7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkan

Siapa yang akan menyusul?

Liga Indonesia sudah berlangsung lama, sejak tahun 1994 ketika PSSI meleburkan kompetisi Perserikatan dan Galatama. Dalam kurun waktu tersebut, telah tercipta sejumlah rekor. Ini rekor-rekor yang sudah dihasilkan dan mungkin bakal sangat susah dipecahkan.

1. Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah

7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkaninstagram.com/pengamat_sejarah_persik

Striker naturalisasi asal Uruguay, Cristian Gonzales, masih menjadi top skor sepanjang masa selama gelaran Liga Indonesia dengan torehan 249 gol. Ia dibuntuti dua pemain lokal yang sudah pensiun, yakni Budi Sudarsono (185 gol) dan Bambang Pamungkas (178 gol).

2. Top skor empat kali beruntun

7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkaninstagram.com/berita.arema.fc

Cristian Gonzales juga mencatat rekor yang bakal sulit dilampaui pemain lain. El Loco sukses meraih gelar top skor selama empat musim beruntun, yakni pada tahun 2005, 2006, 2007/2008, dan 2008/2009. Khusus yang terakhir, ia berbagi gelar dengan Boaz Solossa.

3. Pencetak gol terbanyak satu musim kompetisi

7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkaninstagram.com/powerofarema

Hingga saat ini, Sylvano Comvalius masih menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu musim kompetisi. Ia menorehkan total 37 gol pada tahun 2017 lalu saat memperkuat Bali United, memecahkan torehan Peri Sandria dengan 34 gol yang dicatat musim 1994/1995.

Baca Juga: Ligue 1 Jadi Kompetisi Sepak Bola Keempat yang Disetop akibat Corona

4. Pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan

7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkanfacebook.com/ilhamjayakesumaindo

Ilham Jaya Kesuma masih memegang rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan di kasta teratas Liga Indonesia. Saat timnya, Persita, menggilas Persikab dengan skor 10-1 pada 2002 lalu, mantan striker timnas itu sukses menggelentorkan enam gol.

5. Gol terbanyak untuk satu klub

7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkaninstagram.com/bepe20

Selama 20 tahun membela Persija, Bambang Pamungkas menghasilkan 168 gol di kompetisi resmi. Dengan tambahan gol di turnamen lain, ia konon sudah mencetak total 200 gol, menjadikannya sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak untuk satu klub.

6. Rekor clean sheet terbanyak

7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkaninstagram.com/powerofarema

Liga 1 musim 2019, ada tiga kiper yang mencatat clean sheet 12 kali, yakni Wawan Hendrawan, Dede Sulaiman, dan I Made Wirawan. Namun, itu masih kalah dengan Kurnia Meiga yang menorehkan 18 clean sheet saat Indonesia Soccer Championship A 2016.

7. Peraih gelar pemain terbaik terbanyak

7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkaninstagram.com/boazsolossa

Mantan striker timnas Indonesia, Boaz Solossa, dinobatkan menjadi pemain terbaik Liga Indonesia sebanyak tiga kali pada musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2013, semuanya saat berseragam Persipura Jayapura. Rekor yang bakalan susah dipecahkan oleh pemain lain.

Nah, itu tadi deretan rekor yang tercatat dalam sejarah perjalanan Liga Indonesia sejak musim 1994/1995 hingga sekarang. Menurutmu, siapa pemain yang berpeluang untuk menyamai atau bahkan melewatinya?

Baca Juga: 5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar Timnas

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya