6 Pemain yang Cetak Hattrick di Boxing Day Premier League

Jadi protagonis kemenangan tim

Meski muncul kritikan, English Premier League (EPL) tetap menggelar pertandingan sehari setelah Natal (Boxing Day). Laga sengaja digelar untuk menghibur masyarakat yang menikmati libur Natal dan tahun baru.

Dalam pertandingan Boxing Day tersebut, banyak catatan yang tercipta, termasuk pemain yang sukses membuat 3 gol alias hattrick dalam 1 laga. Lalu, siapa saja pemain yang cetak hattrick di Boxing Day Premier League?

1. Thierry Henry 

6 Pemain yang Cetak Hattrick di Boxing Day Premier LeagueThierry Henry (twitter.com/arsenal)

Thierry Henry menjadi bintang Arsenal saat membantai Leicester City 6-1 pada Boxing Day 26 Desember 2000 silam. Saat itu, ia membuat trigol dalam penampilan ke-50 bersama The Gunners. Tiga gol lainnya dicetak Patrick Vieira, Freddie Ljungberg, dan Tony Adams.

Sayangnya, pada musim tersebut, Henry dkk gagal meraih gelar juara Premier League. Mereka hanya kalah dua poin dari Manchester United. Sementara itu, pertandingan tersebut membuat The Foxes makin terpuruk karena mengalami kekalahan ke-13 dalam 18 pertandingan di kompetisi teratas.

2. Kevin Phillips 

6 Pemain yang Cetak Hattrick di Boxing Day Premier LeagueKevin Phillips (twitter.com/sunderlandafc)

Fans Premier League awal dekade 2000-an pasti familier dengan Kevin Phillips. Penyerang berpaspor Inggris tersebut sempat mencuri atensi publik karena sukses menjadi mesin gol mumpuni bagi Sunderland, klub yang sering dianggap medioker di pentas Liga Inggris.

Bukti ketajaman Phillips terlihat kala The Black Cats bertamu ke kandang Bradford City pada Boxing Day 26 Desember 2000. Saat itu, ia membuat tiga gol untuk mengantarkan kemenangan timnya 4-1 atas tuan rumah. Sebiji gol lainnya disumbangkan Niall Quinn.

Baca Juga: Mengenal Boxing Day di Liga Inggris, Sudah Tahu Sejarahnya Belum?

3. Robbie Fowler 

6 Pemain yang Cetak Hattrick di Boxing Day Premier LeagueRobbie Fowler (leedsunited.com)

Lama bermain untuk Liverpool, Robbie Fowler memutuskan hengkang ke Leeds United pada 2001. Ia pindah lantaran posisinya makin terpinggirkan duet Michael Owen-Emile Heskey. Selain itu, relasinya dengan pelatih Gerrard Houllier dikabarkan tidak harmonis.

Meski kariernya tidak secemerlang saat masih bermain di Anfield, Fowler sempat mencatatkan sejumlah penampilan cemerlang saat berseragam The Whites. Salah satunya ketika memborong tiga gol kemenangan timnya atas Bolton pada Boxing Day 2001.

4. Dimitar Berbatov 

6 Pemain yang Cetak Hattrick di Boxing Day Premier LeagueDimitar Berbatov (twitter.com/manutd_id)

Partai Boxing Day 26 Desember 2011 antara Manchester United dan Wigan Athletic menjadi panggung seorang Dimitar Berbatov. Penyerang berpaspor Bulgaria tersebut membuat hattrick ketika The Red Devils menggulung lawannya dengan skor telak 5-0.

MU unggul dahulu lewat lesakan Park Ji Sung. Kans mereka memenangi pertandingan terbuka saat lawannya kehilangan seorang pemain karena menerima kartu merah. Berbatov akhirnya membuat tiga gol sebelum akhirnya ditutup Antonio Valencia.

5. Gareth Bale 

6 Pemain yang Cetak Hattrick di Boxing Day Premier LeagueGareth Bale (twitter.com/garethbale11)

Tottenham Hotspur berhasil menghajar tuan rumah Aston Villa pada Boxing Day 2012 lalu. Saat itu, Gareth Bale menjadi aktor utama kemenangan The Lilywhites dengan torehan tiga gol. Itu sekaligus menjadi hattrick pertama Bale di Premier League.

Bale menjadi pemain asal Wales yang bisa membuat tiga gol di pentas Premier League setelah Mark Hughes, Gary Speed, Dean Saunders, dan Robert Earnshaw. Selepas laga, ia bahkan membawa pulang bola dari stadion untuk dijadikan hiasan pohon Natal di rumahnya.

6. Harry Kane 

6 Pemain yang Cetak Hattrick di Boxing Day Premier LeagueHarry Kane (twitter.com/premierleague)

Harry Kane menjadi protagonis Tottenham Hotspur saat membenamkan Southampton 5-2 pada Boxing Day 26 Desember 2017. Saat itu, striker Timnas Inggris tersebut membuat tiga gol ke gawang The Saints, ditambah lesakan dari Dele Alli dan Son Heung Min.

Trigol Kane juga menorehkan rekor baru di Premier League. Sepanjang tahun kalender 2017, ia total membuat 39 gol, melewati catatan yang pernah diraih Alan Shearer. Itu juga menjadi hattrick keenam Kane dalam setahun kalender atau terbanyak dibandingkan pemain lainnya.

Kebanyakan pemain yang membuat trigol pada Boxing Day memang berposisi sebagai seorang striker. Lantas, siapa yang akan menyusul? Erling Haaland, Gabriel Jesus, Mohamed Salah atau ada nama lainnya?

Baca Juga: Daftar Pencetak Hattrick di Piala Dunia dari Masa ke Masa, 1930-2022

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya