Comscore Tracker

Victor Moses Umumkan Pensiun dari Timnas Nigeria di Usia 27 Tahun

Pensiun dini dari Timnas Nigeria

Victor Moses mengumumkan pensiun dari Tim Nasional Nigeria pada usia yang masih muda yakni 27 tahun. Moses telah melakoni 37 pertandingan bersama Super Eagle dan mencetak 12 gol selama lebih dari enam tahun penampilannya bersama Nigeria.

Selain itu ia juga termasuk dalam tim Nigeria yang berhasil memenangkan African Nations Cup tahun 2013, serta telah memperkuat Nigeria dalam Piala Dunia 2014 dan 2018.

Moses juga menjadi pemain andalan Nigeria pada Piala Dunia 2018, yang mampu mencetak gol ke gawang Argentina dalam laga terakhir fase grup, walaupun akhirnya Nigeria harus tersingkir di fase grup, setelah kalah dari Argentina 2-1, dilansir dari Skysports.com.

1. Ingin fokus pada karier di Chelsea

Victor Moses Umumkan Pensiun dari Timnas Nigeria di Usia 27 Tahun101greatgoals.com

Moses memutuskan untuk pensiun di usia muda, karena ingin fokus pada karirnya di Chelsea. Pemain yang bergabung dengan Chelsea sejak tahun 2012 ini sebelumnya pernah memperkuat Crystal Palace dan Wigan Athletic.

Moses juga menjadi pemain andalan di klub asal London tersebut, di mana ia sudah bermain sebanyak 86 kali dan mampu mencetak 7 gol. Namun saat awal bergabung dengan Chelsea, ia sempat beberapa kali dipinjamkan ke Liverpool (2013-2014), Stoke City (2014-2015) dan West Ham United (2015-2016).

2. Mengucapkan keputusannya di Twitter

Moses memberikan keputusannya di akun sosial media twitter miliknya yang mengatakan bahwa:

Saya ingin menyatakan bahwa setelah berpikir lama, saya ingin pensiun dari ajang internasional. Saya memiliki pengalaman dan yang terbaik adalah dapat mengenakan segaram Tim Super Eagle dan momen tersebut akan selalu saya kenang.

Moses memberikan pesan ini dengan gambar ketika ia bersama timnas Nigeria mampu menjuarai Piala Afrika pada tahun 2013 yang digelar di Afrika Selatan.

Moses juga mengucapkan terima kasih pada seluruh warga Nigeria yang telah memberikan dukungan kepadanya, selama beberapa tahun penampilannya bersama timnas Nigeria.

3. Pernah membela Timnas Inggris usia muda

Victor Moses Umumkan Pensiun dari Timnas Nigeria di Usia 27 TahunPA Archive/Press Association lma

Sebelum membela Nigeria, Moses sempat menjadi anggota timnas Inggris junior dari tahun 2005 hingga 2010. Namun setelah itu ia berkeinginan untuk membela negara kelahirannya yakni Nigeria pada tahun 2012 dan melakukan debut dalam turnamen Piala Afrika 2013 melawan Rwanda, dilansir dari Espn.com.

Moses merupakan pemain kelahiran Lagos, 12 Desember 1990, dari ayah seorang pastur. Namun ia tidak beruntung karena kedua orangtuanya tewas setelah adanya bentrokan agama di Kaduna, Nigeria. Setelah disembunyikan oleh temannya, ia kemudian dikirim ke Inggris oleh keluarganya untuk mendapatkan suaka.

Setelah itu ia diadopsi oleh keluarga di London Selatan. Kemudian Crystal Palace, klub yang mempunyai markas di seberang sekolah dari Moses ini mendekatinya setelah mengetahui bakat yang ia miliki.

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You