5 Pemain Timnas Amerika Serikat yang Kini Bermain di La Liga

Pemain muda AS mendominasi

La Liga merupakan salah satu liga terbaik di dunia, bersanding dengan liga seperti Premier League (Inggris) dan Serie A (Italia). Tak mengherankan apabila terdapat sejumlah pemain asing yang merumput di Spanyol. 

Meski tidak banyak, terdapat sejumlah pemain asal Amerika Serikat yang kini merumput bersama klub Liga Spanyol. Bahkan, beberapa di antaranya masuk skuad Tim Nasional Amerika Serikat dalam turnamen Piala Emas pada Juli 2021 lalu. 

Nah, buat pembaca yang mau tahu lebih lanjut, berikut daftar pesepak bola asal AS di Liga Spanyol pada musim 2021/2022. 

1. Sergino Dest membela Barcelona

5 Pemain Timnas Amerika Serikat yang Kini Bermain di La LigaSergino Dest merumput bersama Barcelona. (instagram.com/sgd_2)

Salah satu wonderkid asal Negeri Paman Sam ini bernama Sergino Dest. Ia bermain untuk klub Barcelona. Pemain kelahiran tahun 2000 itu diketahui memiliki dua kewarganegaraan, yakni Amerika Serikat dan Belanda, serta masih memiliki keturunan Suriname dari ayahnya. 

Sebelum merumput bersama Blaugrana, Dest merupakan pemain muda jebolan akademi Ajax Amsterdam. Ia bergabung bersama Barcelona sejak musim panas tahun 2020. Kini pemain berusia 20 tahun itu menjadi salah satu andalan Barcelona di posisi full-back.

2. Shaquell Moore jadi bek kanan Tenerife

5 Pemain Timnas Amerika Serikat yang Kini Bermain di La LigaShaquell Moore berkostum Tenerifa di La Liga 2. (instagram.com/shaqmoore)

Shaquell Moore adalah salah satu pesepak bola asal Amerika Serikat yang sedang merumput di La Liga 2 bersama klub Tenerife. Pemain berusia 24 tahun itu lahir di Powder Springs, Georgia, dan sudah pergi ke Spanyol sejak tahun 2014. Ia awalnya bermain untuk bersama Huracan Valencia. 

Moore yang masih memiliki garis keturunan Trinidad dan Tobago aktif bermain bersama Timnas Amerika Serikat. Karena kecepatannya, ia diandalkan untuk mengisi posisi right-back dan right-winger.

Baca Juga: 9 Potret Alex Morgan, Pesepak Bola Amerika Serikat yang Manis Abis!

3. Yunus Musah, jebolan akademi Arsenal yang kini membela Valencia

5 Pemain Timnas Amerika Serikat yang Kini Bermain di La LigaYunus Musah berlatih bersama Valencia. (instagram.com/yunus.musah8)

Ada pula wonderkid yang merumput bersama klub Valencia bernama Yunus Musah. Meski membela Timnas Amerika Serikat, orang tua Musah berasal dari Ghana. Ia lahir di New York City ketika orang tuanya sedang berlibur ke sana. 

Pesepak bola yang menempati posisi gelandang serang itu sebelumnya merupakan jebolan akademi Arsenal. Orang tuanya memang sempat pindah ke London. Ia baru bergabung dengan Los Che pada 2019. Bahkan, selama masa mudanya, ia justru memperkuat tim muda Inggris. Pada 2020, Musah memutuskan membela Timnas Amerika Serikat.  

4. Matt Miazga bermain untuk Deportivo Alaves sebagai pemain pinjaman

5 Pemain Timnas Amerika Serikat yang Kini Bermain di La LigaMatt Miazga mendarat di Deportivo Alaves sebagai pemain pinjaman. (instagram.com/deportivoalaves)

Berikutnya ada Matt Miazga yang sedang menjalani masa pinjaman ke klub divisi utama Liga Spanyol, Deportivo Alaves, pada musim ini. Pemain berusia 26 tahun itu sebelumnya bergabung dengan Chelsea sejak 2016. Ia dipinjamkan ke beberapa klub dalam lima tahun terakhir. 

Menariknya, pesepak bola kelahiran Clifton, New Jersey, itu sempat membela tim muda Polandia lantaran masih memiliki keturunan negara Eropa Timur tersebut. Namun, pemain yang berposisi sebagai center-back itu kemudian berbelok untuk memperkuat Timnas Amerika Serikat sejak 2013. 

5. Matthew Hoppe bergabung dengan RCD Mallorca

5 Pemain Timnas Amerika Serikat yang Kini Bermain di La LigaMatthew Hoppe memutuskan bergabung dengan RCD Mallorca. (instagram.com/matthewhoppe9)

Last but not least, ada pemain muda bertalenta asal Amerika Serikat bernama Matthew Hoppe. Pemain kelahiran 13 Maret 2001 itu merupakan salah satu penyerang andalan Timnas AS saat berlaga dalam Piala Emas tahun ini. Ia berhasil menyabet gelar juara usai mengalahkan Meksiko di final. 

Selain itu, Hoppe yang berasal dari California merupakan juru gedor andalan Schalke 04 sejak bergabung pada 2019. Namun, pada bursa transfer musim panas tahun ini, ia berhasil dilirik oleh beberapa klub besar. Hoppe akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan RCD Mallorca.

Itu dia lima pemain AS yang merumput di Spanyol. Ada pemain favoritmu? Sejauh ini, seperti apa performanya?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika Serikat

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya