5 Penyerang yang Pernah Meraih Alan Hardaker Trophy di EFL Cup

Jadi pemain terbaik laga final 

EFL Cup (sebelumnya Football League Cup atau Carabao Cup) memang bukan turnamen mayor di persepakbolaan Inggris. Meski demikian, ajang tersebut dapat menjadi arena bagi banyak klub untuk memperoleh atau menambah trofi.

Layaknya turnamen pada umumnya, EFL Cup juga menganugerahi penghargaan kepada pemain yang dianggap sebagai yang terbaik. Hanya untuk Man of the Match di laga final, anugerah pemain terbaik ini disebut dengan Alan Hardaker Trophy.

Ada sedikitnya lima penyerang yang pernah meraih Alan Hardaker Trophy di EFL Cup.

1. Brian McClair

5 Penyerang yang Pernah Meraih Alan Hardaker Trophy di EFL CupBrian McClair (twitter.com/ManUtd)

Brian McClair menjadi bintang Manchester United kala merebut trofi EFL Cup (kala itu bernama Rumbelows Cup) perdana mereka pada 1991/1992. Ia mencetak gol tunggal kemenangan atas Nottingham Forest di final sekaligus dinobatkan sebagai Man of the Match.

Berpaspor Skotlandia, McClair pertama kali bergabung dengan MU pada Juli 1987 dari Glasgow Celtic. Selama bermain di Old Trafford, ia turut mengantarkan The Red Devils empat kali juara kasta tertinggi Liga Inggris. Ia juga mampu mencetak total 88 gol di liga domestik.

2. Robbie Fowler

5 Penyerang yang Pernah Meraih Alan Hardaker Trophy di EFL CupRobbie Fowler (facebook.com/IndonesiaLFC)

Robbie Fowler adalah Man of the Match laga final EFL Cup 2000/2001. Saat itu, ia mencetak gol tunggal untuk Liverpool saat bersua Birmingham City. Setelah bermain imbang, The Reds akhirnya mengecup trofi keenam mereka di ajang ini lewat adu penalti.

Fowler dapat disebut sebagai salah satu legenda hidup Liverpool. Ia menghabiskan separuh kariernya di Anfield. Itu membuatnya dijuluki God oleh fans The Reds. Selain EFL Cup, gelar juara yang berhasil diraihnya bersama Liverpool adalah FA Cup, UEFA Cup, dan UEFA Super Cup.

Baca Juga: 7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022

3. Wayne Rooney

5 Penyerang yang Pernah Meraih Alan Hardaker Trophy di EFL CupWayne Rooney (twitter.com/manutd)

Manchester United meraih trofi kedua mereka di EFL Cup pada 2005/2006. Kala itu, mereka tampil di laga puncak dengan menghadapi Wigan Athletic. Unggul segalanya, Setan Merah menggasak lawannya dengan skor telak 4-0 di Millennium Stadium, Cardiff.

Saat itu, Wayne Rooney menyumbang dua gol untuk Setan Merah. Itu ditambah lesakan Louis Saha dan Cristiano Ronaldo.

Berkat penampilan impresifnya, Rooney akhirnya dinobatkan sebagai pemain terbaik. Ia berhak memperoleh Alan Hardaker Trophy.

4. Didier Drogba

5 Penyerang yang Pernah Meraih Alan Hardaker Trophy di EFL CupDidier Drogba (twitter.com/chelseafc)

Semusim setelah Wayne Rooney, giliran Didier Drogba yang terpilih sebagai Man of the Match laga final EFL Cup. Saat itu, striker Chelsea tersebut memborong dua gol untuk membalikkan kedudukan menjadi 2-1 atas Arsenal.

Drogba membela Chelsea dalam dua periode. Periode pertama pada rentang 2004 hingga 2012 menjadi yang tersukses. Pasalnya, selain Football League, mantan striker Marseille itu juga memenangi gelar juara Premier League, FA Cup, dan UEFA Champions League.

5. Zlatan Ibrahimovic

5 Penyerang yang Pernah Meraih Alan Hardaker Trophy di EFL CupZlatan Ibrahimovic (twitter.com/manutd)

Karier Zlatan Ibrahimovic di Manchester United memang berlangsung singkat. Namun, penyerang asal Swedia tersebut cukup sukses saat bermain di Old Trafford. Pada awal kedatangannya pada 2016/2017, ia memenangi tiga gelar juara, termasuk EFL Cup.

Ibrahimovic menjadi aktor utama kemenangan MU atas Southampton di partai puncak EFL Cup musim tersebut. Dua golnya membawa Setan Merah menang dengan skor 3-2. Striker jangkung itu akhirnya dinobatkan sebagai Man of the Match dan berhak atas Alan Hardaker Trophy.

Dilansir situs resmi EFL, Alan Hardaker Trophy diambil dari nama mantan sekretaris EFL yang merancang League Cup. Ia membantu meluncurkannya pada 1960. Hardaker sendiri sudah meninggal dunia pada 1980.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor EFL Championship, Siapa Saja?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya