5 Pesepak Bola Meksiko yang Meniti Karier di Klub Spanyol

Diwarnai oleh kombinasi sederet pemain muda dan senior 

Meksiko memang dikenal sebagai salah satu kekuatan sepak bola dari Amerika Utara dan menjadi tim kuda hitam yang cukup disegani. Kerap memberikan kejutan, tak ayal bila banyak pemain asal negeri Sombrero ini yang menjadi incaran klub-klub sepak bola Eropa. 

Memiliki bahasa yang sama dengan Spanyol, maka tak mengherankan jika banyak pemain asal Meksiko yang memilih Liga Spanyol sebagai titik awal meniti karier. Pada musim 2021/2022 ini saja misalnya, ada sederet pemain asal Meksiko yang tergabung bersama klub yang berkiprah di Liga Spanyol.

Buat kalian yang mau tahu siapa saja pemain asal Meksiko yang musim ini berkiprah di LaLiga, simak daftarnya berikut ini, ya!

1. Andres Guardado (Real Betis)

5 Pesepak Bola Meksiko yang Meniti Karier di Klub Spanyolpotret Andres Guardado membela timnas Meksiko (instagram.com/andresgua18)

Pertama ada nama pemain senior yang sudah lama malang melintang di dunia persepakbolaan Eropa, Andres Guardado. Pemain asal Guadalajara, Meksiko, ini mengawali kariernya di Eropa bersama klub Deportivo La Coruña usai didatangkan dari klub Meksiko, Atlas, di tahun 2007. 

Lima tahun kemudian, di tahun 2012, ia direkrut Valencia. Di tahun 2015, ia akhirnya dibeli oleh klub Belanda, PSV Eindhoven sebelum akhirnya kembali ke Spanyol untuk membela Real Betis sejak 2017. 

Pemain berusia 35 tahun itu populer lewat kelincahanna sekaligus versatilitasnya ketika ditempatkan di posisi gelandang tengah. Hingga saat ini, Guardado masih diandalkan untuk mengisi lini tengah Real Betis maupun timnas Meksiko.  

2. Diego Lainez (Real Betis)

5 Pesepak Bola Meksiko yang Meniti Karier di Klub Spanyolpotret Diego Lainez saat membela Real Betis (instagram.com/diego_lainez)

Masih merupakan pemain Real Betis, nama berikutnya adalah Diego Lainez. Pemain muda kelahiran 9 Juni 2000 itu didatangkan dari klub America pada tahun 2019. 

Pesepak bola kelahiran Villahermosa, Meksiko, ini memiliki keistimewaan melalui kecepatannya dan akselerasinya di atas rumput hijau. Tak mengherankan jika Lainez menjadi salah satu pemain andalan Los Verdiblancos

Selain itu, pemain berusia 21 tahun tersebut juga menjadi pemain utama di skuad timnas Meksiko U-23 dalam turnamen Olimpiade Tokyo 2020 beberapa waktu lalu. Ia berhasil mengantarkan Meksiko menduduki posisi ketiga dan berhak mendapatkan medali perunggu. 

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di LaLiga Sejauh Ini, Moncer!

3. Hector Herrera (Atletico Madrid)

5 Pesepak Bola Meksiko yang Meniti Karier di Klub Spanyolpotret Hector Herrera berseragam Atletico Madrid (instagram.com/h.herrera16)

Hector Herrera merupakan salah satu pemain Meksiko yang kini sedang membela klub raksasa LaLiga, Atletico Madrid. Pemain kelahiran Tijuana, Meksiko, ini adalah jebolan akademi Pachuca. Ia memulai petualangan di sepak bola Eropa kala direkrut oleh klub Portugal, FC Porto di tahun 2013. Semakin matang, Herrera memutuskan untuk bergabung bersama Atletico Madrid pada tahun 2019. 

Pemain berusia 31 tahun itu bermain sebagai jenderal di lapangan tengah Atletico Madrid. Tak mudah, di sana ia harus bersaing dengan beberapa nama pemain top lain, seperti Koke, Rodrigo de Paul, Geoffrey Kondogbia, Thomas Lemar, hingga Marcos Llorente. Meski begitu, Herrera menjadi salah satu pilar kunci andalan timnas Meksiko dalam mengarungi Piala Emas dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

4. Néstor Araújo (Celta Vigo)

5 Pesepak Bola Meksiko yang Meniti Karier di Klub Spanyolpotret Nestor Araujo kala membela timnas Meksiko (instagram.com/nestoraraujo14)

Tak ketinggalan, selanjutnya adalah pemain kelahiran Guadalajara, Meksiko, bernama Néstor Araújo. Pemain berusia 30 tahun itu kini membela klub Spanyol, Celta Vigo, setelah didatangkan dari Santos Laguna di tahun 2018. 

Pesepak bola Meksiko ini memiliki posisi sebagai center back. Tak hanya menjadi pemain andalan Celta Vigo, saat ini Araujo juga merupakan palang pintu yang paling diandalkan sebagai benteng pertahanan timnas Meksiko di berbagai ajang internasional. 

5. José Macías (Getafe)

5 Pesepak Bola Meksiko yang Meniti Karier di Klub Spanyolpotret Jose Macias kala membela timnas Meksiko (instagram.com/jjmacias9)

Terakhir ada nama pemain muda, José Macías, yang kini memperkuat klub Getafe. Namun, pemain muda Meksiko tersebut saat ini masih berstatus sebagai pemain pinjaman dari klub asal Meksiko, Chivas. 

Belum mendapatkan tempat utama, pesepak bola berusia 22 tahun tersebut saat ini masih menjadi pemain pelapis di lini depan Getafe. Kurangnya jam terbang di Eropa membuatnya harus beradaptasi lebih dalam lagi sebelum berhasil menciptakan gol pertamanya musim ini di LaLiga.

Sebagai salah satu liga terbaik di kancah sepak bola Eropa, tentunya LaLiga menjadi destinasi favorit para pemain Meksiko untuk mengembangkan karier mereka sebagai pesepak bola. Mampukah sederet pemain asal Meksiko tersebut berbicara lebih banyak di ajang LaLiga musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pilih Balik Kucing ke Klub Lamanya di LaLiga

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya