5 Pemain yang Diboyong MU dari Klub Degradasi, Jonny Evans Terbaru

Ada yang akhirnya juara Premier League

Sebagai salah satu tim raksasa Inggris, Manchester United memang kerap mendatangkan pemain bintang. Bahkan, banyak di antaranya yang dibeli dari sesama tim besar dengan harga mahal. Paul Pogba diboyong dari Juventus pada 2016 lalu, sedangkan Casemiro ditransfer dari Real Madrid pada 2022 lalu.

Tidak cuma pesepak bola terkenal, klub berjuluk Setan Merah itu juga sering mendaratkan pemain yang mungkin kurang populer. Beberapa di antaranya malah dipinang dari tim yang harus terdegradasi dari English Premier League (EPL). Siapa saja pemain yang diboyong MU dari klub degradasi itu?

1. Roy Keane

5 Pemain yang Diboyong MU dari Klub Degradasi, Jonny Evans TerbaruRoy Keane (twitter.com/ChampionsLeague)

Nottingham Forest merupakan klub pertama Roy Keane saat memulai karier di Liga Inggris. Ia bergabung dengan tim berjuluk The Garibaldi tersebut pada 1990 silam. Sayangnya, pada 1992/1993, Forest harus terdegradasi dari Premier League setelah menjadi juru kunci klasemen.

Meskipun klubnya turun kasta, permainan Keane menarik banyak tim. Manchester United akhirnya memboyongnya pada 1993. Setelah itu, siapa pun tahu sepak terjangnya di Old Trafford. Ia ditunjuk sebagai kapten selepas kepergian Eric Cantona dan mengantarkan Setan Merah merebut treble winners 1998/1999 yang bersejarah.

2. Tomasz Kuszczak

5 Pemain yang Diboyong MU dari Klub Degradasi, Jonny Evans TerbaruTomasz Kuszczak (twitter.com/ManUtd_ID)

Penampilan Tomasz Kuszczak bersama West Bromwich Albion pada 2005/2006 sebenarnya cukup apik. Sayangnya, ia gagal menyelamatkan klub berjuluk The Baggies itu dari jurang degradasi. Saat itu, tim yang bermarkas di The Hawthorns tersebut cuma menempati peringkat ke-19 klasemen.

Kuszczak urung bermain Championship lantaran Manchester United datang meminangnya pada Juli 2006. Di Old Trafford, kiper asal Polandia itu memang bukan pilihan utama karena masih ada sosok Edwin van der Sar saat itu. Meski begitu, ia sempat 3 kali merasakan titel juara Premier League dan 1 kali merasakan titel juara UEFA Champions League (UCL).

Baca Juga: 4 Klub EPL Siap Tampung Harry Maguire dari Manchester United

3. Michael Owen

5 Pemain yang Diboyong MU dari Klub Degradasi, Jonny Evans TerbaruMichael Owen (twitter.com/ManUtd_Es)

Setelah tampil flop bersama Real Madrid, Michael Owen setuju pindah ke Newcastle United pada 2005. Sayangnya, penampilan mantan striker Liverpool ini tidak konsisten karena sering dilanda cedera. Bahkan, ia tidak sanggup menolong The Magpies dari jeratan degradasi pada 2008/2009.

Enggan memperpanjang kontrak dengan Newcastle United, Owen memutuskan menerima pinangan Manchester United pada Juli 2009. Dengan usia tidak lagi muda, ia memang bukan pilihan utama. Meski begitu, mantan striker Timnas Inggris ini akhirnya merasakan trofi Premier League bersama Setan Merah.

4. Lee Grant

5 Pemain yang Diboyong MU dari Klub Degradasi, Jonny Evans TerbaruLee Grant (twitter.com/ManUtd)

Lee Grant adalah kiper utama Stoke City pada 2016/2017. Saat itu, ia membawa The Potters finis di posisi ke-13 dan menjadi pemain terbaik klub. Musim berikutnya, Grant harus lengser ke bangku cadangan seiring kembalinya Jack Butland dari cedera. Namun, Stoke City ternyata harus turun ke Championship.

Pada Juli 2018, kiper asal Inggris itu setuju pindah ke Manchester United. Menjadi pelapis David De Gea, penampilannya bersama Setan Merah otomatis sangat minim. Sempat dua kali menandatangani perpanjangan kontrak pada Maret 2020 dan Juli 2021, Grant akhirnya resmi pensiun pada Mei 2022.

5. Jonny Evans

5 Pemain yang Diboyong MU dari Klub Degradasi, Jonny Evans TerbaruJonny Evans (twitter.com/LCFC)

Jonny Evans adalah nama terbaru yang direkrut Manchester United dari klub yang terdegradasi. Ia didatangkan dari Leicester City pada Juli 2023 dengan kontrak jangka pendek. The Foxes sendiri harus turun kasta dari Premier League bersama Leeds United dan Southampton.

Bek asal Irlandia Utara ini sebenarnya bukan nama baru untuk Manchester United. Ia adalah produk akademi Setan Merah, bahkan sempat mentas di tim senior pada 2006. Bermain di Old Trafford hingga 2016, Evans menjadi bagian tim saat menjuarai Premier League dan Champions League 2007/2008.

Dari nama-nama pemain tersebut, secara gelar dan menit bermain, Roy Keane bisa dibilang rekrutan tersukses Manchester United dari klub degradasi. Lantas, bagaimana dengan Jonny Evans? Apakah ia bisa mengulang keberhasilan seniornya saat kembali ke klub masa kecilnya?

Baca Juga: Kisah Andre Onana, Sarung Tangan dari Depok Sampai Manchester United

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya