Takluk dari Olympiakos, AC Milan Dipastikan Gagal ke Babak 32 Besar

AC Milan kalah dalam selisih gol atas Olympiakos

Dalam pertandingan terakhir fase grup Liga Eropa 2018/2019, AC Milan secara mengejutkan takluk dari klub Yunani, Olympiakos, dengan skor akhir 1-3. Hasil akhir ini membuat AC Milan gagal melangkah ke babak selanjutnya karena kalah dalam aturan gol tandang. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Babak kedua baru terjadi proses gol

Takluk dari Olympiakos, AC Milan Dipastikan Gagal ke Babak 32 Besartwitter.com/WhoScored

Dilansir dari Goal.com, pertandingan yang menentukan nasib kedua tim ini berlangsung ketat sejak dimulainya babak pertama. Kesempatan pertama datang dari AC Milan melalui pemainnya, Gonzalo Higuain, namun sayang tendangannya masih bisa diblok oleh kiper Olympiakos, Jose Sa. Di babak pertama, AC Milan harus meraih 2 kartu kuning melalui pemainnya, Hakan Calhanoglu dan Tiemoue Bakayoko.

Dengan kartu kuning ini, AC Milan kini lebih berhati-hati dalam permainan agar tidak terkena kartu kuning kedua atau akumulasi. Kiper AC Milan, Jose Reina, mampu membuat penyelamatan gemilang lewat tendangan bebas yang dilakukan oleh pemain Olympiakos, Konstantinos Fortounis, di menit ke-43. Skor 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, pertandingan kedua tim berlangsung tempo cepat. Baru 2 menit berjalan, Olympiakos hampir saja membuka keunggulan lewat pemainnya, Ioannis Fetfatzidis, dan mampu dihentikan oleh Pepe Reina. Akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu datang di menit ke-60 lewat pemain Olympiakos, Pape Abou Cisse, dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Olympiakos.

AC Milan tampil berusaha bangkit setelah gol pertama itu. Sayangnya, kebangkitan AC Milan justru membuahkan gol bunuh diri Cristian Zapata di menit ke-69 yang mengakibatkan skor bertambah 2-0 untuk keunggulan Olympiakos. Tampaknya, Zapata dengan cepat menebus kesalahannya di menit ke-71 setelah mencetak gol yang datang dari assist Hakan Calhanoglu sehingga skor menjadi 2-1 masih keunggulan Olympiakos.

Gol penentuan terjadi di menit ke-81 setelah Olympiakos diberikan titik penalti melalui pemainnya, Konstantinos Fortounis, dan skor berubah 3-1 untuk keunggulan Olympiakos. Serangan demi serangan kembali dilancarkan AC Milan namun gagal membuahkan hasil. Skor 3-1 tetap bertahan hingga pertandingan berakhir dan hasil ini justru membuat AC Milan terdepak secara dramatis dan gagal melangkah ke babak 32 besar Liga Eropa 2018/2019, sedangkan Olympiakos justru berhak lolos ke babak berikutnya.

Baca Juga: Diincar AC Milan, Lucas Paqueta Kini Telah Tiba di Kota Milan

2. Fakta-fakta menarik usai pertandingan ini

Takluk dari Olympiakos, AC Milan Dipastikan Gagal ke Babak 32 Besartwitter.com/BBCMOTD

Beberapa catatan menarik terjadi dalam pertandingan ini diantaranya:

  • Ini adalah kunjungan AC Milan pertama kalinya ke markas Olympiakos setelah terakhir kali terjadi pada musim 1959/1960 dalam kompetisi Liga Eropa (dulu disebut Piala UEFA).
  • Kekalahan dari Olympiakos ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah dalam 4 pertemuan terakhir di seluruh kompetisi Eropa, baik itu Liga Champions Eropa maupun Liga Eropa.
  • Ini adalah kemenangan kedua Olympiakos atas wakil-wakil Italia dalam 9 pertandingan di kandang mereka yang artinya Olympiakos menghadapi klub-klub Italia di markas sendiri memiliki rekor kemenangan 2 kali menang, 2 kali seri, dan 5 kali kalah. Terakhir kali, Olympiakos meraih kemenangan saat menghadapi klub Italia lainnya, Juventus, yang berakhir dengan skor 1-0 dalam kompetisi Liga Champions Eropa 2014/2015.
  • Pemain AC Milan, Patrick Cutrone, menjadi pemain paling produktif yang berada di bawah usia 21 tahun setelah mampu mencetak total 4 gol selama Liga Eropa 2018/2019. Sayangnya, Cutrone kalah dari pemain Eintracht Frankfurt, Luka Jovic, yang justru lebih banyak dengan jumlah 5 gol di musim ini.

3. Perjalanan AC Milan selama Liga Eropa 2018/2019

Takluk dari Olympiakos, AC Milan Dipastikan Gagal ke Babak 32 Besartwitter.com/acmilan

AC Milan memulai petualangannya di Liga Eropa 2018/2019 berawal dari babak fase grup. Sebelumnya, AC Milan justru tampil sangat baik dengan 2 kemenangan pertandingan awal babak fase grup namun gagal secara dramatis karena aturan selisih gol. Berikut daftar lengkap pertandingan AC Milan di Liga Eropa musim 2018/2019:

  • F91 Dudelange (Luksemburg) vs AC Milan (Italia) 0-1 (20 September 2018)
  • AC Milan (Italia) vs Olympiakos (Yunani) 3-1 (3 Oktober 2018)
  • AC Milan (Italia) vs Real Betis (Spanyol) 1-2 (24 Oktober 2018)
  • Real Betis (Spanyol) vs AC Milan (Italia) 1-1 (8 November 2018)
  • AC Milan (Italia) vs F91 Dudelange (Luksemburg) 5-2 (30 November 2018)
  • Olympiakos (Yunani) vs AC Milan (Italia) 3-1 (13 Desember 2018)

Dengan seluruh pertandingan ini, AC Milan meraih rekor 3 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah yang membuatnya meraih 10 poin di klasemen akhir. AC Milan di pertandingan selanjutnya akan menghadapi Bologna dalam lanjutan Liga Italia musim 2018/2019 pada tanggal 18 Desember 2018.

Baca Juga: Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropa

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya