5 Pemain Paling Berpengaruh di Frosinone 2023, Bawa Timnya ke Serie A!

Mayoritas diisi pemain pinjaman

Frosinone akhirnya bisa kembali berkompetisi di kasta tertinggi setelah menjadi pemuncak klasemen Serie B Italia 2022/2023. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran pelatih Fabio Grosso. Ia sukses menciptakan ramuan khusus untuk tim asal Provinsi Frosinone ini.

Meski tengah menjadi sorotan, Grosso rupanya tidak secara instan mengubah tim asuhannya. Butuh waktu setidaknya 2 musim untuk menyulap tim berjuluk I Canarini ini menjadi perengkuh gelar juara Serie B.

Selain peran besar Grosso, ada lima pemain bintang yang berpengaruh besar dalam skuad Frosinone musim ini. Menariknya, mayoritas pemain andalan Frosinone ternyata berstatus sebagai pemain pinjaman.

1. Fabio Lucioni

5 Pemain Paling Berpengaruh di Frosinone 2023, Bawa Timnya ke Serie A!Fabio Lucioni (instagram.com/frosinonecalcio)

Fabio Lucioni menjadi pengawal utama lini belakang Frosinone 2022/2023. Pemain senior ini juga dipercaya sebagai kapten tim. Duetnya bersama Luca Ravanelli membentuk tembok pertahanan yang sulit ditembus pemain depan lawan.

Melihat performa briliannya, tidak ada yang menyangka jika Lucioni sebenarnya adalah pemain buangan. Ia dipinjamkan dari klub asalnya, Lecce, ke Frosinone karena gagal masuk skuad inti. Melihat performa apiknya, ada kans I Canarini memermanenkannya pada 2023/2024.

2. Mario Sampirisi

5 Pemain Paling Berpengaruh di Frosinone 2023, Bawa Timnya ke Serie A!Mario Sampirisi (instagram.com/mariolone31)

Mario Sampirisi merupakan bek kanan utama di Frosinone pada 2022/2023. Ia berperan sebagai bek kanan yang punya kebebasan untuk leluasa maju ke depan. Meski begitu, dilansir Total Football Analysis, Sampirisi justru punya peran lebih membantu pertahanan yang dikawal Luciono dan Ravanelli.

Sampirisi juga termasuk pemain buangan. Pemain berkebangsaan Italia ini tidak mendapatkan tempat utama di Monza yang membuatnya memilih hengkang sementara ke Frosinone. Keputusannya tepat, ia jadi pemain andalan I Canarina. 

Baca Juga: Kisah Frosinone Calcio Tembus Serie A Bersama Fabio Grosso

3. Marcus Rohdén

5 Pemain Paling Berpengaruh di Frosinone 2023, Bawa Timnya ke Serie A!Marcus Rohden (instagram.com/marcusrohden)

Marcus Rohden punya peran vital dalam mengatur aliran bola di lini tengah Frosinone. Ia yang memberikan umpan-umpan terobosan ke depan dan turut membantu membangun serangan. Tak heran jika Rohden mampu menyumbangkan 3 gol dan 6 assist bagi klubnya sejauh ini. 

Rohden sudah berkarier di Italia sejak 2016, dimulai dengan membela Crotone. Ia memutuskan hengkang ke Frosinone pada musim panas 2019 dengan status bebas transfer. Di sinilah ia menemukan rumah barunya.

4. Luca Mazzitelli

5 Pemain Paling Berpengaruh di Frosinone 2023, Bawa Timnya ke Serie A!Luca Mazzitelli (instagram.com/lucamazzi36)

Di samping Rohden, Grosso sering mengandalkan Luca Mazzitelli untuk mengisi lini tengah. Sebagai gelandang bertahan, ia turut berperan dalam mendirikan pertahanan kokoh Frosinone. Namun, ia juga cukup sering menciptakan umpan terobosan.

Sama seperti beberapa pemain andalan Frosinone lainnya, Mazzitelli termasuk pemain pinjaman yang tiba pada musim panas 2022. Masa pinjamannya dari AC Monza akan berakhir pada 30 Juni 2023. Tampil impresif, I Canarina kemungkinan besar akan memermanenkannya.

5. Samuele Mulattieri

5 Pemain Paling Berpengaruh di Frosinone 2023, Bawa Timnya ke Serie A!Samuele Mulattieri (instagram.com/samuelemulattieri)

Samuele Mulattieri jadi sorotan usai Frosinone dipastikan promosi ke Serie A Italia. Striker utama Frosinone ini memuncaki top skor Serie B 2022/2023 dengan total 12 gol dan 4 assist. Sayangnya, ia mengalami cedera pada akhir musim ini dan harus melewatkan beberapa laga terakhir. 

Mulattieri bisa dibilang pemain buangan. Ia dipinjam Frosinone dari Inter Milan menjelang bergulirnya musim kompetisi 2022/2023. Usianya cukup muda, tetapi kontribusinya musim ini layak membuatnya dianugerahi gelar pahlawan. Belum ada kepastian apakah Mulattieri memilih bertahan atau kembali ke klub asalnya musim depan. 

Tidak ada yang menyangka penampilan menawan Frosinone pada 2022/2023 ternyata ditumpu pemain pinjaman. Di bawah mentor Fabio Grosso, mereka sukses menunjukkan kemampuan terbaik. Layak kita tunggu penampilan Frosinone di Serie A 2023/2024.

Baca Juga: Cerita Seorang Cult Hero Bernama Fabio Grosso

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya