Comscore Tracker

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa Libertadores

Pencapaian yang langka!

Liga Champions Eropa sering dikatakan sebagai kompetisi paling prestisius di Benua Biru karena mempertemukan tim-tim terbaik Eropa. Sementara itu, Copa Libertadores adalah kompetisi yang mempertemukan klub-klub terbaik di kawasan Amerika Selatan.

Tidak heran, jika menjuarai salah satu kompetisi tersebut merupakan kebanggaan tersendiri. Namun, memang sulit meraihnya. Meski demikian, ternyata ada sederet pemain yang tidak hanya berhasil merengkuh Liga Champions, tetapi juga sukses meraih Copa Libertadores. Siapa saja?

1. Cafu

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresCafu (twitter.com/championsleague)

Pemenang Piala Dunia 1994 dan 2002 bersama Brazil ini dua kali meraih Copa Libertadores bersama Sao Paulo, yakni pada tahun 1992 dan 1993. Sementara, titel Liga Champions Eropa didapatkan Cafu pada musim 2006/2007 ketika berseragam AC Milan.

2. Jose Pablo Sorin

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresJose Pablo Sorin (twitter.com/ftblsm)

Tidak banyak yang tahu, Jose Pablo Sorin adalah skuad Juventus saat merebut Liga Champions Eropa musim 1995/1996. Cuma bertahan setahun, ia kembali ke Argentina untuk membela River Plate. Di klub tersebut, Sorin langsung menjuarai Copa Libertadores tahun 1996.

3. Dida

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresDida (twitter.com/championsleague)

Salah satu kiper kenamaan Brazil, Dida merajai Copa Libertadores tahun 1997 ketika membela Cruzeiro. Namanya semakin gemilang ketika dipinang AC Milan. Ia bahkan dua kali merebut titel Liga Champions Eropa, yakni musim 2002/2003 dan 2006/2007.

4. Walter Samuel

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresWalter Samuel (inter.it)

Bek asal Argentina ini adalah bagian dari skuad Inter Milan kala meraih treble winners musim 2009/2010, salah satunya merebut trofi Liga Champions Eropa. Sebelumnya, bersama Boca Juniors, Samuel sempat mencicipi gelar Copa Libertadores edisi 2000.

5. Roque Junior

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresRoque Junior (calciopedia.com.br)

Bek tengah asal Brazil ini tampil sebagai pemain pengganti kala AC Milan mengalahkan Juventus di final Liga Champions Eropa musim 2002/2003. Sebelumnya, Roque Junior ternyata pernah mengecup trofi Copa Libertadores edisi 1999 saat berseragam Palmeiras.

Baca Juga: 9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang Sama

6. Carlos Tevez

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresCarlos Tevez (manchestereveningnews.co.uk)

Striker asal Argentina ini membawa Boca Juniors menjuarai Copa Libertadores tahun 2003. Mengembara ke Eropa, ia sukses mengantarkan Manchester United merebut titel Liga Champions Eropa musim 2007/2008, yang disandingkan dengan gelar Premier League.

7. Neymar

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresNeymar (twitter.com/fcbarcelona)

Neymar da Silva Santos Junior, demikian nama lengkapnya, membawa Barcelona merebut trofi Liga Champions Eropa musim 2014/2015 setelah menggulung Juventus di partai final. Sebelumnya, ia mengantarkan Santos menjuarai Copa Libertadores edisi 2011.

8. Danilo

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresDanilo (goal.com)

Seperti Neymar, Danilo juga anggota skuad Santos ketika meraih Copa Libertadores edisi 2011. Jika Neymar pindah ke Barcelona, maka ia memilih Real Madrid. Di klub ini, Danilo memenangkan Liga Champions Eropa dua musim beruntun, yakni 2015/2016 dan 2016/2017.

9. Ronaldinho

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresRonaldinho (goal.com)

Ronaldinho terlebih dahulu mencicipi gelar Liga Champions Eropa. Ia merengkuh trofi Si Kuping Besar musim 2005/2006 dengan seragam Barcelona. Pulang kampung ke Brazil, Ronaldinho mengantarkan Atletico Mineiro menjadi kampiun Copa Libertadores tahun 2013.

10. Rafinha

10 Pemain Ini Sukses Juara Liga Champions Eropa dan Copa LibertadoresRafinha (colunadofla.com)

Ada banyak pemain Brazil bernama Rafinha. Namun, yang sukses mengawinkan trofi Liga Champions Eropa dan Copa Libertadores adalah Marcio Rafael Ferreira de Souza. Ia juara Liga Champions 2012/2013 bersama Bayern Munich dan Copa Libertadores 2019 bersama Flamengo.

 

Karena merupakan kompetisi di dua benua yang berbeda, dan mempertemukan tim-tim terbaik, memang agak susah jika harus merebut titel Liga Champions Eropa dan Copa Libertadores. Namun, pemain-pemain di atas membuktikan mereka memang spesial.

Baca Juga: 5 Pemain Brazil yang Raih Piala Dunia, Copa America dan Liga Champions

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya