Comscore Tracker

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Valencia

Siapa yang terbaik?

Selain Real Madrid, Valencia merupakan salah satu rival utama Barcelona di pentas liga domestik. Mungkin karena alasan itu, klub yang bermarkas di Camp Nou itu beberapa kali menggembosi kekuatan Los Che dengan membajak pemain-pemain andalan mereka.

Memang, tidak sedikit talenta Valencia yang akhirnya membelot ke Blaugrana. Setali tiga uang, beberapa mantan pemain Azulgrana pun sempat merasakan berseragam klub Kelelawar. Nah, ini deretan pesepak bola top yang pernah membela kedua tim tersebut.

1. Andoni Zubizarreta

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaAndoni Zubizarreta (fcbarcelona.com)

Salah satu kiper tersukses yang pernah dimiliki Barcelona. Berseragam Blaugrana sejak 1986 hingga 1994, Andoni Zubizarreta memberikan empat trofi LaLiga, dua kali Copa del Rey, dan sekali European Cup (sekarang Liga Champions) untuk publik Camp Nou.

Setelah memainkan lebih dari 300 pertandingan, mantan penjaga gawang timnas Spanyol ini resmi pindah ke Valencia pada musim panas 1994. Walau gagal memberikan gelar, Zubizarreta masih mencatatkan 152 partai di liga untuk Los Che sebelum pensiun pada 1998.

2. Romario

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaRomario (fcbarcelona.fr)

Romario merupakan salah satu penyerang Brasil terbaik yang pernah membela Barcelona. Meski cuma dua musim bermain di Blaugrana, mulai1993 hingga 1995, ia mampu membuat 34 gol dalam 46 penampilan di liga dan sempat memberikan gelar LaLiga musim 1993/1994.

Selepas Barca, Romario kembali ke kampung halaman untuk membela Flamengo. Cuma semusim, ia balik lagi ke Spanyol, kali ini memperkuat Valencia. Sayangnya, ia terlibat perselisihan dengan pelatih Luis Aragones dan akhirnya harus rela dipinjamkan ke Flamengo.

3. Francisco Rufete

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaFrancisco Rufete (twitter.com/coachesvoice_es)

Francisco Rufete adalah produk akademi Barcelona dan pertama kali mentas ke tim senior pada tahun 1996. Sayangnya, karier pemain berpaspor Spanyol ini di Barca terhitung gagal. Ia pun dilepas ke Toledo setelah hanya memainkan satu pertandingan di liga domestik.

Sempat berseragam Mallorca dan Malaga, Rufete mendarat juga di Mestalla, kandang Valencia, pada tahun 2001. Di klub ini, ia akhirnya mampu tampil reguler. Valencia dibawanya dua kali menjuarai LaLiga, sekali UEFA Cup, dan sekali UEFA Super Cup.

4. Patrick Kluivert

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaPatrick Kluivert (twitter.com/championsleague)

Patrick Kluivert menjadi salah satu gerbong pemain Belanda di Barcelona pada akhir 1990-an. Membela Barca mulai 1998 hingga 2004, mantan penyerang Ajax Amsterdam ini mampu membuat 90 gol di liga. Namun, cuma gelar LaLiga musim 1998/1999 yang bisa ia raih.

Sempat berseragam Newcastle United, Kluivert balik kucing ke Spanyol untuk membela Valencia. Sayangnya, ia gagal menunjukkan performa terbaik karena dilanda cedera parah. Di akhir musim, manajemen klub Kelelawar memutuskan melepasnya ke PSV Eindhoven.

5. Gaizka Mendieta

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaGaizka Mendieta (twitter.com/classicshirts)

Gaizka Mendieta merupakan salah satu gelandang top yang pernah membela Valencia pada era 1990-an hingga awal 2000-an. Pemain kelahiran Bilbao ini memainkan 230 pertandingan di liga dan sempat menyumbangkan gelar Copa del Rey dan Supercopa de Espana untuk Los Che.

Menjadi pemain yang paling dicari pada awal milenium ketiga, Mendieta setuju pindah ke Lazio pada tahun 2001. Sayangnya, kariernya di Italia tidak cukup baik. Pada musim 2002/2003, klub meminjamkannya ke Barcelona, tetapi ia gagal memberikan trofi untuk Barca.

Baca Juga: Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'Or

6. Seydou Keita

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaSeydou Keita (twitter.com/barcaotd)

Dibeli pada musim panas 2008 dari Sevilla, Seydou Keita langsung menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah Barcelona. Pemain asal Mali ini turut andil memberikan tiga gelar LaLiga, dua Liga Champions Eropa, dan dua UEFA Super Cup untuk klub asal Catalan.

Setelah empat musim di Camp Nou, Keita memutuskan hengkang dan bergabung dengan klub asal Tiongkok, Dalian Aerbin FC. Cuma bertahan 18 bulan, ia kembali lagi ke Spanyol pada Januari 2014 untuk membela Valencia dengan kontrak berdurasi enam bulan.

7. David Villa

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaDavid Villa (twitter.com/optajose)

Didatangkan dari Real Zaragoza pada tahun 2005, David Villa langsung menjadi predator utama di lini depan Valencia. Penyerang Spanyol itu membuat 108 gol dalam 166 pertandingan di liga domestik dan sempat memberikan gelar Copa del Rey musim 2007/2008.

Sebelum memperkuat Spanyol di ajang Piala Dunia 2010, Villa resmi dipinang Barcelona. Bermain bersama Lionel Messi, ia langsung membawa klub Catalan tersebut menjuarai kompetisi LaLiga, Supercopa de Espana, dan UEFA Champions League di musim perdana.

8. Jordi Alba

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaJordi Alba (twitter.com/championsleague)

Sempat dipinjamkan ke Gimnastic, Jordi Alba akhirnya menjadi salah satu pemain penting di lini belakang Valencia. Selama tiga musim di klub tersebut, ia mencatatkan 74 penampilan di LaLiga dan membuat lima gol. Akhirnya, Barcelona kepincut dengan talenta pemain ini.

Bek berpaspor Spanyol itupun resmi menjadi milik Blaugrana per Juni 2012. Masih setia berseragam merah-biru, ia sejauh ini sudah lima kali menjuarai LaLiga, lima kali Copa del Rey, sekali Liga Champions Eropa, dan sekali FIFA Club World Cup bersama Azulgrana.

9. Paco Alcacer

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaPaco Alcacer (fcbarcelonanoticias.com)

Paco Alcacer pertama kali bermain untuk tim utama Valencia pada tahun 2010. Sempat dipinjamkan selama musim 2012/2013, penyerang berpaspor Spanyol ini bermain cukup lumayan untuk Los Che, mencetak 30 gol dalam 93 pertandingan di liga domestik.

Pada Agustus 2016, Barcelona resmi mendatangkan Alcacer dari Valencia. Sayangnya, ia gagal tampil baik. Sempat menjadi pemain pinjaman Borussia Dortmund, Alcacer resmi menjadi milik klub asal Jerman tersebut pada Februari 2019, tetapi hanya bertahan setahun.

10. Andre Gomes

10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan ValenciaAndre Gomes (barcablaugranes.com)

Andre Gomes pertama kali bergabung dengan Valencia pada musim 2014/2015 dengan status pinjaman dari Benfica. Tampil baik, membuat 33 penampilan dan empat gol di liga, Los Che akhirnya mempermanenkan status pemain asal Portugal ini pada Juni 2015.

Awalnya dikontrak lima tahun, Valencia ternyata setuju melepas Gomes ke Barcelona pada Juli 2016. Kala itu, Gomes adalah pembelian keempat Barca setelah Samuel Umtiti, Lucas Digne, dan Denis Suarez. Sayangnya, ia gagal berkembang dan dijual ke Everton tiga tahun kemudian.

 

Di era sepak bola modern, berganti klub memang bukan barang yang langka, termasuk hijrah ke tim rival. Alasannya selain menit bermain, tentu saja membidik peluang untuk mendapatkan trofi.

Baca Juga: 10 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Valencia, Banyak Nama Hebat!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya