7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022

Ada pemain dari Asia

Klub-klub English Premier League (EPL) menghabiskan lebih dari 2 miliar dolar atau Rp29 triliun untuk berbelanja pemain pada musim panas 2022. Jumlah tersebut memang luar biasa, tetapi sebenarnya tak mengherankan. Pasalnya, klub-klub EPL memang memiliki kekuatan finansial luar biasa.

Sementara, total belanja klub-klub English Football League (EFL) Championship alias divisi kedua Liga Inggris tentu jauh di bawah itu. Harga pemain yang mereka beli pun berkali-kali lipat lebih murah. Inilah tujuh nama termahal yang didatangkan klub Championship pada bursa transfer musim panas 2022.

1. Gabriel Sara (10,5 juta euro)

7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022Gabriel Sara (instagram.com/g.dsara)

Pemain termahal yang dibeli klub Championship pada musim panas 2022 adalah Gabriel Sara. Sara adalah gelandang serang asal Brasil yang berusia 23 tahun. Ia diboyong oleh Norwich City dari Sao Paulo dengan harga 10,5 juta euro atau Rp155 miliar.

Sara adalah lulusan akademi Sao Paulo, dan ia membela klubnya selama 5 tahun dengan total 113 penampilan dan 17 gol. Karena kualitas dan potensinya, tak heran jika Norwich rela membela Sara dengan harga mahal. Uniknya, sejauh ini Sara justru belum diberi banyak menit bermain oleh Norwich.

2. Vakoun Issouf Bayo (5,8 juta euro)

7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022Vakoun Issouf Bayo (instagram.com/bayo_koun10)

Berikutnya ada nama Vakoun Issouf Bayo, striker asal Pantai Gading yang dibeli Watford dari klub Belgia, Charleroi. Seperti Norwich, Watford main di Championship 2022/2023 setelah terdegradasi dari EPL musim lalu. Watford pun tak segan mengeluarkan uang demi segera kembali promosi.

Bayo dibeli Watford dengan harga 5,8 juta euro atau Rp86 miliar. Sejauh ini, harga tersebut terbukti tak sia-sia. Bayo mencetak 2 gol dalam 6 laga Championship yang ia mainkan bersama Watford, meski hanya tiga kali tampil sebagai starter.

3. Allahyar Sayyadmanesh (4,5 juta euro)

7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022Allahyar Sayyadmanesh (instagram.com/allahyar_sayyadmanesh)

Ada pula pemain Asia yang dibeli dengan harga cukup mahal oleh klub Championship pada musim panas 2022. Ia adalah Allahyar Sayyadmanesh, penyerang asal Iran yang masih berusia 21 tahun. Sayyadmanesh diboyong oleh Hull City dari Fenerbahce dengan harga 4,5 juta euro atau Rp67 miliar.

Sayyadmanesh sendiri sudah membela Hull sejak paruh musim lalu sebagai pinjaman. Ia bermain 12 kali selama setengah musim dan mencetak 1 gol. Musim 2022/2023 ini Sayyadmanesh makin dipercaya di lini depan Hull, tetapi sayangnya ia terkena cedera hamstring yang memaksanya absen beberapa pekan.

4. Anel Ahmedhodzic (4,5 juta euro)

7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022Anel Ahmedhodzic (instagram.com/anel.ahmedhodzic)

Anel Ahmedhodzic yang bergabung dengan Sheffield United juga dibeli dengan harga 4,5 juta euro. Ahmedhodzic adalah bek tengah kelahiran Swedia yang membela Timnas Bosnia Herzegovina. Baru berusia 23 tahun, Ahmedhodzic merapat ke Sheffield setelah diboyong dari Malmo FF.

Bersama Malmo, Ahmedhodzic turut memenangi gelar Allsvenskan alias divisi utama Liga Swedia pada 2020 dan 2021. Bersama Sheffield, Ahmedhodzic kini sudah tampil tujuh kali di semua ajang. Uniknya, meski berposisi bek tengah, Ahmedhodzic sejauh ini sudah membuat 3 gol dan 1 assist bagi klub barunya.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Tottenham atas Fulham di GW6 EPL

5. Dogukan Sinik (4 juta euro)

7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022Dogukan Sinik (instagram.com/dogukansinik)

Berikutnya, ada tiga pemain yang bergabung ke klub Championship dengan harga masing-masing 4 juta euro atau Rp59 miliar. Pertama adalah Dogukan Sinik, pemain 23 tahun asal Turki yang berposisi winger. Namun, Sinik sangat versatile sehingga bisa bermain di nyaris semua posisi di lini dengah.

Sinik bergabung dengan Hull City setelah dibeli dari klub Super Lig Turki, Antalyaspor. Selama membela Antalyaspor, Sinik jadi andalan hingga mencatat 123 penampilan di semua ajang. Namun, sejauh ini ia belum diberi kesempatan tampil oleh Hull City.

6. Anass Zaroury (4 juta euro)

7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022Anass Zaroury (instagram.com/zaroury_)

Sementara, Anass Zaroury bergabung dengan Burnley dari Charleroi dengan harga 4 juta euro. Zaroury adalah winger asal Belgia yang baru berusia 21 tahun. Ia mencatat 44 penampilan bareng Charleroi dan mencetak 7 gol serta 1 assist.

Zaroury kemungkinan tak akan kesulitan beradaptasi dengan Burnley karena pelatih mereka, Vincent Kompany, juga berasal dari Belgia. Sejauh ini, Zaroury belum mencatat debut bareng Burnley karena ia baru bergabung pada pengujung bursa transfer.

7. Benson Manuel Hedilazio (4 juta euro)

7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022Benson Manuel Hedilazio (instagram.com/bensonmanuelhedilazio)

Satu nama lagi adalah Benson Manuel Hedilazio, yang juga bergabung ke Burnley dengan harga 4 juta euro. Sama seperti Zaroury, Hedilazio juga merupakan winger asal Belgia. Ia digaet Burnley dari klub Belgia, Royal Antwerp.

Bersama Antwerp, Hedilazio mencatat 69 penampilan selama 3 musim. Ia juga sempat meraih trofi yaitu Piala Belgia 2019/2020. Hedilazio sejauh ini sudah bermain tujuh kali bareng Burnley. Namun, sebagian besar penampilannya hanya sebagai pemain pengganti.


Tujuh pemain di atas dibeli dengan banderol cukup mahal oleh klub-klub EFL Championship pada musim panas 2022. Adakah dari antara mereka yang bisa membawa klubnya meraih tiket promosi ke EPL musim depan?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya