9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 

Bakat mereka sudah terlihat sejak usia muda

Selain untuk level senior, UEFA juga rutin menyelenggarakan European Under-21 Championship atau Euro U-21. Seperti  namanya, ini adalah kompetisi untuk pemain timnas U-21 di Benua Biru.

Umumnya ajang ini menjadi ajang pembuktian bakat dari talenta-talenta muda untuk menunjukkan taji mereka di panggung dunia. Ada sejumlah talenta yang tidak cuma sukses membawa negaranya menjadi juara Euro U-21, tetapi juga terpilih sebagai pemain terbaik sehingga berhak atas penghargaan Golden Player. Seiring waktu berlalu, sederet pemain ini memang akhirnya terbukti menjelma menjadi seorang bintang sepak bola papan atas.

1. Laurent Blanc 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Laurent Blanc (twitter.com/FIFAWorldCup)

Fans Prancis pasti familiar dengan Laurent Blanc. Ia menjadi bagian tim Ayam Jantan saat menjuarai Piala Dunia 1998. Satu dekade sebelumnya, mantan pemain Manchester United ini mengantarkan Prancis juara Euro U-21 edisi 1988 sekaligus menjadi pemain terbaik.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21

2. Fabio Cannavaro 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Fabio Cannavaro (twitter.com/FIFAWorldCup)

Fabio Cannavaro dua kali membawa Italia U-21 meraih trofi Euro U-21, yakni pada 1994 dan 1996. Namun, edisi 1996 lebih spesial karena ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik. Satu dasawarsa kemudian, mantan bek Juventus ini menjadi kapten negaranya saat meraih trofi Piala Dunia 2006.

3. Andrea Pirlo 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Andrea Pirlo (twitter.com/EURO2024)

Andrea Pirlo menjadi bintang utama dalam gelaran Euro U-21 edisi 2000. Pasalnya, ia tidak cuma mengantarkan Italia U-21 meraih trofi. Mantan gelandang AC Milan dan Juventus ini juga meraih Golden Player sebagai pemain terbaik sekaligus top skor turnamen dengan koleksi tiga gol.

4. Petr Cech 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Petr Cech (twitter.com/EURO2024)

Peter Cech memang gagal memberikan trofi untuk negaranya di level senior. Namun, ia sempat membawa Ceko U-21 menangi turnamen Euro U-21 edisi 2002 yang saat itu digelar di Switzerland. Tidak cuma itu, mantan penjaga gawang Chelsea ini juga dinobatkan sebagai pemain terbaik.

5. Alberto Gilardino 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Alberto Gilardino (instagram.com/albertogilardino)

Albertino Gilardino mereplikasi capaian Andrea Pirlo. Ia mengantarkan Italia U-21 menjuarai Euro U-21 edisi 2004 sekaligus dinobatkan sebagai pemain terbaik dan top skor turnamen. Selang 2 tahun, mantan striker AC Milan ini juga menjadi bagian Timnas Italia merebut Piala Dunia 2006.

6. Klaas-Jan Huntelaar 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Klaas-Jan Huntelaar (uefa.com)

Tidak mau kalah dengan jagoan Italia, Klaas-Jan Huntelaar juga memborong penghargaan dalam gelaran Euro U-21 edisi 2006. Saat itu, ia menjadi pemain terbaik sekaligus top skor. Bekas penyerang Ajax dan Real Madrid ini juga membawa Timnas Belanda U-21 menjuarai turnamen.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kiprahnya Menarik Dinantikan di Euro U-21 2023

7. Juan Mata 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Juan Mata (twitter.com/ManUtd)

Setelah juara Piala Dunia 2010, Juan Mata dipanggil Spanyol U-21 untuk bertanding di Euro U-21 edisi 2011. Mantan gelandang Chelsea dan Manchester United ini sukses mengantarkan skuat muda La Furia Roja merebut trofi. Mata kala itu juga dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen.

8. Thiago Alcantara

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Thiago Alcantara (instagram.com/thiago6)

Setelah tahun 2011, tim muda Spanyol kembali juara Euro U-21 edisi 2013. Jika sebelumnya Juan Mata yang menjadi bintang, kali ini giliran Thiago Alcantara. Gelandang yang kini bermain untuk Liverpool tersebut merebut Golden Player dan berhasil menyarangkan tiga gol sepanjang turnamen.

9. Fabian Ruiz 

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 Fabian Ruiz (instagram.com/fabianruiz52)

Fabian Ruiz mencuri atensi pada gelaran Euro U-21 edisi 2019. Saat itu, ia mampu mengantarkan Spanyol U-21 memenangkan trofi sekaligus meraih Golden Player. Berkat aksinya, mantan gelandang Napoli ini akhirnya dipanggil ke timnas senior untuk mentas di Euro 2020 silam.

Selain pemain-pemain di atas, masih ada sejumlah nama yang juga sukses mengawinkan trofi sekaligus pemain terbaik Euro U-21. Mark Hateley melakukannya untuk Inggris pada tahun 1984. Disusul Manolo Sanchis untuk Spanyol dua tahun berselang. Ada pula pemain Italia, Renato Buso, pada edisi 1992 dan Royston Drenthe bersama Belanda pada tahun 2007.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal di Euro U-21 2023, Ada Tonali!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya