5 Pemain LaLiga yang Menurun Akibat Cedera pada 2022/2023

Cedera punya dampak serius pada pemain

Cedera adalah momok paling menakutkan bagi pemain sepak bola. Cedera parah punya dampak serius pada performa pemain di lapangan, bahkan bisa mengakibatkan pensiun dini.

Pada 2022/2023, tercatat ada beberapa pemain LaLiga Spanyol yang terdampak cedera parah. Mereka pun harus absen dalam waktu yang cukup lama sembari melakoni proses pemulihan.

Siapa saja pemain LaLiga yang menurun akibat cedera pada 2022/2023?

1. Marcao (Sevilla)

5 Pemain LaLiga yang Menurun Akibat Cedera pada 2022/2023Marcao ketika membela Sevilla di LaLiga. (instagram.com/marcao)

Marcao sebenarnya adalah pemain belakang yang baru saja dibeli Sevilla pada musim panas 2022. Sayangnya, pemain asal Brasil ini mengalami cedera retak paha menjelang dimulainya musim 2022/2023. Ia sudah lebih dari setengah musim istirahat untuk menjalani pemulihan.

Dalam sepekan terakhir, Marcao sudah pulih dan diperbolehkan kembali turun ke lapangan. Tercatat, eks pemain Galatasaray tersebut baru membela Sevilla dalam lima pertandingan. Ia diturunkan dalam dua laga terakhir melawan Manchester United dan Valencia.

2. Umar Sadiq (Real Sociedad)

5 Pemain LaLiga yang Menurun Akibat Cedera pada 2022/2023Umar Sadiq saat membela Real Sociedad di LaLiga. (instagram.com/sadiq.umar19)

Umar Sadiq mengalami cedera cruciate ligament sejak September 2022. Kabar buruk ini memaksa pemain asal Nigeria tersebut beristirahat panjang. Sampai saat ini, belum diketahui kapan ia dapat kembali diturunkan ke lapangan hijau untuk membela Real Sociedad.

Akibat cedera parah, striker jangkung ini hanya diturunkan dalam tiga pertandingan tim berjuluk Erreala tersebut. Ia baru mencetak sebuah gol untuk tim barunya. Padahal, Sadiq dikenal sangat produktif ketika masih berseragam Almeria musim lalu.

Baca Juga: Ousmane Dembele Punya Penyesalan Besar di Barcelona

3. Ousmane Dembele (Barcelona)

5 Pemain LaLiga yang Menurun Akibat Cedera pada 2022/2023Ousmane Dembele ketika memperkuat Barcelona. (instagram.com/o.dembele7)

Ousmane Dembele salah satu bintang yang mengalami penurunan performa akibat cedera musim ini. Pemain Timnas Prancis tersebut mengalami cedera hamstring sejak Februari 2023. Belum dipastikan kapan ia bisa kembali merumput di lapangan hijau. 

Pada 2021/2022, Dembele juga mengalami kemerosotan performa akibat cedera ankle. Padahal, sebagai sayap kanan Barcelona, Dembele memiliki peranan cukup vital dalam memberikan kreasi serangan. Ia juga andalan Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar.

4. Gerard Moreno (Villarreal)

5 Pemain LaLiga yang Menurun Akibat Cedera pada 2022/2023Gerard Moreno ketika membela Villarreal di LaLiga. (instagram.com/gerard_moreno)

Gerard Moreno mengalami penurunan performa dalam 2 musim terakhir bersama Villarreal. Padahal, pemain berusia 31 tahun ini sempat menjadi striker utama El Submarino Amarillo sekaligus membawa tim juara Liga Europa 2020/2021.

Setelah mengalami cedera otot pada awal 2022/2023, Moreno kini terkena cedera betis yang memaksanya absen dalam beberapa laga. Meski begitu, penampilannya bersama Villarreal tidak begitu buruk. Ia berhasil menyumbang 10 gol dari 24 laga.

5. Ferland Mendy (Real Madrid)

5 Pemain LaLiga yang Menurun Akibat Cedera pada 2022/2023Ferland Mendy saat memperkuat Real Madrid di LaLiga. (instagram.com/ferland_mendy)

Ferland Mendy adalah satu-satunya bek kiri Real Madrid pada 2022/2023. Sejak mengalami cedera otot pada Januari 2023, ia harus menjalani pemulihan. Tidak diketahui secara pasti kapan pemain asal Prancis ini dapat kembali bertanding bersama Los Blancos. 

Meski jadi satu-satunya bek kiri, peran Mendy sudah bisa digantikan Nacho Fernandez dan Eduardo Camavinga. Kedua pemain itu mampu tampil sangat baik. Apabila tak kunjung pulih, bisa jadi Fernandez dan Camavinga menggantikan peran Mendy secara permanen. Mungkin El Real juga akan mendatangkan bek kiri baru. 

Peran kelima pemain di atas sebenarnya sangat diharapkan klubnya. Namun, sebagai atlet profesional, cedera memang tidak bisa diduga. Ia bisa menghampiri siapa saja, termasuk pemain berkelas bintang. Celakanya, ini bisa jadi awal kemerosotan penampilan seorang pemain sepak bola.

Baca Juga: 5 Gelandang Muda Spanyol yang Tampil Mentereng di LaLiga 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya