6 Pemain Muda Homegrown Real Sociedad yang Bersinar pada 2022/2023

Mampu bawa timya ke papan atas LaLiga

Real Sociedad menjelma sebagai tim papan atas LaLiga Spanyol dalam beberapa musim terakhir. Pada 2022/2023, klub asal San Sebastian itu mampu duduk di posisi ke-3 pada jornada ke-22. Mereka hanya terpaut satu tingkat dari Real Madrid di posisi runner-up.

Menariknya, kesuksesan Real Sociedad tak bisa dilepaskan dari pemain jebolan akademi. La Real cukup mengutamakan pemain didikannya hingga sukses masuk ke dalam tim inti.

Siapa saja pemain muda homegrown Real Sociedad yang bersinar musim ini? Ini dia ulasannya!

1. Ander Barrenetxea

6 Pemain Muda Homegrown Real Sociedad yang Bersinar pada 2022/2023Ander Barrenetxea (instagram.com/anderbarrene7)

Ander Barrenetxea resmi masuk ke tim senior Real Sociedad pada 2019. Sebagai pengisi pos sayap kiri, pemain kelahiran Donostia-San Sebastian ini memiliki kecepatan dalam mendukung serangan timnya. Ia pun kerap merepotkan pemain belakang lawan.

Meski belum masuk tim inti La Real, Berrenetxea kerap diturunkan sebagai pemain pengganti. Sepanjang 2022/2023, ia sudah dikeluarkan dalam 10 pertandingan LaLiga dan Liga Europa. Ia pun mampu membukukan satu gol musim ini.

2. Beñat Turrientes

6 Pemain Muda Homegrown Real Sociedad yang Bersinar pada 2022/2023Beñat Turrientes (instagram.com/tuurrii8)

Beñat Turrientes termasuk pemain debutan sekaligus yang termuda di skuad senior Real Sociedad musim ini. Meski masih berusia 21 tahun, pemain asal Beasain, Basque, ini mampu membuktikan kemampuannya dalam menggocek bola. Ia membuktikannya ketika tampil bersama Timnas Spanyol U-21. 

Pada 2022/2023, Turrientes memang belum masuk dalam skuad inti Real Sociedad, mengingat usianya yang masih sangat muda. Namun, ia sudah diturunkan sebagai pengganti dalam 12 pertandingan kompetisi domestik Spanyol dan Liga Europa.

3. Igor Zubeldia

6 Pemain Muda Homegrown Real Sociedad yang Bersinar pada 2022/2023Igor Zubeldia (instagram.com/igorzubeldia)

Igor Zubeldia adalah pemain muda yang masuk ke tim senior Real Sociedad sejak 2017. Alasannya tak lain karena penampilannya yang mengesankan. Tak butuh waktu lama, Zubeldia pun selalu dipasang jadi bek tengah andalan La Real sejak debutnya di tim senior.

Kemampuan bertahannya yang apik membuat pertahanan Real Sociedad tak banyak kebobolan musim ini. Tak hanya bertahan, Zubeldia pun rajin membantu serangan. Ia mampu membukukan sebuah gol untuk timnya.

Baca Juga: 5 Pemain Asing di Skuad Real Sociedad pada 2022/2023

4. Jon Pacheco

6 Pemain Muda Homegrown Real Sociedad yang Bersinar pada 2022/2023Jon Pacheco (instagram.com/jpacheco_3)

Selain Zubeldia, Jon Pacheco termasuk bek tengah muda Real Sociedad yang bersinar pada 2022/2023. Meski tergolong pemain debutan, Pacheco dilirik Imanol Alguacil untuk mengisi pos sentral pertahanan La Real. Ia pun kerap diduetkan dengan Zubeldia atau Robin Le Normand. 

Sepanjang musim ini, Pacheco sudah diturunkan dalam 17 pertandingan Real Sociedad di turnamen domestik dan Liga Europa. Sayangnya, ia mengalami cedera ankle sehingga tidak dapat bermain untuk sementara waktu.

5. Martín Zubimendi

6 Pemain Muda Homegrown Real Sociedad yang Bersinar pada 2022/2023Martin Zubimendi (instagram.com/martin_zubimendi)

Salah satu pemain andalan Real Sociedad musim ini adalah Martín Zubimendi. Pemain asal Donostia-San Sebastian itu resmi diangkat ke tim senior pada 2020. Sejak debutnya, ia sudah masuk skuad inti La Real untuk mengisi pos gelandang bertahan. 

Pada 2022/2023, Zubimendi terus melanjutkan tren positifnya bersama Real Sociedad. Alhasil, harga pasarnya pun menjulang hingga 40 juta euro (Rp652,2 miliar). Ia kerap dikabarkan akan bergabung dengan Arsenal dan beberapa klub besar lain.

6. Mikel Oyarzabal 

6 Pemain Muda Homegrown Real Sociedad yang Bersinar pada 2022/2023Mikel Oyarzabal (instagram.com/mikel10oyar)

Pemain homegrown Real Sociedad yang paling terkenal adalah Mikel Oyarzabal. Pemain satu ini sudah menjadi sosok playmaker yang tak terpisahkan dari La Real dalam beberapa musim terakhir. Sebagai pemain sayap, ia pun sangat rajin mencari celah pertahanan lawan dan mencetak gol. 

Sayangnya, akhir 2021/2022 hingga pertengahan 2022/2023, Oyarzabal terpaksa absen lama karena menderita retak ligamen. Sepanjang musim ini, ia baru diturunkan dalam 10 pertandingan dengan catatan 1 gol. 

Meski tidak semua mampu masuk dalam skuad inti, pemain muda homegrown di atas berhasil menunjukkan ketangkasan dan kemampuan terbaiknya ketika diturunkan. Ini pula yang membuat La Real meraup kesuksesan. Mereka punya skuad yang dalam di LaLiga musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Real Sociedad yang Pernah Menjadi LaLiga Player of the Month

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya