3 Pemain Tanjung Verde yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024

Berkontribusi pada performa Tanjung Verde

Tercatat sebagai underdog, Tanjung Verde justru berhasil menunjukkan penampilan luar biasa di Piala Afrika 2023 pada Januari 2024 ini. Tim yang dikenal dengan julukan Tubarões Azuis tersebut mampu melaju ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen dengan menggeser tim unggulan, Mesir, ke posisi kedua.

Tim asal Afrika Barat ini memastikan diri lolos ke babak gugur setelah mengalahkan Ghana (2-1) dan Mozambik (3-0). Pada laga pemungkas melawan Mesir, Tanjung Verde akhirnya mampu mengemas tujuh poin karena hasil imbang. 

Performa gemilang Tanjung Verde di Piala Afrika 2023 tentu tak bisa dilepaskan dari peran pemain andalannya. Tercatat, ada tiga pemain Tanjung Verde yang bermain di liga top Eropa pada 2023/2024. Mereka berkontribusi pada performa tim nasional.

1. Bebé tidak lagi jadi andalan Rayo Vallecano

3 Pemain Tanjung Verde yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024Bebe saat masih memperkuat Real Zaragoza. (instagram.com/tiagobebe23)

Bebe atau Tiago Manuel Dias Correia adalah pemain senior yang sudah memiliki pengalaman bermain di beberapa liga Eropa. Pemain berusia 33 tahun ini pernah memperkuat klub raksasa, seperti Manchester United dan Benfica. Namun, ia memutuskan bergabung dengan Rayo Vallecano sejak musim panas 2018.

Sayangnya, Bebe tidak lagi masuk tim inti Los Franjirrojos sepanjang paruh pertama 2023/2024. Ia hanya diturunkan sebagai cadangan sayap kiri yang saat ini ditempati Álvaro García. Meski hanya ditunjuk sebagai pelapis, ia masih cukup tajam dan mampu mencetak 2 gol di LaLiga Spanyol dan 2 gol di Copa del Rey.

Pada Piala Afrika 2023, Bebe berhasil masuk starting line-up Timnas Tanjung Verde. Ia juga mampu menyumbang sebuah gol ketika bertemu Mozambik pada laga kedua. Namun, ia tidak berada dalam skuad pada laga pemungkas melawan Mesir.

Baca Juga: 5 Pemain Guinea Khatulistiwa di Liga Top Eropa 2023/2024

2. Jovane Cabral kerap diturunkan membela Salernitana

3 Pemain Tanjung Verde yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024Jovane Cabral saat membela Timnas Tanjung Verde. (instagram.com/jovane_eduardo)

Jovane Cabral dikenal sebagai pemain jebolan akademi Sporting Lisbon yang dipromosikan ke tim senior pada 2018. Tak berhasil masuk tim inti, pemain yang mengantongi kewarganegaraan Portugal ini akhirnya dipinjamkan kepada Lazio pada musim dingin 2022. Pada 2023/2024, ia sendiri menerima tawaran peminjaman dari Salernitana.

Sepanjang musim ini, Cabral tercatat belum banyak diturunkan dalam starting line-up Salernitana. Pada awal musim, ia sempat diturunkan dengan menempati pos sayap kiri utama Granata. Karena terdampak cedera, pemain berusia 25 tahun ini absen dan jarang diturunkan dalam beberapa laga terakhir. 

Meski tak begitu menterang di klub, Cabral tetap masuk Timnas Tanjung Verde yang dibawa ke Pantai Gading pada Piala Afrika 2023. Ia pun diandalkan mengisi pos sayap kiri utama Tubarões Azuis dan mencetak satu assist pada laga perdana melawan Ghana. Setelah dipastikan lolos, Cabral hanya dicadangkan pada laga terakhir.

3. Logan Costa berhasil masuk jadi bek tengah andalan FC Toulouse

3 Pemain Tanjung Verde yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024Logan Costa saat membela Timnas Tanjung Verde. (instagram.com/l_costa01)

Logan Costa merupakan pemain jebolan akademi Stade Reims. Ia sudah dipromosikan ke tim senior pada 2020 dan langsung dipinjamkan kepada Le Mans FC selama semusim. Merasa tak punya banyak kesempatan, ia pun menerima tawaran bermain dari FC Toulouse pada musim panas 2021. 

Pada 2023/2024, Costa ditunjuk mengisi pos bek tengah Les Violets di bawah komando Carles Martínez. Sepanjang 18 pertandingan terakhir, ia selalu diturunkan untuk mengisi lini pertahanan timnya. Ia tercatat hanya sekali dijadikan cadangan ketika FC Toulouse menghadapi RC Lens. 

Melihat penampilan apiknya di klub, Pelatih Bubista pun tak ragu memasukkannya ke daftar skuad yang dibawa ke Pantai Gading. Dalam tiga pertandingan penyisihan grup, ia selalu diturunkan untuk memerkokoh pertahanan Tanjung Verde. Kemungkinan, ia masih akan dimainkan pada babak gugur Piala Afrika 2023. 

Ketiga pemain di atas diturunkan sebagai pemain inti Tanjung Verde di Piala Afrika 2023. Meski tak semuanya diandalkan di klubnya, mereka mampu tampil apik dan berkontribusi pada penampilan brilian Tanjung Verde saat ini.

Baca Juga: 3 Pemain Ukraina yang Mencetak Hattrick di Liga Top Eropa, Ada Dovbyk

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya