Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Mozambik yang Merumput di Liga Top Eropa

Salah satunya merumput bersama klub raksasa

Sejatinya, timnas Mozambik termasuk salah satu tim nasional yang kurang diperhitungkan di kancah sepak bola Benua Afrika. Pasalnya, tim yang berjuluk Os Mambas itu sama sekali belum pernah tampil di turnamen Piala Dunia. Bahkan, terakhir kali mereka berpartisipasi di ajang Piala Afrika terjadi 2010 silam. 

Meski bukan tim unggulan, nyatanya terdapat beberapa pemain asal Mozambik yang membuktikan diri mampu bersaing di kancah sepak bola Eropa. Bahkan, beberapa pemain negara Afrika Timur ini berhasil menjadi andalan di beberapa klub raksasa Eropa, lho!

Siapa saja mereka? Simak aja ulasannya berikut ini! 

1. Zainadine Junior (Maritimo)

5 Pesepak Bola Mozambik yang Merumput di Liga Top EropaZainadine Junior ketika memperkuat Maritmo di Liga Portugal. (instagram.com/zainadine3)

Pertama, ada nama Zainadine Junior yang tengah merumput di Liga Portugal bersama Maritimo. Pemain kelahiran Maputo ini sudah mengawali kariernya di Eropa bersama CD Nacional sejak musim panas 2013.

Zainadine juga sempat memperkuat TJ Teda. Pesepak bola senior berusia 33 tahun ini dikenal sebagai pemain andalan tim berjuluk O Maior das Ilhas untuk memperkuat lini pertahanan. 

2. Clesio Bauque (Maritimo)

5 Pesepak Bola Mozambik yang Merumput di Liga Top EropaClesio Bauque ketika membela Maritimo di Liga Portugal. (instagram.com/clesiobauque10)

Masih dari skuad Maritimo, ada nama Clesio Bauque yang sudah bergabung bersama klub sejak Agustus 2021 lalu. Pesepak bola berusia 27 tahun ini sudah memiliki pengalaman bermain di sejumlah liga ternama, mulai dari Liga Yunani, Liga Turki, hingga MLS di Amerika Serikat. 

Sayangnya, Clesio belum masuk sebagai pemain inti di skuad O Maior das Ilhas musim ini. Namun, ia kerap dijadikan sebagai pemain pengganti untuk memperkuat lini serang dari sisi kiri. Total, pemain ini sudah diturunkan dalam 18 pertandingan selama musim 2021/2022.

Baca Juga: 6 Musisi Dunia yang Sempat Jadi Sponsor Klub Sepak Bola, Siapa Saja?

3. Geny Catamo (Vitoria Guimaraes)

5 Pesepak Bola Mozambik yang Merumput di Liga Top EropaGeny Catamo ketika bergabung dengan Vitoria Guimaraes. (twitter.com/FutbolPortugal)

Berikutnya, ada nama Geny Catamo yang tengah memperkuat klub Liga Portugal, Vitoria Guimaraes. Pemain muda berusia 21 tahun ini diketahui masih berstatus pinjaman dari tim junior Sporting Lisbon. 

Sayangnya, ia belum masuk dalam skuad utama Os Vimaranenses musim ini lantaran usianya yang masih belia. Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri itu baru diturunkan dalam 11 pertandingan sepanjang musim 2021/2022. 

4. Edson Mexer (Bordeaux)

5 Pesepak Bola Mozambik yang Merumput di Liga Top EropaEdinson Mexer ketika berseragam Rennes. (twitter.com/ZachLowy)

Berpindah ke sepak bola Prancis, ada nama Edson Mexer yang kini tengah memperkuat klub Girondins de Bordeaux. Pemain senior berusia 33 tahun itu bergabung dengan Les Girondins sejak musim panas 2019. Sebelum itu, ia mengawali kariernya di Eropa bersama Sporting Lisbon pada tahun 2010. 

Pada musim 2021/2022, Mexer masih belum mendapatkan tempat utama di skuad Bordeaux. Pemain yang mengisi pos bek tengah ini baru diturunkan dalam 17 pertandingan dengan sumbangsih satu gol. 

5. Reinildo Mandava (Atletico Madrid)

5 Pesepak Bola Mozambik yang Merumput di Liga Top EropaReinildo saat masih membela Lille di Ligue 1. (instagram.com/reinildoo17official)

Terakhir, ada pesepak bola terkenal asal Mozambik yang tengah membela Atletico Madrid, yakni Reinildo Mandava. Pesepak bola berusia 28 tahun ini sudah bergabung dengan tim asal Ibu Kota Spanyol itu sejak Januari 2022 dari LOSC Lille. Sebelumnya, ia sudah pernah membela klub Portugal, seperti Belenenses dan Benfica.

Pemain yang mengisi pos bek kiri ini sudah menjadi salah satu andalan Atletico Madrid untuk membantu lini pertahanan dan lini serang. Di musim 2021/2022 kemarin, ia sudah diturunkan dalam 17 pertandingan bersama Los Colchoneros di ajang LaLiga

Pemain sepak bola asal Mozambik memang belum dikenal luas di kompetisi Eropa. Kendati demikian, terdapat beberapa pemain yang ternyata mampu menunjukkan kemampuannya dan punya skill yang membuatnya dilirik oleh klub raksasa Eropa.  

Baca Juga: 5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya