5 Klub Liga Inggris dengan Beban Gaji Pemain Tertinggi Musim Ini

Skuad mewah, gaji wah #IDNTimesSport

Klub-klub Premier League memiliki beban gaji paling tinggi di antara liga-liga top Eropa lainnya. Perkembangan dan popularitas sepak bola di Inggris memang masih menjadi primadona untuk menarik minat para pemain top agar bermain di sana.

Selain liganya yang bergengsi, fakta bahwa klub-klub Liga Inggris mampu membayar gaji pemain dengan sangat mahal tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pesepak bola. Bahkan, untuk pemain medioker sekalipun, klub-klub papan tengah hingga papan bawah Liga Inggris bersaing dengan klub-klub papan atas dari liga top Eropa lainnya seperti Serie A, Bundesliga, dan La Liga dalam urusan gaji pemain.

Berikut deretan klub Liga Inggris dengan beban gaji pemain tertinggi di musim ini. 

1. Manchester United

5 Klub Liga Inggris dengan Beban Gaji Pemain Tertinggi Musim Inipotret pelatih Manchester United (skysports.com)

Manchester United selalu gagal memenangkan gelar Liga Inggris sejak Sir Alex Ferguson meninggalkan klub. Namun, tentu ada rasa optimisme di kalangan penggemar United musim panas ini,dengan kehadiran pemain-pemain baru seperti Raphael Varane, Jadon Sancho dan sang mega bintang dunia, Cristiano Ronaldo. 

David De Gea adalah pemain berpenghasilan tertinggi di klub dengan upah 375 ribu euro atau Rp6 miliar per minggu. Dengan kedatangan Ronaldo, tentu beban gaji United akan semakin membengkak karena Ronaldo dikabarkan akan menerima gaji sebesar 510 ribu euro atau setara Rp8,6 miliar per minggu. Sehingga, total beban gaji United selama satu musim ini menyentuh angka Rp4,5 triliun.

2. Chelsea

5 Klub Liga Inggris dengan Beban Gaji Pemain Tertinggi Musim Inipotret pertandingan antara Chelsea vs Arsenal (planetfootball.com)

Chelsea telah menghabiskan banyak uang di bursa transfer sejak Roman Abramovich mengambil alih pada tahun 2003. Mereka selalu berusaha mendatangkan pemain terbaik di dunia untuk memperkuat klub. Jadi, tidak mengherankan bahwa mereka memiliki tagihan upah tertinggi kedua di Premier League. Meskipun Chelsea tidak terlalu sibuk di bursa transfer ini, mereka telah membawa kembali salah satu striker tajam Romelu Lukaku kembali ke Liga Inggris dengan harga yang fantastis.

Pemain Belgia itu sekarang menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di klub dengan gaji 325 ribu euro atau setara Rp5,5 miliar per minggu. N'Golo Kante dan Timo Werner membuntuti di belakanganya dengan gaji masing-masing Rp4,9 miliar dan Rp4,6 miliar per minggu.

Sementara sang pahlawan final Liga Champions, Kai Havertz, menghasilkan 150 euro atau setara Rp4,5 miliar seminggu.  Musim ini, Chelsea total punya beban gaji sebesar Rp3 triliun.

Baca Juga: 7 Kiper dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggris

3. Manchester City

5 Klub Liga Inggris dengan Beban Gaji Pemain Tertinggi Musim Inipotret pemain City (skysport.com)

Manchester City menempati peringkat ketiga dalam daftar klub Liga Inggris dengan tagihan gaji tertinggi. Manchester City juga sempat memecahkan rekor susunan pemain termahal dalam sejarah sepak bola ketika mereka menghadapi Spurs pada pekan pembuka musim ini.

Tak hanya itu, sang juara bertahan Liga Inggris ini baru-baru ini juga memecahkan rekor transfer pemain Inggris termahal demi mendatangkan Jack Grealish. Grealish sendiri kini menjadi pemain dengan pendapatan tertinggi kedua di klub dengan upah 300 ribu euro atau sekitar Rp5 miliar per minggu. Nominal yang diterima Grealish ini sama dengan gaji Raheem Sterling.

Sementara peringkat pertama pemain dengan gaji tertinggi di Manhester City adalah gelandang kreatif, Kevin De Bruyne. Dalam seminggu, De Bruyne mengantongi 400 ribu euro atau setara Rp6,75 miliar per minggu. Secara total, semua gaji pemain Manchester City selama satu musim menyentuh angka Rp2,9 triliun.

4. Liverpool

5 Klub Liga Inggris dengan Beban Gaji Pemain Tertinggi Musim Inipotret pemain Liverpool (instagram/Liverpool)

Klub asuhan Jurgen Klopp ini menjadi salah satu klub dengan beban gaji pemain tertinggi di Premier League. Beban gaji ini yang tinggi ini berdampak pada minimnya aktivitas transfer yang dilakukan Liverpool dalam bursa transfer musim ini. Apalagi Liverpool memang klub sarat budaya yang tidak mendapatkan kucuran dana segar dari sugardaddy mereka.

Pemain Liverpool dengan gaji tertinggi ditempati oleh Virgil Van Dijk dengan gaji 220 ribu euro atau setara Rp3,7 miliar per pekan. Thiago Alcantara dan Mohamed Salah berada di urutan berikutnya dengan gaji masing-masing 200 ribu euro atau setara Rp3,37 miliar per minggu. Roberto Firmino mengantongi 180 ribu euro atau setara Rp3 miliar sementara Sadio Mane memiliki penghasilan 100 ribu euro atau setara Rp1,6 miliar per pekannya. 

Total tanggungan gaji Liverpool musim ini adalah Rp2,6 triliun rupiah.

5. Arsenal

5 Klub Liga Inggris dengan Beban Gaji Pemain Tertinggi Musim Inipotret pemain Arsenal (instagram/arsenal)

The Gunners gagal lolos ke kompetisi Eropa mana pun musim lalu gara-gara cuma finish di urutan ke delapan. Meski jarang berprestasi, Arsenal bisa dibilang menjadi salah satu klub yang hobi menggaji pemainnya dengan nominal fantastis.

Pierre-Emerick Aubameyang adalah pemain dengan gaji tertinggi dengan gaji mingguan sebesar 250 ribu euro atau setara Rp4,2 miliar per pekan. Sedangkan Thomas Partey berada di urutan kedua setelah Aubameyang dengan penghasilan 200 ribu euro atau setara Rp3,37 miliar per pekan.

Pada bursa transfer musim ini, Arsenal menjadi salah satu klub paling boros dalam urusan belanja pemian baru. Nominal beban gaji yang harus dibayar Arsenal selama musim ini kurang lebiih sebesar Rp2,27 triliun.

Nah, itulah 5 klub dengan beban tanggungan gaji pemain tertinggi di Liga Inggris musim ini. Klub mana yang paling boros menurut kalian?

Baca Juga: 5 Rekrutan Liga Inggris Termahal dalam Sejarah, Ada Tiga Rekor Anyar!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya