Comscore Tracker

6 Pesepak Bola Kepulauan Komoro yang Berkiprah di Liga Prancis

Mayoritas merumput bersama klub Ligue 2

Kepulauan Komoro merupakan salah satu tim debutan di Piala Afrika 2021 yang digelar pada Januari 2022 lalu. Meski begitu, tim nasional negara kepulauan di bagian barat Mozambik itu mampu tampil mengejutkan dengan lolos ke babak enam belas besar. Sayangnya, tim ini harus menyerah saat menghadapi Kamerun. 

Penampilan baik dari Timnas Kepulauan Komoro tentu tidak dapat dilepaskan dari kontribusi pemainnya. Tak mengherankan apabila terdapat beberapa pemain asal negara kepulauan ini yang turut berkompetisi di Eropa, khususnya Liga Prancis.

1. Iyad Mohamed (AJ Auxerre)

6 Pesepak Bola Kepulauan Komoro yang Berkiprah di Liga PrancisIyad Mohamed saat membela Timnas Komoro. (twitter.com/linstant_n)

Iyad Mohamed tengah berkompetisi di Ligue 2 bersama AJ Auxerre. Pemain muda berusia 21 tahun ini merupakan jebolan akademi klub Dunkerque. Ia membela tim senior Auxerre mulai Juli 2021.

Pesepak bola muda bertubuh jangkung yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu masih belum menjadi andalan di tim utamanya. Ia baru dikeluarkan dalam delapan pertandingan pada 2021/2022 ini.

2. Mohamed Youssouf (AC Ajaccio)

6 Pesepak Bola Kepulauan Komoro yang Berkiprah di Liga PrancisMohamed Youssouf saat membela AC Ajaccio di Ligue 2. (twitter.com/AfricaEstadio)

Mohamed Youssouf adalah salah satu pemain andalan Timnas Kepulauan Komoro. Pemain senior berusia 34 tahun ini sudah memiliki 28 caps bersama tim berjuluk Les Coelacantes tersebut. 

Pesepak bola yang mengisi pos bek kanan ini sudah membela klub AC Ajaccio sejak musim panas 2018. Pada musim ini, pemain kelahiran Prancis ini sudah diturunkan dalam 28 pertandingan untuk membela tim berjuluk L'ours.

3. Chaker Alhadhur (AC Ajaccio)

6 Pesepak Bola Kepulauan Komoro yang Berkiprah di Liga PrancisChaker Alhadhur ketika membela Timnas Komoro. (instagram.com/chakeralhadhur)

Sama seperti Youssouf, Chaker Alhadhur jadi salah satu pemain Kepulauan Komoro yang merumput bersama AC Ajaccio. Pemain berusia 30 tahun ini sudah bergabung dengan klub berjuluk L'ours pada Oktober 2021. Sebelum itu, ia membela berbagai klub Prancis, seperti SM Caen, FC Nantes, dan lainnya. 

Sayangnya, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini belum mendapatkan tempat utama di skuad Ajaccio. Namun, ia menjadi pemain inti Timnas Kepulauan Komoro dan sudah memiliki 29 caps beserta sumbangan 1 gol.

Baca Juga: 5 Kiper Amerika Latin yang Merumput di Liga Prancis

4. Youssouf M'Changama (En Avant Guingamp)

6 Pesepak Bola Kepulauan Komoro yang Berkiprah di Liga PrancisYoussouf M’Changama ketika membela Guingamp di Ligue 2. (twitter.com/lnstantFoot)

Youssouf M'Changama tengah memperkuat klub Ligue 2, En Avant Guingamp. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini juga sudah menjadi pemain inti dalam skuad Les Guingampais. Ia diturunkan dalam 35 pertandingan bersama klub asal Kota Guingamp itu.

Sebelum bergabung dengan Guingamp, ia sempat membela Grenoble, Ajaccio, dan Troyes. Sementara, di level tim nasional, pemain berusia 31 tahun itu menjadi andalan dan memiliki 43 caps bersama tim Les Coelacantes.

5. Rafiki Said Ahamada (Stade Brest)

6 Pesepak Bola Kepulauan Komoro yang Berkiprah di Liga PrancisRafiki Saïd ketika memperkuat Stade Brest. (instagram.com/r.said15)

Rafiki Said Ahamada sedang memperkuat klub Ligue 1, Stade Brest. Pemain muda berusia 22 tahun ini sudah bergabung dengan tim senior Stade Brest sejak musim panas 2021 setelah dipinjamkan di Stade Briochin. 

Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini belum masuk sebagai skuad inti tim berjuluk Les Pirates itu. Namun, ia kerap dijadikan pemain pengganti untuk memperkuat lini serang dan sudah membela Brest dalam enam belas pertandingan pada 2021/2022 ini.

6. Abdel-Hakim Abdallah (Grenoble)

6 Pesepak Bola Kepulauan Komoro yang Berkiprah di Liga PrancisAbdel-Hakim Abdallah ketika memperkuat Grenoble di Ligue 2. (twitter.com/Ligue2BKT)

Abdel-Hakim Abdallah saat ini membela klub Grenoble Foot di Ligue 2. Pemain berusia 24 tahun ini sudah bergabung dengan tim berjuluk GF38 itu dari Troyes sejak musim panas 2019.

Bersama Grenoble Foot, Abdallah dikeluarkan dalam 31 pertandingan dan berhasil mencatatkan 1 gol beserta 3 assist musim ini. Meski menjadi andalan di klubnya, Abdallah hanya satu kali membela Timnas Kepulauan Komoro. 

Timnas Kepulauan Komoro memang tidak begitu terkenal meski di level Afrika sekalipun. Kendati demikian, beberapa pemainnya berhasil berkompetisi di Liga Prancis yang terkenal akan persaingan ketatnya.

Baca Juga: 5 Negara Afrika yang Memastikan Diri Lolos ke Piala Dunia 2022

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya