5 Kiper Belanda yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023

Tiga di antaranya merumput di liga top Eropa

Belanda dikenal sebagai tim unggulan di turnamen internasional. Sayangnya, Oranje belum mampu mengukuhkan diri sebagai juara turnamen sepak bola akbar. Mereka hanya duduk sebagai runner-up sebanyak tiga kali di Piala Dunia.

Punya kemampuan mumpuni, tak mengherankan jika pemain asal Negeri Kincir Angin kerap jadi incaran klub-klub besar Eropa. Selain posisi depan, tengah, dan belakang, rupanya kiper asal Belanda juga jadi incaran klub-klub di luar Belanda.

Beberapa kiper Belanda kini merumput di luar negeri pada 2022/2023. Tiga di antaranya tampil di liga top Eropa.

1. Kelle Roos (Aberdeen)

5 Kiper Belanda yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Kelle Roos saat membela Aberdeen (instagram.com/kelleroos)

Kelle Roos merupakan kiper asal Belanda yang kini merumput di Liga Skotlandia bersama Aberdeen. Jebolan akademi PSV Eindhoven ini hijrah ke Inggris Raya sejak 2013. Selama di Inggris, ia pernah membela Nuneaton, Rotherham, AFC Wimbledon, Bristol Rovers, Port Vale, Plymouth, dan Derby County, 

Roos baru bergabung dengan Aberdeen mulai Juli 2022. Sempat gagal masuk di tim utama Derby County, kiper berusia 30 tahun itu akhirnya masuk sebagai pemain inti di Aberdeen. Roos berhasil mencatatkan 6 clean sheet dalam 23 laga di Liga Skotlandia.

2. Marco Bizot (Stade Brestois 29)

5 Kiper Belanda yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Marco Bizot saat membela Stade Brestois 29. (instagram.com/marcobizot)

Marco Bizot dikenal sebagai kiper andalan klub Prancis, Stade Brestois 29. Pada 2022/2023 ini, kiper senior tersebut hanya mampu mempersembahkan 1 clean sheet dalam 18 pertandingan Ligue 1. Alhasil, timnya harus berjibaku di zona relegasi.

Bizot baru bergabung dengan Stade Brestois 29 pada musim panas 2021. Kiper jebolan akademi Ajax Amsterdam ini pernah memperkuat beberapa tim di Liga Belanda dan Belgia, meliputi Groningen, KRC Genk, dan AZ Alkmaar.

Baca Juga: 5 Kiper Terakhir yang Direkrut Bayern Munich dari Klub Bundesliga

3. Tim Krul (Norwich City)

5 Kiper Belanda yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Tim Krul saat membela Norwich City. (instagram.com/timkrulofficial)

Tim Krul tengah memperkuat Norwich City di kasta kedua Liga Inggris atau Championship. Lulusan akademi ADO Den Haag ini hijrah ke Inggris sejak berusia 17 tahun untuk membela Newcastle United. 

Sempat menjadi kiper andalan Newcastle pada 2010-an, Krul akhirnya pulang kampung usai menjalani masa pinjaman pada 2016 ke Ajax Amsterdam. Setahun kemudian, ia kembali dipinjamkan ke AZ Alkmaar. Setelah membela Brighton, ia akhirnya berlabuh ke Norwich City sejak 2018. 

Beberapa musim terakhir, Krul sukses masuk ke dalam tim inti Norwich. Pada 2022/2023, ia awalnya jadi kiper utama, tetapi posisinya sempat tergusur Angus Gunn. Meski begitu, ia sukses mencatatkan 5 clean sheet dari 14 laga terakhir di Norwich City.

4. Jeroen Zoet (Spezia Calcio)

5 Kiper Belanda yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Jeroen Zoet ketika memperkuat Spezia Calcio. (instagram.com/jeroenzoet91)

Jeroen Zoet adalah kiper Belanda yang merumput di Italia bersama Spezia Calcio. Sebelum hijrah ke Italia pada 2020, jebolan PSV Eindhoven ini sempat memperkuat beberapa tim Eredivisie, seperti RKC Waalwijk dan FC Utrecht, sebagai pemain pinjaman. 

Sayangnya, sejak awal kedatangan ke Spezia, ia didapuk sebagai kiper cadangan. Alhasil, ia tidak banyak mendapatkan kesempatan bermain. Pada 2022/2023, Zoet baru diturunkan dalam lima pertandingan Serie A dan Coppa Italia.

5. Mark Flekken (SC Freiburg)

5 Kiper Belanda yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Mark Flekken saat memperkuat Freiburg. (instagram.com/markflekken)

Satu-satunya kiper Belanda yang merumput di Jerman adalah Mark Flekken. Pemain berusia 29 tahun ini pindah ke Jerman untuk membela Allemania Aachen sejak berusia 16 tahun. Setelah itu, ia sempat membela Greuther Fuerth dan MSV Duisburg hingga berlabuh ke SC Freiburg. 

Sepanjang 2022/2023, Flekken mampu jadi kiper andalan Freiburg. Ia mampu membukukan 11 clean sheet dari 21 pertandingan Bundesliga Jerman, DFB Pokal, dan Liga Europa. Flekken juga jadi salah satu pemain yang mendongkrak penampilan Freiburg dalam beberapa musim terakhir. 

Mayoritas penjaga gawang Belanda di atas masuk sebagai pemain inti klubnya. Bahkan, salah satunya mampu membawa tim sukses tampil konsisten dan bercokol di papan atas liga domestik. Meski begitu, tidak ada satu pun dari mereka yang dipanggil membela Timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Kiper Aktif yang Putuskan Pensiun dari Timnas, Alasannya Beragam!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya