Comscore Tracker

6 Pencetak Gol Terbanyak untuk MU di Derbi Manchester

Ada Rooney, Cristiano Ronaldo tidak termasuk!

Seperti duel dua tim sekota lainnya, pertemuan Manchester United kontra Manchester City memang selalu panas. Apalagi, The Citizens bertransformasi menjadi klub kaya baru yang membuatnya bisa membeli banyak pemain top sekaligus menjadi penantang utama MU.

Dalam sejarah derbi Manchester, sudah banyak gol yang berhasil dicetak, baik oleh penggawa MU maupun City. Lalu, siapa saja pemain The Red Devils yang membuat banyak angka untuk klubya ketika pertandingan melawan tim Manchester Biru?

1. Wayne Rooney 

6 Pencetak Gol Terbanyak untuk MU di Derbi ManchesterWayne Rooney (twitter.com/manutd)

Wayne Rooney masih menjadi top skor Manchester United dalam laga kontra Manchester City di semua ajang. Mantan pemain timnas Inggris tersebut menorehkan total sebelas gol sepanjang pertemuan klubnya dengan The Citizens, sekaligus terbanyak dalam duel tim sekota ini.

Dari semua gol yang dicetak Rooney, satu yang paling berkesan adalah sepakan saltonya di Old Traffod pada musim 2011/2012. Saat itu, ia mengonversi umpan lambung Nani lewat tendangan akrobatik yang membuat Joe Hart terdiam melihat bola bersarang di gawangnya.

2. Bobby Charlton 

6 Pencetak Gol Terbanyak untuk MU di Derbi ManchesterBobby Charlton (twitter.com/manutd)

Sebelum dipecahkan Wayne Rooney, Bobby Charlton adalah pencetak gol terbanyak untuk Manchester United dengan 249 gol dalam 758 penampilan. Nah, sembilan gol di antaranya dihasilkan pemenang Piala Dunia 1966 bersama Inggris itu saat klubnya bersua Manchester City.

Di eranya, Charlton adalah pemain top yang pernah berseragam Setan Merah. Ia 3 kali memenangkan First Division (sekarang English Premier League) dan 2 kali FA Cup. Charlton juga membawa MU juara European Cup (sekarang UEFA Champions League) musim 1967/1968.

3. Eric Cantona 

6 Pencetak Gol Terbanyak untuk MU di Derbi ManchesterEric Cantona (twitter.com/premierleague)

Siapa yang tidak mengenal Eric Cantona? Datang ke Old Trafford pada tahun 1992, pemain asal Prancis ini menjadi sosok yang paling berpengaruh dalam kejayaan MU di pentas Premier League era 1990-an. Tidak heran suporter Setan Merah menjulukinya sebagai The King.

Bisa bermain sebagai gelandang serang dan striker, Cantona membuat cukup banyak angka untuk The Red Devils. Dari sekian gol yang dicetaknya, delapan angka ia ceploskan ke gawang Manchester City dengan tujuh di antaranya dihasilkan di pentas Premier League.

Baca Juga: Bak Eric Cantona, Saktiawan Sinaga Tendang Penonton di Liga 3 Sumut

4. Joe Spence 

6 Pencetak Gol Terbanyak untuk MU di Derbi ManchesterJoe Spence (m.facebook.com/manutd.world)

Mungkin tidak banyak yang familiar dengan Joe Spence. Pemain asal Inggris ini seperti legenda Manchester United yang terlupakan. Ia tidak hanya masuk daftar pemain dengan penampilan terbanyak, tetapi juga pencetak angka terbanyak untuk The Red Devils dengan 168 gol.

Mengutip dari akun Facebook resmi MU, dari 168 gol yang dihasilkan Spence, 8 gol di antaranya ia lesakkan ke gawang rival sekota, Manchester City. Sayangnya, secara prestasi tim, Spence memang tidak bisa memberikan gelimang gelar untuk Manchester Merah.

5. Paul Scholes 

6 Pencetak Gol Terbanyak untuk MU di Derbi ManchesterPaul Scholes (twitter.com/manutd_id)

Salah satu anggota The Class of '92, Paul Scholes termasuk subur untuk seorang gelandang. Selama merumput di Manchester United, mantan pemain Inggris ini membuat lebih dari 150 gol dalam lebih dari 700 laga untuk Setan Merah dalam kurun waktu 1993 hingga 2013.

Dari ratusan gol tersebut, tujuh angka berhasil dihasilkan Scholes saat klubnya berjumpa dengan Manchester City di berbagai ajang. Satu yang berkesan saat ia mencetak gol kemenangan di masa injury time kala MU bertandang ke markas City pada 17 April 2010 silam.

6. Dennis Viollet 

6 Pencetak Gol Terbanyak untuk MU di Derbi ManchesterDennis Viollet (manutd.com)

Seperti Joe Spence, mungkin fans Manchester United kekinian masih asing dengan Dennis Viollet. Ia adalah pemain MU di era 1950-an hingga awal 1960-an. Saat itu, Viollet sempat menjadi salah satu penyerang tajam MU dengan membuat 32 gol pada kompetisi musim 1959/1960.

Berdasarkan situs resmi MU, Viollet total membuat 179 gol dalam 293 pertandingan untuk Setan Merah di semua ajang. Dari 179 gol tersebut, tujuh gol berhasil ia gelontorkan ke gawang Manchester City yang membuatnya bersanding dengan Paul Scholes di daftar ini.

 

Jika MU mengirimkan Rooney menjadi top skor sepanjang masa dalam derbi Manchester, City punya dua nama di daftar teratas, yakni Joe Hayes dan Francis Lee. Keduanya sama-sama menciptakan sepuluh gol dalam pertandingan timnya kontra Setan Merah.

Baca Juga: Harry Maguire Potensi Absen di Derbi Manchester, Berpengaruh?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya