Comscore Tracker

Hebat! 5 Pemain Sepak Bola Asal Nigeria Tersubur di Era Premier League

Ada siapa saja?

Liga Inggris termasuk kompetisi yang cukup ramah bagi para talenta asal Benua Afrika, termasuk Nigeria. Bahkan, dilansir situs resmi Premier League, setidaknya sudah ada 42 pemain Nigeria yang sudah tampil di Inggris, lebih banyak dari negara Afrika lainnya.

Nah, dari puluhan pesepak bola tersebut, tentunya tidak sedikit yang bersinar, termasuk dalam hal urusan mencetak gol. Berikut ini para talenta Nigeria yang berhasil membuat gol terbanyak di pentas Premier League dan salah satunya mungkin idola kamu.

1. Aiyegbeni Yakubu

Hebat! 5 Pemain Sepak Bola Asal Nigeria Tersubur di Era Premier Leaguetwitter.com/squawka

Mereka yang mengikuti Premier League era 2000-an pasti sudah tidak asing lagi dengan pemain ini. Aiyegbeni Yakubu adalah striker asal Nigeria yang sempat bermain di sejumlah klub, seperti Portsmouth, Middlesbrough, Everton, serta Blackburn Rovers.

Meski lebih sering membela tim kelas menengah, ternyata Yakubu cukup tajam. Sejauh ini ia masih menjadi pemain Nigeria tersubur di Premier League dengan 95 gol. Di antara para pemain Afrika, ia hanya kalah dari Didier Drogba (Pantai Gading) dan Emmanuel Adebayor (Togo).

2. Nwankwo Kanu

Hebat! 5 Pemain Sepak Bola Asal Nigeria Tersubur di Era Premier Leaguetwitter.com/oddschanger

Keputusan Nwankwo Kanu pindah dari Inter Milan ke Arsenal pada 1999 terbilang tepat. Di klub asal London ini ia menggapai sukses besar, termasuk meraih dua gelar Premier League. Hengkang ke Everton, Kanu masih bisa menggenggam Piala FA musim 2007/2008.

Berposisi sebagai penyerang, pemain kelahiran Owerri ini sukses menggelontorkan 54 gol di pentas Premier League. Tidak hanya jago menjebol gawang lawan, ia pun piawai memberikan umpan matang dengan total 29 assists mengungguli Yakubu (26 assists).

Baca Juga: 5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Arsenal, Gagal Bersinar

3. Efan Ekoku

Hebat! 5 Pemain Sepak Bola Asal Nigeria Tersubur di Era Premier Leaguecanaries.co.uk

Efan Ekoku adalah pemain Nigeria pertama yang mentas di Premier League saat bergabung dengan Norwich City pada April 1993. Saat itu ia sukses mencetak 3 gol dalam 10 partai di sisa musim dan mengantarkan klub mencapai posisi ketiga di klasemen akhir.

Sempat berseragam Wimbledon pada tahun 1994 hingga 1999, Ekoku menciptakan 52 gol selama ia berkarier di Liga Utama Inggris. Sementara itu, untuk level Timnas Nigeria, Ekoku pernah mencicipi gelar Piala Afrika edisi 1994 setelah mengalahkan Zambia 2-1 di final.

4. Shola Ameobi

Hebat! 5 Pemain Sepak Bola Asal Nigeria Tersubur di Era Premier Leaguetwitter.com/nufc

Pemain kelahiran Zaria, Nigeria, ini bisa dikatakan sebagai salah satu legenda Newcastle United. Pasalnya, ia mengawali karier di Premier League bersama klub berjuluk The Magpies tersebut pada tahun 2000 dan tetap bertahan di sana hingga tahun 2014.

Selepas di Newcastle United, Ameobi pernah berseragam Crystal Palace pada tahun 2015 dan Bolton Wanderers pada musim 2015/2016. Sepanjang kariernya di liga teratas daratan Inggris, menurut catatan resmi Premier League, ia sukses menggelontorkan 43 gol.

5. Peter Odemwingie

Hebat! 5 Pemain Sepak Bola Asal Nigeria Tersubur di Era Premier Leaguebleacherreport.com

Pemain Nigeria tersubur di pentas Premier League lainnya adalah Peter Odemwingie. Sempat membela West Bromwich Albion (2010--2013), Cardiff City (2013--2014), dan Stoke City (2014--2016), ia 36 kali mengoyak gawang lawan di kompetisi teratas Liga Inggris.

Selepas dari Inggris, pemain dengan 63 caps bersama Nigeria itu pernah merasakan kompetisi sepak bola Indonesia (Liga 1) pada tahun 2017. Kala itu ia membela Madura United sebagai marquee player. Semusim di Pulau Garam, Odemwingie mampu membukukan 15 gol.

 

Pemain asal Nigeria, layaknya talenta Afrika lainnya, dikenal punya fisik yang kuat, lari yang kencang, dan naluri mencetak gol yang cukup bagus. Di era sekarang, nama-nama seperti Alex Iwobi atau Kelechi Iheanacho mungkin bisa menyusul jejak para senior mereka.

Baca Juga: [OPINI] Buat Apa Mendatangkan Marquee Player Jika Kualitasnya Pas-pasan?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya