Comscore Tracker

5 Kiper Liga Top Eropa dengan Cleansheet Terbanyak Selama 2021

Barisan kiper-kiper kokoh yang sulit ditembus!

Kualitas seorang penjaga gawang sering diukur dengan jumlah penyelamatan yang ia lakukan dan catatan cleansheet atau nirkebobolan yang ditorehkan. Karena tak jarang kesuksessan sebuah klub untuk meraih kemenangan atau menjadi juara juga ditentukan oleh adanya kiper yang berkualitas di bawah mistar gawang.

Banyak tim papan atas, terutama di liga-liga sepak bola top Eropa yang memiliki penjaga gawang top level dengan catatan cleansheet yang mentereng selama tahun 2021 ini. Selain performa mereka yang sedang berada pada level permainan terbaiknya, barisan pertahan yang menjaga di depannya juga sangat kokoh sehingga lawan pun sulit menembusnya. 

Berikut adalah 5 kiper dengan catatan tanpa kebobolan terbanyak sepanjang tahun 2021.

1. Eduard Mendy (Chelsea)

5 Kiper Liga Top Eropa dengan Cleansheet Terbanyak Selama 2021potret Eduard Mendi saat berlaga bersama Chelsea (90min.com)

Kiper asal Senegal ini bisa dibilang menjadi salah satu pembelian tersukses Chelsea musim lalu. Berlaga dalam 31 pertandingan bersama The Blues, musim lalu ia mencatatkan 19 laga tanpa kebobolan. Berkat penampilan gemilangnya, ia mampu membantu Chelsea finish di peringkat keempat Liga Inggris musim lalu.

2. Ederson Moraes (Manchester City) 

5 Kiper Liga Top Eropa dengan Cleansheet Terbanyak Selama 2021potret Ederson Moraes saat berlaga bersama Man.City (thestatesman.com)

Ederson bisa dibilang menjadi salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Musim lalu, Ederson menorehkan catatan 19 laga tanpa kebobolan dan mengantarkan Manchester City menjuarai Premier League. Selama 3 tahun berkostum The Citizens, ia telah berlaga sebanyak 200 pertandingan dengan 100 laga di antaranya tanpa kebobolan.

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik Dunia yang Paling Sering Dibobol Ronaldo

3. Mike Maignan (AC Milan)

5 Kiper Liga Top Eropa dengan Cleansheet Terbanyak Selama 2021potret Mike Maignan saat berlaga bersama Milan musim ini (instagram/mmseize)

Mike Maignan menajdi kiper yang mencuri perhatian melalui penampilan apiknya baik saat memperkuat Lille. Bersama skuad jaura Ligue 1 tersebut, musim lalu ia mencatatkan 17 laga tanpa kebobolan.

Berkat penampilannya yang gemilang, AC milan memutuskan untuk merekrutnya sebagai pengganti Donarumma yang hijrah ke PSG. Di 5 laga awal musim ini di Serie A ia telah mencatatkan 3 cleansheets.

4. Yassine Bounou (Sevilla)

5 Kiper Liga Top Eropa dengan Cleansheet Terbanyak Selama 2021potret Yassine Bounou saat berlaga bersama Sevilla (moroccolatestnews.com)

Kiper asal Maroko ini sekarang telah menjadi penjaga gawang andalan klub Sevilla sejak tahun 2019 silam. Musim lalu, ia menorehkan 15 laga tanpa kebobolan dan membawa Sevilla finish di peringkat keempat La Liga.

Ia mengalahkan kiper top di LaLiga lainnya seperti Jan Oblak, Ter Stegen, dan Curtois sebagai kiper dengan catatan tanpa kebobolan paling banyak.

5. Koen Casteels (Wolfsburg)

5 Kiper Liga Top Eropa dengan Cleansheet Terbanyak Selama 2021Joen Casteels saat berlaga bersama Wolfsburg. (bundesliga.com)

Kiper asal Belgia ini sudah membela Wolfsburg sejak tahun 2015. Ia telah menjalani sebanyak 200 laga bersama Wolfsburg dan menorehkan 66 laga tanpa kebobolan.

Musim lalu, ia tampil heroik dengan menorehkan catatan 14 laga tanpa kebobolan dan menajdikannya kiper dari Liga Jerman dengan clensheet terbanyak, sekaligus mengalahkan catatan Manuel Neuer. Di awal musim ini pun ia telah menorehkan tiga laga tanpa kebobolan sehingga menjadi bukti konsistensinya.

Nah, itulah 5 kiper dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang tahun 2021. Mampukah mereka meningkatkan catatan impresif mereka hingga penghujung tahun?

Baca Juga: 6 Kiper yang Pernah Masuk Tiga Besar Ballon d'Or, Langka!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya