4 Pemain yang Meraih FWA Footballer of the Year saat Debut di EPL

Erling Haaland terbaru

FWA Footballer of the Year berusia lebih tua dari dua anugerah bergengsi lainnya, Premier League Player of the Season dan PFA Players' Player of the Year. Anugerah ini telah diberikan sejak 1948 silam. Stanley Matthews dari Blackpool menjadi pemain pertama yang memenanginya saat itu.

Sudah ada sejumlah pemain top yang menerima penghargaan bergengsi ini. Alan Shearer meraihnya pada 1994, sedangkan Cristiano Ronaldo menang 2 tahun secara beruntun pada 2007—2008. Ada pula yang menerima anugerah tersebut pada musim debutnya di English Premier League (EPL).

Siapa saja pemain yang meraih FWA Footballer of the Year saat debut di EPL? Inilah jawabannya!

1. Juergen Klinsmann

4 Pemain yang Meraih FWA Footballer of the Year saat Debut di EPLJurgen Klinsmann (twitter.com/SpursOfficial)

Juergen Klinsmann didatangkan Tottenham Hotspur pada awal musim 1994/1995, yang sekaligus menjadi debutnya di Premier League. Ia tampil bagus dengan membuat 20 gol dalam 40 laga untuk The Lilywhites. Berkat penampilan impresifnya, Klinsmann memenangi FWA Footballer of the Year dan Pemain Terbaik Totenham Hotspur.

Cuma setahun di London, ia menerima pinangan Bayern Munich. Bertahan 2 musim di klub Jerman, Klinsmann melanjutkan karier bersama Sampdoria. Namun, ia segera dipinjamkan ke Tottenham. Pada periode keduanya ini, Klinsmann membantu tim London Utara terlepas dari ancaman degradasi. Itu membuatnya menjadi salah satu legenda klub.

2. Gianfranco Zola

4 Pemain yang Meraih FWA Footballer of the Year saat Debut di EPLGianfranco Zola (twitter.com/ChelseaFC)

Musim perdana Gianfranco Zola di Premier League berlangsung manis. Didatangkan Chelsea pada November 1996, mantan pemain Napoli dan Parma tersebut langsung membawa The Blues menjuarai FA Cup. Ia juga tampil oke di liga sehingga membuatnya diganjar penghargaan FWA Footballer of the Year 1997.

Zola dapat disebut sebagai salah satu pemain terbaik Italia yang pernah berkarier di Inggris. Bergabung dengan Chelsea selama 7 musim, ia 2 kali memenangi FA Cup dan1 kali League Cup. Trofi lainnya adalah UEFA Cup Winners' Cup 1997/1998, disusul UEFA Super Cup 1998.

Baca Juga: 5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben Dias

3. Ruben Dias

4 Pemain yang Meraih FWA Footballer of the Year saat Debut di EPLRuben Dias (twitter.com/rubendias)

Ruben Dias mendarat di Manchester City pada September 2020. Bek asal Portugal tersebut langsung menyegel satu tempat di lini belakang The Cityzens. Ia tampil dalam 32 partai liga sepanjang musim tersebut dan membawa tim meraih titel juara Premier League. Itu belum ditambah trofi EFL Cup atau League Cup.

Hasilnya, Dias dinobatkan sebagai yang terbaik oleh FWA. Mantan pemain Benfica tersebut juga menjadi Pemain Terbaik Manchester City 2020/2021 dan masuk PFA Premier League Team of the Year pada musim yang sama. Sayangnya, Dias gagal membawa klubnya juara Liga Champions Eropa.

4. Erling Haaland

4 Pemain yang Meraih FWA Footballer of the Year saat Debut di EPLErling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland adalah pemenang FWA Footballer of the Year 2022/2023, musim yang sekaligus menjadi debutnya di Premier League. Penyerang Norwegia tersebut mengumpulkan total 82 persen suara. Ia unggul jauh atas duo Arsenal, Bukayo Saka dan Martin Odegaard, yang menguntit di posisi kedua dan ketiga.

Haaland langsung nyetel dengan atmosfer kasta tertinggi Liga Inggris pada musim perdana. Ia mampu membuat 36 gol dalam 33 laga sejauh ini. Perolehannya memecahkan rekor gol terbanyak dalam semusim. Haaland juga menorehkan lebih dari 50 gol dalam semua kompetisi yang dimainkan Manchester City.

Dalam banyak kasus, pemain yang memperoleh FWA Footballer of the Year berpeluang meraih yang terbaik di ajang sejenis pada musim yang sama. Wayne Rooney, misalnya, memborong gelar pemain terbaik FWA, PFA, dan Premier League 2009/2010. Sementara itu, Mohamed Salah melakukannya pada 2017/2018.

Baca Juga: 6 Hat-trick Erling Haaland pada Musim 2022/2023, Mesin Gol!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya