Comscore Tracker

Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 Laga

Cuma satu kata untuk mereka: top!

Apa rasanya mencetak tidak hanya tiga gol, tetapi empat gol dalam satu pertandingan? Pastinya menjadi suatu hal yang spesial bagi seorang pemain. Pasalnya, membuat sebiji gol saja tidak selalu mudah, apalagi mampu mencatatkan quattrick ke gawang lawan.

Nah, di Timnas Indonesia, ada sejumlah pesepak bola yang pernah menggelontorkan 4 gol sekaligus ke gawang musuh dalam 1 partai. Lalu, siapa saja pemain tersebut dan negara mana saja yang harus rela dibobol sebanyak itu?

1. Alberto Goncalves

Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 LagaAlberto Goncalves (instagram.com/betogoncalves9)

Resmi mendapatkan kewarganegaraan Indonesia pada tahun 2018, Alberto Goncalves langsung menggila bersama Timnas Garuda. Cuma butuh 1 tahun, penyerang kelahiran Brazil tersebut membuat 10 gol hanya dalam 12 pertandingan bersama Timnas Indonesia.

Nah, salah satu momen terbaik Beto, sapaan akrabnya, adalah saat laga uji coba Indonesia melawan Vanuatu pada Juni 2019. Saat itu, mantan striker Persipura dan Arema ini mampu menggelontorkan empat gol ke gawang lawan. Indonesia sendiri berhasil menang telak 6-0.

2. Budi Sudarsono

Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 LagaBudi Sudarsono (instagram.com/budipython13)

Si Ular Piton, demikian julukan yang disematkan pada Budi Sudarsono saat masih aktif bermain. Pergerakan juara Liga Indonesia bersama Persik Kediri tersebut memang sangat liat bagaikan ular. Tidak hanya itu, Budi juga punya finishing yang sangat mematikan.

Nah, salah satu negara yang pernah merasakan kedahsyatan penyerang kelahiran Kediri itu adalah Kamboja. Dalam gelaran Piala Kemerdekaan pada tahun 2008 lalu, dirinya mampu membuat 4 gol dan mengantarkan Timnas Merah Putih menang dengan skor telak 7-0.

Baca Juga: Gantikan Budi Sudarsono, Joko Susilo Kembali Tukangi Persik Kediri

3. Zaenal Arief

Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 LagaZaenal Arief (instagram.com/zaenalarief96)

Rekan sehati Ilham Jaya Kesuma ketika sama-sama membela Persita Tangerang ini juga pernah membuat empat gol untuk Timnas Indonesia. Zaenal Arief mencatatkan quattrick saat Indonesia melibas Filipina dalam babak penyisihan grup ajang Piala Tiger 2002 silam.

Sayangnya, secara keseluruhan, karier penyerang kelahiran Garut tersebut di Tmnas Merah Putih tidak terlalu bersinar. Zaenal Arief cuma mencatatkan 23 penampilan bersama Indonesia selama kurun waktu 2002 hingga 2007 dan menyumbangkan total 12 gol.

4. Bambang Pamungkas

Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 LagaBambang Pamungkas (instagram.com/bepe20)

Masih dalam partai melawan Filipina di ajang Piala Tiger 2002, selain Zaenal Arief, nama lain yang juga sukses menggelontorkan empat gol adalah Bambang Pamungkas. Sumbangan keduanya mampu membuat Indonesia menang telak dengan skor besar, 13-1.

Nama Bambang Pamungkas di kancah sepak bola dalam negeri memang sudah sangat top. Berseragam Timnas Indonesia sejak 1999 hingga 2012, Bepe, demikian sapaan akrabnya, mencatatkan 87 penampilan atau rekor terbanyak dibandingkan dengan pemain lainnya.

5. Soetjipto Soentoro

Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 LagaSoetjipto Soentoro (instagram.com/buledepok1928)

Dari semua nama yang telah disebutkan, Soetjipto Soentoro mungkin dapat dikatakan yang terhebat. Pasalnya, tidak cuma membuat empat gol dalam satu laga, tetapi double quattrick alias delapan gol! Momen itu terjadi ketika Indonesia bersua Singapura di Piala Merdeka 1969 silam.

Di eranya, Soetjipto Soentoro memang termasuk penyerang yang sangat subur. Ia mampu melesakkan total 57 gol hanya dalam 68 pertandingan bersama Timnas Garuda. Hingga detik ini, raihan tersebut masih menjadikannya sebagai top skor sepanjang masa Timnas Indonesia.

 

Membela timnas negara tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain. Apalagi, mereka mampu membuat banyak gol sekaligus memberikan kemenangan untuk kesebelasan tercinta.

Baca Juga: Shin Tae Yong Dapat 3 Asisten Baru di Timnas Indonesia

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya