Comscore Tracker

6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun Kasta

Terdegradasi akibat performa tidak konsisten

Bundesliga Jerman merupakan salah satu kompetisi sepak bola terbaik di Eropa yang tak kalah bersaing dengan liga papan atas lainnya. Meskipun Bundesliga seakan tak pernah lepas dari kedigdayaan Bayern München, tetapi sebenarnya terdapat beberapa klub besar yang mampu menyaingi klub raksasa itu dan menjuarai Liga Jerman pada masa lalu. 

Sayangnya, klub-klub Jerman sering kali dihadapkan pada masalah inkosistensi yang menyebabkannya mudah terjungkal ke jurang degradasi. Akibatnya, mereka harus merasakan pil pahit dan berujung terdegradasi ke Bundesliga 2 atau lebih bawah. 

Musim ini, terdapat beberapa tim juara Bundesliga yang harus bemain di kasta bawah. Berikut daftar klub papan atas Jerman yang tersungkur ke sana:

1. FC Schalke 04

6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun KastaPemain Schalke 04 yang merayakan gol di Liga Jerman. (instagram.com/s04)

FC Schalke 04 merupakan klub asal Gelsenkirchen. Mereka sempat masuk ke dalam jajaran klub tradisional papan atas Liga Jerman. FC Schalke 04 dikenal sebagai klub besar lantaran menjadi salah satu tim tersukses di Jerman dengan perolehan tujuh kali juara liga.

Sayangnya, klub ini terpaksa bermain di 2. Bundesliga 2021/2022 setelah bertengger sebagai juru kunci klasemen lantaran performanya yang sangat buruk. Bahkan, Schalke hanya memperoleh 16 poin dari 34 pertandingan pada 2020/2021.

Saat ini, klub yang bermarkas di Veltins Arena itu tengah berusaha untuk memuncaki klasemen 2. Bundesliga dan memiliki kans besar untuk kembali ke kembali di kasta tertinggi Liga Jerman.

2. Werder Bremen

6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun KastaNiklas Schmidt saat membela Werder Bremen. (instagram.com/werderbremen)

Werder Bremen merupakan salah satu tim besar di Jerman yang terpaksa bermain di 2. Bundesliga musim ini. Padahal klub itu pernah menorehkan prestasi gemilang dengan empat kali gelar juara liga dan mampu masuk sebagai runner-up di Piala UEFA 2009.

Pasalnya, klub asal Bremen itu telah mengalami masa-masa sulit beberapa tahun ini dan berujung pada degradasi ke kasta kedua. Mereka turun setelah hanya meraup 31 poin dan menduduki posisi 17 klasemen.

Klub yang memiliki kandang di Weserstadion itu kini menduduki papan tengah klasemen 2. Bundesliga. Meskipun demikian, klub asuhan Markus Anfang itu masih memiliki kans besar untuk kembali berkompetisi di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Werder Bremen Sedekade Terakhir 

3. Hamburger SV

6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun KastaSkuad Hamburger SV membentangkan seragam mereka di lapangan hijau. (instagram.com/hsv)

Hamburger SV adalah klub pesaing utama Werder Bremen yang sama-sama berasal dari kota besar di bagian utara Jerman. Sayangnya, pertandingan besar antara keduanya harus tertunda lantaran tergedradasinya Hamburger sejak 2017/2018.

Tim asal Hamburg itu harus mengalami pasang surut dan inkonsistensi yang membuatnya terdegradasi ke 2. Bundesliga. Bahkan, sejak terdegradasi ke kasta kedua pada 2018, klub itu masih belum bisa kembali ke kasta tertinggi Liga Jerman.

Padahal Hamburger SV dikenal sebagai salah satu klub besar dengan sejarah panjang di Jerman. Klub yang bermarkas di Volksparkstadion itu pernah menorehkan prestasi gemilang dengan 6 kali juara Bundesliga dan 1 gelar Liga Champions Eropa.

4. FC Nürnberg

6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun KastaPemain FC Nürnberg bergandengan di hadapan penonton di lapangan. (instagram.com/1_fc_nuernberg)

FC Nürnberg sebenarnya memiliki sejarah panjang dalam dunia sepak bola Jerman lantaran menjadi klub tersukses kedua di Jerman setelah Bayern München. Mereka mengoleksi torehan sembilan gelar juara liga.

Sayangnya, inkonsistensi membuat klub asal Nürnberg ini harus tersungkur ke kasta kedua Liga Jerman. Klub yang berkandang di Max-Morlock-Stadion ini harus rela turun kasta sejak 2019.

Bersama dengan Werder Bremen, Hamburger SV, dan Schalke 04, klub ini masih memiliki peluang besar untuk kembali ke liga utama, meski kini menduduki peringkat enam di 2. Bundesliga.

5. Hannover 96

6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun KastaPemain Hannover 96 merayakan gol di lapangan. (instagram.com/hannover96)

Hannover 96, sesuai dengan namannya, merupakan klub dari Hannover, Jerman. Klub yang didirikan tahun 1896 itu termasuk salah satu klub tersukses di Jerman lantaran berhasil menyabet dua gelar juara Bundesliga dan sekali menjuarai DFB Pokal.

Klub yang bermarkas di Niedersachsenstadion itu tengah mengalami pasang surut dan jatuh ke kasta kedua pada 2018/2019. Sayangnya, hingga kini, klub itu masih belum bisa bangkit dan bahkan menduduki papan bawah 2. Bundesliga.

6. FC Kaiserslautern

6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun Kastapotret pemain FC Kaiserslautern (instagram.com/1fckaiserslautern1900)

Ada pula klub FC Kaiserslautern yang jarang terdengar namanya. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bila klub asal Kaiserlautern merupakan salah satu klub tersukses di Jerman. Mereka pernah memuncaki klasemen Bundesliga sebanyak empat kali. 

Namun, sangat disayangkan, klub ini harus terdegrasi ke kasta kedua sejak 2011/2012. Malangnya, setelah enam musim di 2. Bundesliga, klub yang bermarkas di Fritz-Walter-Stadion itu justru turun kasta ke 3. Bundesliga hingga kini.

Keenam klub di atas memang sempat mendulang sukses di ajang Bundesliga maupun turnamen Eropa. Namun, konsistensi dan kestabilan tentu berperan besar terhadap kesuksesan suatu klub, sementara mereka tidak memiliki itu. Semoga klub di atas mampu bangkit dan kembali mendulang kesuksesan ke depannya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Harus Terdegradasi dari Bundesliga bersama Schalke 04

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya