6 Kiper asal Denmark yang Merumput di Liga Top Eropa

Tiga di antaranya merumput di Inggris

Denmark merupakan salah satu negara dengan kekuatan sepak bola terbesar di Eropa. Penampilan terbaik tim nasional negara Skandinavia itu saat berhasil menjuarai Piala Eropa di tahun 1992 usai mengandaskan perlawanan Jerman dengan skor 2-0. 

Belakangan ini, Denmark mampu meraup kesuksesan saat berhasil menembus semifinal Piala Eropa 2020, meski sempat terseok-seok di fase grup. Nantinya, Tim Dinamit juga akan berkompetisi di Piala Dunia 2022 dan kembali berada satu grup dengan Prancis. 

Pada musim ini, terdapat beberapa pemain Denmark yang bersaing dan berkompetisi di sejumlah liga top Eropa. Tak ketinggalan beberapa penjaga gawang Denmark juga mampu menunjukkan kelasnya dan berkarier di liga besar Eropa. 

1. Frederik Rønnow (Union Berlin)

6 Kiper asal Denmark yang Merumput di Liga Top Eropapotret Frederik Rønnow saat berseragam Brøndby IF (instagram.com/frederikroennow1)

Pertama, ada Frederik Rønnow yang masuk tengah merumput di Bundesliga Jerman, bersama Union Berlin sejak musim panas 2021. Sebelum berlabuh ke An der Alten Försterei, kiper berusia 30 tahun itu sudah merumput bersama Eintracht Frankfurt, FC Schalke 04, Bröndby IF, dan AC Horsens. 

Rønnow didatangkan klub berjuluk Eisern Union itu untuk mengisi posisi Andreas Luthe yang tengah mengalami cedera. Pada musim ini, kiper berkebangsaan Denmark itu sudah diturunkan dalam 11 pertandingan dan berhasil mencatatkan rekor 4 kali clean sheet

Sementara di Timnas Denmark, Rønnow juga dipercaya menjadi pilihan kedua dengan 8 kali caps. Ia juga dipanggil untuk membela Tim Dinamit dalam turnamen besar, seperti Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020. 

2. Peter Vindahl Jensen (AZ Alkmaar)

6 Kiper asal Denmark yang Merumput di Liga Top EropaPeter Vindahl saat masih membela FC Nordsjaelland (instagram.com/petervindahl)

Peter Vindahl Jensen merupakan penjaga gawang andalan klub Belanda, AZ Alkmaar pada musim ini. Penjaga gawang berusia 24 tahun itu sudah diturunkan dalam 44 pertandingan dan mampu mencatatkan 12 kali clean sheets

Peter Vindahl sudah bergabung dengan AZ Alkmaar sejak Agustus 2021 setelah diboyong dari FC Nordsjaelland. Sedangkan di level tim nasional, penjaga gawang bertubuh jangkung itu belum pernah dipanggil dalam tim senior Denmark. 

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Denmark yang Merumput di Serie A 2021/2022

3. Daniel Iversen (Preston North End)

6 Kiper asal Denmark yang Merumput di Liga Top Eropapotret Daniel Iversen saat membela Timnas Denmark (instagram.com/danieliverson)

Berikutnya ada nama Daniel Iversen yang menjadi salah satu kiper asal Denmark yang merumput di Inggris. Saat ini, Iversen berseragam Preston North End yang berlaga di kasta kedua Liga Inggris. Ia diketahui berstatus pinjaman dari tim junior Leicester City selama satu musim. 

Bersama Preston North End, penjaga gawang 24 tahun itu dipercaya menjadi pilihan utama untuk menjaga mistar gawang. Ia sudah dikeluarkan dalam 45 pertandingan dan berhasil meraih rekor 14 kali clean sheets

4. Filip Jörgensen (Villarreal)

6 Kiper asal Denmark yang Merumput di Liga Top EropaFilip Jorgensen saat berlatih bersama Villarreal. (instagram.com/filipjorgensen1)

Filip Jörgensen merupakan kiper muda yang sedang merumput bersama klub LaLiga, Villarreal pada musim ini. Namun, pemain berusia 20 tahun itu belum memperkuat tim senior dan baru membela Villarreal B yang berlaga di kasta ketiga Liga Spanyol. 

Pemain berkebangsaan Denmark dan Swedia itu mampu menunjukkan penampilannya dan dipercaya menjadi kiper utama di Villarreal B. Pemain kelahiran Lomma, Swedia itu sudah diturunkan dalam 21 pertandingan dan menorehkan 7 kali clean sheets.

5. Jonas Lössl (Brentford)

6 Kiper asal Denmark yang Merumput di Liga Top Eropapotret Jonas Lössl saat membela Brentford di Liga Inggris (instagram.com/loessl)

Berikutnya, ada nama Jonas Lössl yang masuk sebagai salah satu pemain dalam skuad tim Liga Premier Inggris, FC Brentford. Lössl baru berlabuh ke Inggris dengan status pinjaman dari FC Midtjylland sejak musim dingin 2022. Ia didatangkan sebagai pelapis David Raya yang dipercaya sebagai kiper utama. 

Karena menjadi cadangan, penjaga gawang berusia 33 tahun ini hanya diturunkan dalam empat pertandingan The Bees musim ini. Sedangkan di Timnas Denmark, ia sudah menjalani debut pada 2016 dan baru diturunkan dalam satu pertandingan. 

6. Kasper Schmeichel (Leicester City)

6 Kiper asal Denmark yang Merumput di Liga Top Eropapotret Kasper Schmeichel saat membela Leicester City di Liga Inggris (instagram.com/kasperschmeichel)

Terakhir ada Kasper Schmeichel yang dikenal sebagai kiper andalan Timnas Denmark. Penjaga gawang senior berusia 35 tahun ini sudah memiliki caps bersama Tim Dinamit sebanyak 80 kali, termasuk di Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020. 

Di level klub, Schmeichel juga menjadi pilihan utama untuk menjaga gawang Leicester City musim ini. Meski sudah senior, ia tetap mampu berprestasi dan sudah dikeluarkan dalam 45 pertandingan The Foxes dan berhasil mencatatkan 8 kali clean sheets.

 

Penjaga gawang asal Denmark memang tidak bisa bisa dianggap sebelah mata, terutama melihat prestasinya belakangan ini. Meski tak semuanya menjadi pilihan utama di level klub, tetapi mereka membuktikan jika bisa bersaing di liga besar Eropa yang memiliki persaingan ketat. 

Baca Juga: 12 Potret Kasper Schmeichel, Kiper Utama Timnas Denmark dan Leicester

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya