Juara Liga 1, Bali United Ukir 5 Rekor Baru Musim Ini

Torehkan catatan fantastis selama gelaran Liga 1 musim ini

Bali United akhirnya resmi keluar sebagai juara Liga 1 musim 2021/2022. Tim dengan julukan Serdadu Tri Datu ini memastikan raihan gelarnya menjelang pertandingan ke 33 melawan Persebaya Surabaya. Padahal, tim asuhan pelatih Teco ini menjalani musim yang tidak mudah pada putaran satu hingga akhirnya mampu bangkit di putaran kedua.

Gelar juara ini sekaligus menjadikan Bali United menjadi tim Liga 1 yang mampu memperoleh dua gelar liga secara beruntun. Kunci sukses Bali United dalam dua tahun ini adalah skuad yang tidak mengalami perubahan banyak, manajemen yang profesional, dan perekrutan pemain yang tepat.

Selain memastikan gelar juara, Bali United juga menorehkan 5 rekor fantastis dalam capaiannya musim ini. Apa saja? simak sampai selesai!

1. Klub pertama yang memperoleh gelar Liga Indonesia dalam dua musim berturut-turut

Juara Liga 1, Bali United Ukir 5 Rekor Baru Musim IniPara pemain Bali United saat merakan gol. (instagram.com/rickyfajrin24)

Sejak dimulainya era Liga Indonesia pada tahun 1994/1995 yang lalu, belum ada klub yang mampu meraih gelar dua kali secara berturutan. Namun, mitos juara musim lalu tidak bakal juara di musim berikutnya bisa dipatahkan Bali United musim ini.

Hal itu membuat klub asal Pulau Dewata ini mencatatkan rekor mentereng sebagai satu-satunya klub Indonesia yang mampu juara secara back to back di era Liga Indonesia. Dengan skuad bertabur bintang musim ini, bukan tidak mungkin Bali United mampu mengulanginya lagi di musim mendatang.

2. Catatkan rekor kemenangan beruntun terbanyak

Juara Liga 1, Bali United Ukir 5 Rekor Baru Musim IniFoto pemain Bali United dan staf pelatih seusai laga Liga 1 (instagram.com/nadeowinata)

Setelah tampil kurang begitu meyakinkan dan tidak konsisten di paruh pertama, Bali United melakukan perbaikan menyeluruh di paruh kedua. Pemain bintang, seperti Irfan Jaya dan Privat Mbarga didatangkan untuk menambah kemampuan penyerangan Serdadu Tri Datu. Selain itu, mereka juga meminjam pemain berpengalaman, seperti Abduh Lestahulu dan Eky Taufik guna memperkokoh lini pertahanan.

Hasilnya memuaskan. Walaupun berada di tengah badai Covid-19 dan jadwal yang padat, Bali United mampu tampil konsisten. Sebanyak 9 Kemenangan beruntun mampu diraih klub yang bermarkas di Stadion I Wayan Dipta ini. Hal itu menjadikan Bali United menjadi klub dengan rekor kemenangan beruntun terbanyak dalam era Liga 1.

Baca Juga: [BREAKING] Persebaya Rusak Pesta Juara Bali United

3. Catatkan raihan poin terbanyak dalam satu musim dalam era Liga 1

Juara Liga 1, Bali United Ukir 5 Rekor Baru Musim IniBali United saat berlaga melawan Persita (instagram.com/irfanjaya41)

Saat memastikan gelar Liga 1 musim ini, total poin yang bisa diraih oleh Bali United adalah 72 poin. Hal itu menjadikan klub ini menjadi peraih poin terbanyak dalam satu musim pergelaran Liga 1 sejak tahun 2017.

Musim lalu, saat Bali United merengkuh trofi, mereka hanya mengumpulkan 64 saja. Tim yang menjuarai Liga 1 sejak tahun 2017--2020 pun tidak ada yang mampu meraih poin lebih dari 70. Torehan ini membuktikan ketangguhan Bali United dalam mengarungi musim ini.

4. Pelatih mereka jadi pelatih pertama di Indonesia yang meraih gelar liga dalam 3 tahun berturut

Juara Liga 1, Bali United Ukir 5 Rekor Baru Musim IniStefano Cugurra saat memimpin Bali United berlaga (instagram.com/stefanocugurra)

Rekor fantastis juga ditorehkan pelatih Bali United, Stefano Cugurra. Juru taktik asal Brazil ini menjalani musim keempatnya menangani tim sepak bola Indonesia dan memperoleh prestasi yang mentereng. Pria yang akrab disapa Teco itu mampu meraih 3 gelar Liga 1 secara beruntun yang ia raih bersama 2 klub berbeda, yaitu Persija pada tahun 2018 dan Bali United pada musim 2019 dan 2021.

Prestasi yang ditorehkan Teco membuatnya menjadi pelatih pertama Liga Indonesia yang mampu meraih 3 gelar liga secara beruntun. Kini ia patut disejajarkan dengan pelatih elite Liga Indonesia, seperti Jacksen F. Thiago, Rahmad Darmawan, Paul Munster, dan Robert Rene Albert.

5. Bali United menjadi klub dengan torehan trofi Liga 1 terbanyak

Juara Liga 1, Bali United Ukir 5 Rekor Baru Musim IniPemain Bali United tengah merakayan gol (instagram.com/rizkypellu19)

Bali United sebetunya nama baru di Liga Indonesia karena baru resmi menggunakan nama Bali United pada tahun 2015 yang lalu. Sebelumnya nama klub ini adalah Putra Samarinda yang bermarkas di Samarinda, Kalimantan Timur. Kehadiran klub ini membuat Pulau Bali kembali memiliki klub yang penats di liga teratas Indoneisia.

Torehan dua gelar liga secara beruntun tentu membuktikan bahwa usia muda Bali United bukanlah halangan untuk berprestasi. Kini Bali United menjadi klub tersukses dalam gelaran Liga 1 dengan dua trofi yang diraih dan selalu menjadi klub papan atas pada tahun-tahun sebelumnya.

 

Torehan rekor Bali United musim ini tentu menajdi bukti betapa kuat dan solidnya tim ini. Perpaduan pemain bintang, senior, dan junior mampu diracik dengan matang oleh Teco sehingga mampu tampil apik musim ini. Jika tidak ada perubahan besar, bukan tidak mungkin klub asal Pulau Dewata ini bakal mejadi kandidat kuat juara musim depan. Selamat Bali United!

Baca Juga: Perekrutan Pemain yang Tepat Jadi Kunci Juara Bali United

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya