5 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Dingin 2023

Ada Geronimo Rulli di Ajax Amsterdam

Eredivisie Belanda cukup tersohor di Eropa. Sayangnya, prestasi klub Belanda di turnamen antarklub Benua Biru cenderung menurun. Sebab, mereka tak mampu mengimbangi kemampuan finansial dari klub liga top Eropa. 

Meski begitu, beberapa klub Belanda mampu mendatangkan pemain-pemain berkualitas. Mereka memiliki kecenderungan membidik pemain berharga miring dengan kemampuan mengagumkan dari liga-liga kecil. 

Pada bursa transfer musim dingin 2023, beberapa klub Belanda juga berhasil memboyong pemain baru berkualitas. Mereka masuk dalam daftar transfer terbesar di Eredivisie.

1. Osame Sahraoui (Heerenveen)

5 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Dingin 2023Osame Sahraoui (instagram.com/scheerenveenofficial)

Osame Sahraoui merupakan salah satu pembelian Heerenveen pada bursa transfer musim dingin 2023. Pemain asal Norwegia ini dibeli dari klub lokal, Valerenga, dengan tebusan 1,7 juta euro (Rp27,4 miliar). Ia menyetujui kontrak sampai musim panas 2026. 

Kedatangan Sahraoui ke Abe Lenstra Stadion ini berfungi mempertajam lini serang Heerenveen di posisi sayap kiri. Terutama setelah kepergian Arjen van der Heide ke Roda JC pada bursa transfer musim panas lalu.

2. Daniel Karlsbakk (Heerenveen)

5 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Dingin 2023Daniel Karlsbakk (instagram.com/danielkarlsbakk)

Daniel Karlsbakk adalah pemain kedua yang didatangkan Heerenveen pada musim dingin 2023. Pemain asal Norwegia ini didatangkan dengan banderol 2,5 juta euro (Rp40,3 miliar) dari klub lokal, Viking FK. Sesuai kontraknya, penyerang 19 tahun ini akan membela klub barunya sampai 2026. 

Keputusan membeli Karlsbakk merupakan langkah untuk menggantikan peran Amin Sarr yang hengkang ke Olympique Lyon. Meski masih berusia belia, striker ini dipercaya sebagai sosok pemain muda berbakat yang sesuai dengan irama permainan De Superfriezen.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mencetak Hat-trick di Eredivisie Belanda 2022/2023

3. Sven Mijnans (AZ Alkmaar)

5 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Dingin 2023Sven Mijnans saat membela AZ Alkmaar. (instagram.com/svenmijnans_)

Selain Heerenveen, AZ Alkmaar juga cukup aktif pada bursa transfer musim dingin 2023. Mereka membeli Sven Mijnans. Ia didatangkan dari Sparta Rotterdam dengan harga 2,5 juta euro (Rp40,3 miliar). 

Pemain asal Belanda ini tiba di AFAS Stadion untuk mengisi barisan gelandang serang di skuad Kaaskoppen. Ia sendiri dikenal sebagai pemain muda berbakat yang menunjukkan kemampuan terbaiknya di Sparta Rotterdam di Eredivisie.

4. Djordje Mihailovic (AZ Alkmaar)

5 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Dingin 2023Djordje Mihailovic (instagram.com/djordjemihailovic)

AZ Alkmaar memboyong Djordje Mihailovic dari klub Kanada, Montreal, pada musim panas 2023. Pemain asal Amerika Serikat keturunan Serbia ini dibeli dengan harga 6 juta euro (Rp96,9 miliar). Ia sudah menyetujui kontrak sampai musim panas 2026. 

Kedatangannya ke AFAS Stadion berfungsi untuk mempertajam lini serang Kaaskoppen yang ditinggal sejumlah pemain andalan. Meski baru, Mihailovic sudah diturunkan dalam 5 pertandingan Eredivisie dengan sumbangan 1 gol.

5. Geronimo Rulli (Ajax Amsterdam)

5 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Dingin 2023Gerónimo Rulli saat membela Ajax Amsterdam. (instagram.com/gerorulli)

Geronimo Rulli menjadi pembelian terbesar di Eredivisie pada musim dingin 2023 ini. Kiper asal Argentina itu didatangkan Ajax Amsterdam dari Villarreal dengan harga 8 juta euro (Rp129.2 miliar). Sesuai perjanjiannya, Rulli menandatangani kontrak sampai 2026. 

Sebelum bergabung dengan Ajax dan Villarreal, kiper satu ini sempat membela Real Sociedad, Montpellier, Manchester City, Maldonado, dan Estudiantes. Ia dikenal luas setelah mengantarkan Villarreal menjuarai Liga Europa 2020/2021 dan ikut Piala Dunia 2022 Qatar bersama Argentina. 

Kedatangan Rulli ke Ajax berfungsi untuk menggantikan beberapa kiper yang hengkang. Sejak tiba di Johan Cruijff ArenA, ia pun didapuk sebagai kiper utama.

Selain mengandalkan pemain jebolan akademi, klub Belanda terus memperbaiki diri dengan mendatangkan pemain berharga miring dari liga yang lebih kecil. Mereka melakukan ini untuk mendapatkan keuntungan dari bibit unggul. Mereka tak ingin kalah bersaing dengan klub liga top Eropa. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Klub Eredivisie pada Musim Dingin 2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya