1993. Saat itu ia turut andil karena bermain 15 kali di liga meski tanpa sumbangan gol maupun assist. Selepas membela United, Darren hanya pernah membela klub-klub semenjana Inggris hingga pensiun pada 2008.

4. Colin Hendry (1 kali)

5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier Leaguepotret Colin Hendry berseragam Blackburn Rovers (premierleague.com)

Manchester United bukan satu-satunya klub di mana pemain asal Skotlandia pernah menjuarai Premier League. Colin Hendry berhasil melakukannya bersama Blackburn Rovers pada musim 1994/1995. Hendry adalah mantan bek yang cukup lama membela Blackburn, tepatnya selama total 9 musim.

Hendry punya andil besar membawa Blackburn juara pada 1994/1995. Ia tampil 37 kali di Premier League pada musim tersebut dan turut menyumbang 4 gol. Selain meraih gelar juara, Hendry juga sempat mengantarkan Blackburn finis sebagai runner-up Premier League pada musim 1993/1994.

5. Andrew Robertson (1 kali)

5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier Leaguepotret Andrew Robertson (liverpoolfc.com)

Inilah pemain Skotlandia teranyar yang pernah meraih trofi English Premier League. Andrew Robertson adalah salah satu pemain kunci Liverpool kala memenangi Premier League 2019/2020. Pemain berposisi bek kiri ini bermain 36 kali di liga pada musim tersebut dan menyumbangkan 2 gol serta 12 assist.

Tak hanya Premier League, Robertson juga berkontribusi mengantarkan Liverpool meraih 4 trofi lain, termasuk 1 Liga Champions. Pada musim 2021/2022 ini, Robertson berpeluang meraih trofi Premier League keduanya karena Liverpool masih sangat mungkin menjadi juara.


Dari kelima pemain di atas, hanya Andrew Robertson yang masih berpeluang menambah koleksi trofi Premier League karena masih aktif bermain. Mampukah ia melakukannya?

Baca Juga: 5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Champions

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya