Comscore Tracker

Shin Tae Yong Dapat 3 Asisten Baru di Timnas Indonesia

Tiga asisten pelatih Timnas sebelumnya sudah mundur

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), menyetujui tiga asisten pelatih yang diusulkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Mereka adalah Kim Bong Soo, Shin Sang Gyu, dan Dzenan Radoncic.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengatakan proses persetujuan ini sesuai dengan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang dipimpin Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada Senin (6/9).

"Melalui rapat Komite Eksekutif, PSSI menyetujui permintaan Shin Tae Yong terkait asisten pelatih. Mereka punya kualitas yang bagus dan berharap dapat membantunya dengan baik," kata Yunus dalam rilis PSSI.

Baca Juga: Diabaikan Indonesia, Justin Hubner Dipanggil Timnas U-19 Belanda

1. Harapkan transfer ilmu

Shin Tae Yong Dapat 3 Asisten Baru di Timnas IndonesiaPlt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam sebuah pertemuan. (Dok. PSSI)

Dengan demikian, ketiga asisten Shin bakal menggantikan posisi  Kim Hae Woon (pelatih kiper), Lee Jae Hong (pelatih fisik), dan Kim Won Jae (pelatih teknik) yang bakal menangani skuad Garuda. Mereka akan bergabung dengan Nova Arinto dan Sahari Gultom, yang juga bertugas sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia.

"Selain itu, kami ingin tiga asisten pelatih ini dapat menjalankan transfer ilmu kepada yang lokal dan pemain demi raihan prestasi timnas Indonesia nantinya. PSSI akan bergerak cepat untuk mendatangkan tiga asisten pelatih ini ke Indonesia agar segera bisa melatih dan melakukan proses tanda tangan kontrak," ujar Yunus.

2. Tiga asisten Shin asal Korea Selatan memilih mundur

Shin Tae Yong Dapat 3 Asisten Baru di Timnas IndonesiaLee Jae Hong sudah pimpin latihan fisik Timnas Indonesia. (pssi.org).

Pemilihan Kim, Sang, dan Dzenan, merupakan hasil diskusi Shin dengan PSSI usai kehilangan tiga asisten sebelumnya. Ketiganya direkomendasikan karena dianggap sepadan dengan asistennya sebelumnya.

Tiga asisten pelatih Timnas Indonesia, yakni Kim, Lee, dan Kim Woo, resmi mengundurkan diri karena alasan personal pada 10 Agustus 2021 lalu. Kepastian ini seusai mereka mengirimkan surat pengunduran diri kepada PSSI beberapa hari sebelum pengumuman resminya.

Ketiga nama itu menyusul Gong Oh Kyun yang sudah mundur terlebih dahulu pada akhir 2020. Sama seperti ketiganya, Gong memutuskan mundur karena alasan pribadi.

3. Menuju play-off kualifikasi Piala Asia 2023

Shin Tae Yong Dapat 3 Asisten Baru di Timnas IndonesiaPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dengan kembali lengkapnya tim pelatih, Shin Tae Yong diharapkan bisa menyiapkan Timnas Indonesia dengan baik. Terlebih, dia dan asistennya harus langsung menangani Timnas Indonesia di beberapa ajang.

Paling dekat, Timnas Indonesia bakal menjalani pertandingan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada Oktober 2021 mendatang. Bila menang, Skuad Garuda akan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Kriteria Shin Tae Yong Pilih Pemain untuk Piala Dunia U-20

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya